CARA MEMBUAT CUKA NANAS SENDIRI

Resep Cuka Nanas dari Kulit Buah Nanas Alami Sederhana Spesial Asli Enak. Pemanfaatan kulit nanas (Ananas Comosus) sebagai bahan baku pembuatan cuka dengan penambahan Acetobacter Aceti. Apabila dibuat minuman cuka nanas (Pineapple Vinegar) ini merupakan minuman segar fermentasi tradisional yang kaya akan khasiat dan manfaat dalam meningkatkan imun sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan penyakit lainnya.

Foto Resep Cuka Nanas dari Kulit Buah Nanas Alami Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Cuka Nanas dari Kulit Buah Nanas

Kulit nanas (Ananas comosus) mengandung karbohidrat sebanyak 17,53%. Adanya kandungan karbohidrat ini dapat diolah menjadi cuka. Proses pembuatan cuka dilakukan via 2 tahap fermentasi adalah, secara anaerob dengan Saccharomyces cerevisiae dan fermentasi aerob dengan bakteri Acetobacter aceti. Tujuan penelitian ini mengetahui kualitas cuka kulit nanas dengan penambahan konsentrasi Acetobacter aceti terhadap kadar asam asetat, total gula reduksi, dan padatan terlarut total. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor adalah penambahan konsentrasi Acetobacter aceti adalah 5 %, 10 %, dan 15 %. Data hasil pengamatan dianalisa dengan menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan Acetobacter aceti berpengaruh terhadap kadar asam asetat, total gula reduksi, dan padatan terlarut total. Kombinasi terbaik terdapat pada perlakuan N1 adalah diperoleh hasil kadar asam asetat 3,29%, total gula 0,26%, dan total padatan terlarut 3,39%.

Proses Fermentasi

Fermentasi yaitu perubahan kimia dalam bahan pangan yang disebabkan oleh enzim. Enzim yang berperan dapat dihasilkan oleh mikroorganisme atau enzim yang sudah ada dalam bahan pangan.

Fermentasi merupakan suatu reaksi oksidasi atau reaksi dalam sistem biologi yang menghasilkan energi di mana donor dan aseptor yaitu senyawa organik. Senyawa organik yang biasa digunakan yaitu zat gula. Senyawa tersebut akan diubah oleh reaksi reduksi dengan katalis enzim menjadi senyawa lain. Dalam pengolahan vinegar, terjadi 2 kali fermentasi adalah :

1. Fermentasi pembentukan alkohol dengan yeast Saccharomyces cerevisiae.

Pada fermentasi ini terjadi perombakanglukosa menjadi alkohol dan gas CO2dengan reaksi sebagai berikut :C6H12O6—->2 CH3CH2OH + CO2. Reaksi yang terjadi anaerob. Etanol yaitu hasil utama fermentasi tersebut di atas, di samping asam laktat, asetaldehid, gliserol dan asam asetat. Etanol yang diperoleh maksimal hanya sekitar 15 %. Buat memperoleh etanol 95 % dilakukan proses distilasi. Etanol digunakan buat minuman, zat pembunuh kuman, bahan bakar dan pelarut.

2. Fermentasi perubahan alkohol menjadi asam asetat dan air denganbakteri Acetobacter aceti.

Reaksi pembentukan asam asetat dituliskan sebagai berikut :

CH3CH2OH + O2—->CH3COOH + H2O. Reaksi yang terjadi yaitu reaksi aerob pada fermentasi pembentukan asam.

Ketika fermentasi nanas kontrol kualitas yang diperhatikan supaya cuka yang dihasilkan dapat tetap baik yaitu penambahan asam sulfat encer kala proses fermentasi. Adanya penambahan asam sulfat encer akan membantu terbentuknya asam asetat sehingga memberikan aroma yang masam. Sehabis ditambahkan asam sulfat encer kemudian dipanaskan sehingga bau dari asam cuka akan tercium. Sehabis 25 hari, kadar asam asetat akan mengalami penurunan. Hal ini disebabkan karena asam asetat akan teroksidasi atau terombakkan oleh oksigen dari udara menjadi CO2 dan H2O. Reaksi oksidasi asam asetat dapat dilihat sebagai berikut : CH3COOH + O2 -à2 CO2 + 2 H2O. Supaya asam asetat yang terkandung tidak teroksidasi lalu sehabis diperoleh kadar asam asetat yang memenuhi kualifikasi cuka sebaiknya fermentasi segera dihentikan dan cuka disimpan pada wadah yang tertutup rapat sehingga O2 tidak sanggup masuk. Kemudian dilakukan pasteurisasi dan pembotolan. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi cuka kulit nanas dari buah nanas segar sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis buat konsumsi sendiri maupun buat jualan ide usaha bisnis cuka buah.

RESEP CUKA NANAS

BAHAN :

  • 1 buah nanas matang (lebih baik pakai buah nanas organik)
  • 10 sdm gula aren bubuk

CARA MEMBUAT CUKA NANAS :

  1. Pertama siapkan buah nanas matang (telah dalam keadaan masak tandanya rasanya manis). Cuci kulit nanas berkali-kali hingga bersih dan terakhir siram dengan air hangat. Kemudian kupas buah nanas dengan agak tebal jadi tidak perlu membersihkannya lagi mata nanas. Kemudian bonggolnya juga dipisahkan, sehingga buah nanasnya masih sanggup dikonsumsi atau dimakan secara segar.
  2. Masukkan kulit nanas tebal ke dalam tiga 3 liter air di wadah botol atau wadah topless tertutup rapat. Kemudian didiamkan 3-4 malam. Sehabis itu keluarkan kulit nanasnya. Sampai disini jadilah cuka nanas.

CARA MINUM CUKA NANAS :

  1. Cara mengkonsumsinya ambil sekitar 5 sdm cuka nanas fementasi, berlanjut tambahkan 2 sdm madu. Kemudian diaduk dengan setengah 1/2 liter air. Siap diminum.
  2. Sajikan sanggup dengan keadaan hangat atau dingin pakai es batu atau dimasukan ke dalam kulkas.

TIPS & TRICKS :

  • Cuka kulit nanas ini sanggup dibuat lebih asam dalam proses satu 1 bulan fermentasi.
  • Minum sehari 3 kali. Insya Allah akan membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Leave a Reply