CARA MEMBUAT ABON AYAM BAWANG PEDAS

Resep Abon Ayam Suwir Bawang Sederhana Spesial Pedas Asli Enak. Abon ayam atau abon daging ayam suwir dapat dibuat aneka rasa, misalnya asin gurih, pedas, dan manis. Katanya sih abon ayam yang paling enak ialah merk abon ayam Karwati, abon ayam Cianjur spesial 100 % halal dan istimewa.

Foto Resep Abon Ayam Suwir Pedas Bawang Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Abon Ayam Suwir Bawang Pedas

Abon menurut situs Wikipedia. Abon ialah makanan yang yang terbuat dari serat daging hewan. Penampilannya biasanya berwarna cokelat terang hingga kehitam-hitaman dikarenakan dibumbui kecap. Abon tampak seperti serat-serat kapas, karena didominasi oleh serat-serat otot yang mengering yang disuwir-suwir. Karena kering dan nyaris tak memiliki sisa kadar air, abon biasanya awet disimpan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dalam kemasan yang kedap udara.

Selain terbuat dari bahan dasar daging (sapi buat bahan abon sapi, kambing, kuda, babi, ayam, kelinci, dan domba atau kambing), ada beberapa abon yang pembuatannya memakai bahan dasar dari makanan laut, seperti abon ikan tuna, ikan lele, abon ikan tongkol, belut, ikan cakalang, dan udang.

Abon biasanya dimakan sebagai lauk taburan di atas nasi, mie pangsit atau bubur ayam, atau sebagai isi lemper dan biasa pula dimakan langsung seperti memakan atau mengkonsumsi camilan (camilan). Di Indonesia, daging yang biasa digunakan buat membuat abon berasal dari daging sapi, sehingga orang mengenal ‘abon sapi’. Selain daging sapi, bahan lain yang digunakan ialah ayam, babi, ikan, Kuda, dan kambing. Di China, abon yang paling lazim ialah abon yang terbuat dari daging babi yang disebut Chousong. Sentra pembuatan abon sapi di Indonesia kali ini ada di daerah Boyolali, Solo/Surakarta, Ngawi, Nganjuk, Salatiga, Magelang dan beberapa daerah lain sekitarnya (sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur). Produksi abon sapi juga dapat di temui di kota Palembang dan Pontianak. Sedangkan sentra pembuatan abon dari daging babi banyak terdapat di daerah Bali, Sulawesi Utara dan Sumatera Utara.

Cara pembuatan abon. Potongan daging baik itu sapi atau babi yang bagus dan yang dibumbui dengan garam, micin/penyedap dan kecap manis, direbus dan dididihkan dalam air hingga benar-benar lembut, sehingga serat-serat daging mulai terlepas, lumat dan mudah buat disuwir-suwir. Hal ini karena kandungan kolagen dan elastin zat pengikat otot larut oleh air rebusan sehingga mudah disuwir-suwir.

Daging yang mulai tercerai-berai hasil rebusan ini kemudian dikeringkan, dapat dengan cara dijemur selagi 2 hari atau dengan cara pengeringan yang menggunakan oven (oven listrik juga dapat). Sesudah daging abon telah dikeringkan, daging harus disangrai di atas penggorengan besar sambil ditumbuk-tumbuk. Kala ditumbuk daging ini membentuk serat-serat daging yang menyerupai gumpalan benang/kapas. Ketika disangrai ini serat daging ditambahkan bumbu-bumbu penambah rasa, seperti gula jawa, micin, sedikit kecap kenal, pemberi rasa pedas dan bawang goreng, terus diaduk hingga benar-benar kering dan dikemas. Selain itu, beberapa abon yang dibuat dengan kualitas rendah sering ditambahkan bahan pengisi yang memberi cita rasa baru yang unik, seperti kacang koro pedang, Kaca mete, dll. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi abon ayam suwir bumbu bawang pedas sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis buat konsumsi sendiri maupun buat usaha jualan abon ayam.

RESEP ABON AYAM BAWANG PEDAS

BAHAN :

  • 500 ml air
  • 1/2 sdt garam
  • 2 buah dada ayam
  • Minyak goreng secukupnya
  • 6 lbr daun jeruk, iris halus
  • 2 btg serai, memarkan
  • 100 gram kelapa muda, parut panjang
  • 300 ml santan
  • 25 gram gula pasir

BUMBU HALUS :

  • 4 siung bawang putih
  • 6 buah bawang merah
  • 8 buah cabai merah
  • 3 btr kemiri
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdt gula merah

CARA MEMBUAT ABON AYAM BAWANG PEDAS :

  1. Didihkan air dan garam, masukkan daging ayam, masak hingga daging matang dan lunak. Angkat dan diamkan hingga dingin. Suwir-suwir daging ayam rebus.
  2. Panaskan minyak goreng, goreng ayam suwir hingga kering. Angkat dan tiriskan.
  3. Panaskan 2 sendok makan minyak goreng, tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serai hingga harum.
  4. Masukkan kelapa parut dan santan. Masak sampai kelapa kering.
  5. Masukkan ayam suwir goreng dan gula pasir, aduk sampai ayam terlumuri bumbu dan kering.
  6. Sajikan 350 gram.

Leave a Reply