Umbul kapilaler klaten – sekarang telah mulai banyak umbul-umbul yang lagi populer dijadikan tempat wisata di daerah Klaten, jawa tengah. Umbul Ponggok yang menjadi tempat wisata favorit pengunjung karena sensasi kolam dan barang-barang di dalamnya pun seolah terlupakan karena masih ada beberapa umbul (mata air) lagi yang tak kalah populer dengan itu, seperti Umbul Manten dengan air jernihnya, Umbul Nila yang mempunyai batu coral di dasarnya, hingga Umbul Cokro yang hampir serupa dengan waterboom.

Umbul-umbul yang sekarang ini menjadi daya tarik pengunjung ialah Umbul Kapilaler Klaten. Berikut ini penjelasan dan informasi lengkap perihal tempat wisata air klaten tersebut.

Sebelum menjadi lokasi wisata di Klaten, dulu umbul-umbul ini dimanfaatkan oleh warga setempat sebagai tempat mandi. Kini telah beralih fungsi menjadi tempat wisata yang amat hits dan populer Klaten, pesona keindahan alam dimiliki menjadi daya tarik utama buat wisatawan datang berkunjung.

Alamat Lokasi Umbul Kapilaler

Umbul Kapilaler Klaten ini berada di dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, kabupaten Klaten. Lokasi umbul ini amat strategis sehingga lebih mudah bakal ditemukan bagi yang belum pernah kesini dan belum begitu mengenal daerah klaten.

umbul kapilaler klaten

Berikut ini beberapa rute yang dapat digunakan bakal sampai ke Umbul Kapilaler Klaten diantaranya:

  • Berjalan ke arah barat dari jalan raya utama Solo – Yogyakarta sekitar 6 km –
  • Kalau berjalan ke arah barat kemudian gunakan rute Boyolali – Tulung – Ponggok.
  • Sementara kalau dari arah utara juga dapat dipilih ialah rute Boyolali – janti – Cokro – Ponggok.
  • Buat rute terakhir dapat mengambil dari arah selatan melewati rute Yogyakarta – Klaten – Karanganom – Ponggok.

Peta Lokasi Umbul Kapilaler

Daftar Harga Tiket Umbul Kapilaler

  • Harga Rp. 5.000 saja, dan biaya parkir Rp. 2.000 bakal motor, dan Rp. 5.000 bakal parkir mobil.
  • Buat masuk ke Umbul Kapilaler Klaten amat murah hanya menyisihkan uang 5000 dapat menikmati segala keindahan di sekitar kolam ini yang menyejukkan. apalagi Umbul Kapillaer tak kalah bagusnya dengan umbul lainnya yang ada di Klaten. Air kolam juga jernih dan bersih tanpa zat kimia karena areanya yang berdekatan dengan Sigedang yang merupakan sumber air dan sering digunakan sebagai air minum oleh warga sekitar atau wisatawan.

Jam buka – operasional

Jam buka dan jam operasional umbul kapilaler ini buka mulai pukul 07.00 WIB dan tutup kembali pada pukul 17.00 WIB. 

Aktivitas Menarik Kali Berkunjung ke Umbul Kapilaler

umbul kapilaler klaten

Konon umbul Kapilaler ini dulunya merupakan tempat pemandian seorang putri. Lalu dari itu hingga masa ini kolam tersebut juga masih digunakan warga bakal mandi pada pagi dan sore hari. kolam ini juga masih asri dengan dikeliingi bebatuan. Pemandangannya pun cukup asri dengan beberapa pohon sehingga cocok digunakan bakal bermain air ataupun duduk di pinggir kolam.

Tempatnya yang sejuk dan segar tentu membuat betah para pengunjung atau wisatawan bakal berlama-lama di umbul ini. Beberapa fasilitas yang disediakan berupa kamar mandi dan kamar ganti baju. Umbul Kapilaler Klaten merupakan bentuk kesadaran masyarakat perihal potensi yang ada di daerahnya. Hal ini tentu menambah tempat wisata yang ada di Klaten.

Fasilitas di Umbul Kapilaler

Sesampai di lokasi wisata umbul kapilaler, pengunjung telah tak dibuat bingung dalam mencari tempat parkir kendaraan, lantaran telah disediakan lahan parkir cukup luas. Selain itu tukang parkir disana pun siap siaga, memberikan pengarahan dalam menempatkan kendaraan di area parkir.

umbul kapilaler klaten
  • Fasilitas lainnya ada kamar mandi umum sebagai ruang bilas dan ganti baju. Pihak pengelola benar-benar menyediakan fasilitas kamar mandi dengan merawat secara baik, sehingga kamar mandi disana senantiasa terlihat bersih.
  • Buat pengunjung muslim, tak perlu khawatir menjalankan kegiatan ibadah sholat, sebab pernah disediakan tempat ibadah berupa mushola sebagai tempat sholat. Sehingga pengunjung dapat melakukan ibadah dengan tenang di tempat bersih dan nyaman.
  • Tempat istirahat berupa gazebo atau saung-saung pun telah ada kok, sembari menyantap makanan jajanan yang setidaknya dapat menunda lapar.

Penginapan Terdekat

Buat kamu yang mau mencari penginapan terdekat, ada banyak rekomendasi hotel dan penginapan di solo dan sekitarnya :

Tempat Wisata Terdekat

Berikut informasi wisata terdekat dari umbul kapilaler klaten :

umbul kapilaler klaten

Tempat Kuliner Terdekat

Ada rekomendasi kuliner di solo, berikut informasinya :

Tips Kali Berwisata ke Umbul Kapilaler

Ada beberapa tips bakal kamu yang akan berwisata ke umbul kapilaler ini, diantaranya ialah :

  • Datang dihari senin-jum’at (hari kerja) karena akan lebih sepi sehingga dapat lebih puas menikmati alam dan berfoto nya.
  • Datang di pagi hari atau sore hari, karena selain cuaca lebih mendukung dan juga tidak panas.
  • Jangan membuang sampah sembarangan terutama didalam kolam umbul kapilaler ini.
  • Datang bersama anak dan keluarga akan lebih menyenangkan pastinya.

Lihat Ulasan “Google”

umbul kapilaler klaten

Rina Widya, mengatakan :

“Umbul asik bangeet,air gausah diragukan pasti bening dan suegeer (bahkan adem wktu pertama) selanjutnya bikin males mentas hehe
Tempat ganti banyaak juga bersih banget.tiket masuk cuma 5rb aja, toilet 2rb.
Ada beberapa kantin disekitar harga juga wajar (gak ngepruk)
Parkir dapat dirumah2 warga sekitar dengan membayar 3rb.”

Yovie Hanafi, mengatakan :

“Umbul kapilaler terletak di dukuh Pusur, desa karanglo, polanharjo, klaten. Diyakini pada zaman dahulu sbg tempat pemandian dari kraton surakarta. Airnya jernih dan sejuk karena langsung dari sumber air tanah. Tempatnya rindang karena ada beberapa pohon beringin besar sebagai peneduh ditambah lingkungan sekitar yang masih alami.”

Antok, mengatakan :

“Nyaman bakal mandi kalau di luar hari Libur
Kalau pas Hari Libur, terlalu ramai,
Tidak dapat santai.”

Swimming Healthy, mengatakan :

“Umbul Kapilaler sendiri terletak di Dukuh Umbulsari, Ponggok, Polanharjo, Klaten. Dimana dahulu dipercaya masyarakat Klaten sebagai tempat pemandian putri yang akhirnya sampai masa ini digunakan masyarakat setempat bakal mandi. Hanya saja eksistensinya masih jarang diketahui para wisatawan.
Fyi guys, Umbul Kapilaler memiliki karakteristik yang hampir sama dengan umbul-umbul lainnya. Dimana bagian dasar umbul ini masih berupa bebatuan dan tanah. Ukurannya memang tidak terlalu besar, namun lokasinya yang berada dibawah rerimbunan pohon dikelilingi bebatuan besar menambah kesan alami kolam pemandian putri yang satu ini.”

Fajar Tri Andriyanto, mengatakan :

“Tempat yg nyaman buat wisata keluarga, tidak jauh dari pusat kota ,
Buat transportasi saya sarankan pake motor atau mobil pribadi saja,
Atau transportasi online, Air dingin , suasana adem,
Masih dalam desa yg asri , cocok buat keluarga , tersedia tikar bakal duduk2 santai hanya dengan pesen es teh atau gorengan dapat menempati tikar buat duduk2 bersama keluarga,
Harga tiket masuk relatif murah dan terjangkau hanya 5rb
Buat parkir pengelolaan keren, Ada yg jaga Parkir rapi, Menuju lokasi d arahkan petugas
Tersedia juga sewa ban,
Toilet juga ada
Ganti baju juga ada tetapi bayar,
Harga makanan terjangkau
Pokokknya top dan mantap.”

Wildanun Nabil, mengatakan :

“Tempatnya bagus bersih airnya juga seger harganya masih murah, makanan juga masih murah, tetapi fasilitas masih amat kurang mohon pengelola bakal lebih baik lagi.”

Alfitramikola Rizqi, mengatakan :

“Kolam renang yang bersumber dari sumber air langsung disini hidup beberapa ikan,bakal tiket retribusi 5000 dan bakal parkir 2000 disini warga sekitar yang menjual makanan dan minuman juga ramah-ramah dan bakal masalah harga standar lah dengan harga makanan dan minumab di tempat wisata air area klaten dan sekitarnya.”

Tuhfah Zuharoh, mengatakan :

“Airnya jernih bangetttt. Masih asli alam, kaya renang di kali. Namun kolam yg diatas kotor waktu kita kesana. Pedagang juga masih jarang. Kalo unt emas-emas siii cocok, tetapi klo unt embak-embak dan anak-anak kurang cocok, Tempatnya terlalu terbuka, dan ngeri medannya.”

Open Future, mengatakan :

“Suasana sejuk dibawah Pohon Bringin. Airnya Seger banget, Baru 15 menit nyebur udh menggigil aja. Ada penyewaan Pelampung & Ban dengan Kedalaman Air Berubah ubah tergantung musim. Antara 1,3m sampai 2m.”

Demikian informasi seputar tempat wisata umbul kapilaler di klaten, semoga membantu dan dapat menjadi referensi bakal kamu sebelum berkunjung atau berwisata ke umbul kapilaler di klaten ini.

0