Ada yang beda tengah berada di Laos, salah satu Negara di kawasan Asia Tenggara itu.

Terutama keberagaman cita rasa kulinernya yang berasal dari berbagai etnik budaya. Setidaknya ada 10 makanan khas Laos yang sanggup jadi contoh betapa kayanya kuliner negara tersebut.

Salah satu keunikan cita makanan Khas Laos merupakan dominasi rasa asin dan pedas yang tidak ada sentuhan manis.

Karena bagi masyarakat setempat, rasa manis itu merupakan hal yang aneh, jadi siap-siap saja terkejut kala mencoba kuliner terbaiknya.

10 Makanan Khas Laos Paling Unik

[powerkit_toc title=”Daftar isi” depth=”2″ min_count=”4″ min_characters=”1000″]

Tam Mak Hoong

makanan Khas Laos

Makanan Khas Laos dimulai dengan salad terenak yang ada di Laos, kalau disandingkan dengan makanan Indonesia agak mirip dengan rujak.

Namun isinya amat berbeda, karena terdiri dari pepaya muda yang diberi potongan udang kering, jeruk, kemudian kacang panjang dan tomat, serta kacang tanah.

Lihat juga makanan khas bandung

Kuah segarnya dibuat dari saus ikan yang hanya ada di Laos, terbuat dari saripati ikan yang difermentasi sehingga menimbulkan rasa yang beda.

Sekali sendok, akan terasa perpaduan rasa asam dari kuahnya, asin dari bumbu dan sedikit manis dari saripati buah dan sayuran. Makanan ini cocok sebagai makanan pembuka atau pengganti sayur.

Naem Khao Tod

Masih bertema salad namun berbeda rasa, karena salad yang dibuat dari campuran nasi yang diberi sosis, kacang tanah, kelapa parut, jeruk peras dan tak ketinggalan saus ikan khasnya.

Buat merasakan sensasi nikmat dari makanan yang sepintar mirip nasi goreng ini, biasanya disajikan dengan lembaran selada.

Bagaimana cara makannya? Jadi siapkan selembar selada, letakkan satu sendok Naem Khao Tod dan bungkus kemudian makan.

Rasa yang menggelitik dari perpaduan pedas, asin, dan asam ini akan menyatu dan membuat ketagihan. Kuliner ini juga amat mudah ditemukan di Laos, mulai dari warung pinggir jalan hingga restoran ternama.

Larb

Yang satu ini merupakan ikon Laos yang telah mendunia, karena memiliki tampilan yang unik dan rasa yang juga tak kalah enak.

Terbuat dari daging ayam, sapi, bebek, atau ikan yang dicincang dan dicampur dengan jamur iris dan diberi rempah-rempah khas. Sehingga mampu menciptakan aroma segar dan rasa pedas asam yang pas di lidah.

Kalau mau coba makanan khas Laos larb ini, sanggup memadukan dengan sayuran mentah yang telah dibersihkan dan dijamin higienis sebagai kudapan sore.

Atau jikalau mau menjadikannya lauk utama, tinggal makan saja bersama beras ketan yang merupakan makanan utama orang Laos.

Bagi yang pernah ke Thailand pasti tidak asing dengan larb karena disana juga ada makanan serupa dengan rasa yang hampir sama.

Maklum saja, eksistensi larb di Laos tak lepas dari campur tangan beberapa etnis dari Thailand.

Ping Kai

Atau sebut saja ayam bakar khas dari Laos, karena bahan utamanya merupakan daging ayam yang diberi bumbu seperti akar dari ketumbar, lada hitam,bawang putih dan tentunya saus ikannya.

Soal cara membuatnya juga beda, karena ayam dibalut daun pisang baru dibakar di atas bara atau arang batok kelapa.

Lihat juga makanan khas daerah

Soal rasa jangan tanya, karena pastinya enak apalagi disantap bersama lalapan sayuran segar dan mentah di atas sepiring nasi.

Kalau penasaran mau mencobanya langsung, cari saja restoran terdekat dari tempat menginap, biasanya menyajikan menu ini sebagai salah satu sajian sarapan, makan siang, ataupun makan malam.

Khao Piak Sen

Buat para pecinta bubur ayam, sepertinya makanan khas dari Laos ini perlu jadi buruan tengah melancong ke the land locked country.

Bahannya merupakan kuah kaldu daging sapi atau ayam dengan bumbu khusus yang nikmatnya maksimal, kemudian mie beras yang jadi karbohidrat utamanya.

Penyajiannya merupakan dengan menata mie beras di dalam mangkok, kemudian siram dengan kaldu bersama dagingnya.

Sebelum disantap sajian ini ditaburi daun bawang, daun jeruk dan seledri segar bakal menambah aroma dan rasa. Cocok bakal dimakan tengah cuaca dingin di pagi hari bersama segelas kopi panas.

Mok Pa

Ternyata Laos juga punya pepes ikan namun tentu dengan rasa yang unik, karena potongan daging ikan segar ditata di atas daun pisang kemudian diberi daun bawang, terasi, cabe, kecap dan beberapa bumbu rahasia. Selanjutnya di bungkus dan di kukus sampai matang.

Penyajiannya juga amat beda karena sanggup dicocol dengan saus ikan, yang diberi tambahan potongan cabe serta semangkuk nasi putih bertabur wijen.

Pasti telah tak sabar mau mencoba sensasi rasa ikan empuk dari pepesnya, dan perpaduan pedas saus ikannya.

Pad Khee Mao

Kalau di Indonesia ada makanan dengan level pedas maksimal, Laos juga punya Pad Khee Mao yang dijuluki mie mabuk.

Bukan mabuk karena alkohol, namun akan dibuat mabuk karena rasanya yang ekstra pedas. Jadi buat yang suka pedas pastinya akan menjadikan Pad Khee Mao sebagai salah satu kuliner favorit.

Cara membuatnya merupakan dengan menumis bumbu pedasnya, kemudian masukkan telur, mie atau kwetiau serta sayuran hijau seperti kacang panjang.

aduk rata hingga matang. keunikan rasa lagi-lagi akan didapat dari tambahan saus ikannya yang menjadi campuran utama menjelang mie disajikan.

Khao Jee

Merupakan cemilan khas dari Laos yang dibuat dari campuran daging ayam, sapi asap, atau lainnya yang dicampur keju, tomat, wortel.

Sanggup disajikan dengan bentuk digoreng atau jadi isian dalam roti ala Prancis. Mau rasa yang beda? Mintalah potongan daging alpukat sebagai tambahannya, dijamin rasa uniknya semakin terasa.

Karena perpaduan gurih dari daging, manis dari sayuran dan daging alpukat segarnya. Biasanya cemilan ini banyak dijual di pasar tradisional Laos, dengan harga yang amat terjangkau.

Khao Niaw

Ini merupakan jajanan tradisional yang diambil dari budaya Laos yang lekat dengan beras ketan.

Adalah memadukan beras ketan yang telah dimasak, dengan potongan mangga manis kemudian disiram saus santan kental. Perpaduan rasa manis, asam, dan gurihnya benar-benar pas makanya banyak yang kepincut dan mau tahu cara membuatnya.

Kaipen

Buat cemilan unik, Laos punya kaipen yang dibuat dari bahan utama ganggang hijau yang masih segar yang disajikan bersama saus bawang putih, sayur dan tak ketinggalan taburan kacang wijen. Sanggup dimakan langsung, atau dijadikan pelengkap pada makanan utama.

Buat mendapatkannya juga amat mudah, terutama di restoran tepi pantai atau lokasi sumber ganggang biru di Laos. Cobalah dan nikmati rasa gurih dan kriuk dari ganggang olahan yang amat enak tersebut.

Lihat juga makanan khas indonesia

Itulah deretan 10 makanan khas Laos yang amat unik dan punya citarasa beda dari makanan lain.

Sekali coba dijamin ketagihan dan mau membawanya sebagai oleh-oleh. Atau mencari tahu resep terbaiknya? Internet siap menyajikannya bakal para pecinta kuliner dari negara tersebut.

Last modified: 4 November 2020

0