Candi Pawon Magelang – Candi ini berada tak jauh dari Candi Borobudur dan Candi Mendut. Ke-tiga Candi Budha ini berada dalam satu garis poros. Oleh karena itu, banyak sejarawan yang berpendapat bahwa candi-candi ini memiliki hubungan. Berbeda dengan Candi kebanyakan yang dijadikan sebagai tempat pemujaan, Candi ini merupakan tempat penyimpanan senjata.

Candi Pawon menyimpan senjata milik Raja Indra, vajranala, dalam mitologi India. Senjata yang disimpan ini konon berbentuk halilintar. Jikalau kamu pecinta wisata sejarah, Candi ini tidak boleh dilewatkan.

Lokasi Candi Pawon

Candi Pawon berada di Brojonalan, Dusun 1, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Bakal lebih mudahnya kamu mampu datang ke candi dengan penunjuk arah di Google Maps.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Candi ini tergolong murah, yakni Rp10.000 bakal wisatawan lokal dan Rp20.000 bakal wisatawan asing. Tentu saja ditambah dengan biaya parkir sbesar Rp2.000 bakal motor dan Rp5.000 bakal mobil.

Jam Operasional

Candi Pawon dibuka bakal umum setiap hari mulai jam 09.00 hingga 17.30 WIB.

Hal Menarik di Candi Pawon

Candi ini memiliki relief yang unik dan indah. Dinding-dinding luar candi ini dihiasi dengan releif Hayati atau Kalpataru. Relief Pohon tersebut diapit oleh patung manusia setengah burung. Relief-relief yang ada di Candi ini dipercaya merupakan relief awal dari Candi Borobudur. Relief yang indah ini mampu dijadikan spot foto, loh.

Suasana di Candi ini masih amat asri. Posisinya berada di dalam perkampungan yang terjaga keasriannya. Tempat wisata bersejarah ini tentu amat cocok bagi kamu yang tidak terlalu suka keramaian. Hal ini karena, Candi ini masih cukup tenang kalau dibandingkan Candi Borobudur.

Tips ke Candi Pawon

Jikalau kamu hendak mengunjungi Candi Pawon, sebaiknya datang pada pagi atau sore hari. Kamu mampu merasakan udara yang bersih dan sejuk.

Jangan lupa bakal menyiapkan kamera saat datang ke candi. Kamu tentu tidak hendak melewatkan berfoto-foto di Candi ini, bukan ?

Tempat Wisata Terdekat di Magelang

Jikalau kamu hendak tempat wisata lain dan masih di sekitar magelang, kemudian rekomendasi tempat wisata magelang di bawah ini akan amat tepat bakal kamu, karena selain tempat wisata favorit, tempat wisata dibawah ini juga amat ramai dikunjungi wisatawan karena keindahan alamnya.

Berikut rekomendasinya :

Catatan : Bakal informasi harga tiket, fasilitas dan hal menarik lainnya mampu berubah-ubah sesuai dengan ketentuan dan pengelolaan dari pengelola tempat wisata Candi Pawon Magelang, kemudian lebih baik memang tanyakan terlebih dahulu secara detail perihal info wisata nya.

0