Umbul Jumprit,Temanggung memang tak pernah habis dengan keindahan alam dan kearifan lokal budayanya. Apalagi berbicara wisata, tentu daerah ini punya banyak destinasi tujuan bakal berwisata. Mulai dari wisata edukasi hingga alam yang memukau.

Tak ketinggalan dengan yang lain, Umbul Jumprit juga menjadi destinasi wisata eksotik yang ada di Temanggung. Sampai hari ini belum terlalu banyak orang yang tahu dengan keberadaan tempat suci bagi umat Budha di Indonesia ini. Namun salah satu wisata Temanggung hits satu ini juga kerap di datangi oleh para wisatawan

Destinasi yang diresmikan pada Januari 1987 ini tentu menyimpan banyak cerita, salah satunya yakni sejarah perihal runtuhnya kerajaan majapahit. Mayoritas wisatawan yang datang bertujuan mengobati rasa penasaran mereka dengan tempat yang penuh sejarah ini. Apakah kamu juga ikut penasaran ? Yuk simak ulasan perihal Umbul Jumprit Temanggung yang telah IDN TRIP rangkum. Simak ya!

Harga Tiket Masuk Umbul Jumprit

Harga Tiket Masuk Umbul Jumprit
Foto : https://www.instagram.com/mndyfirmn/

Sebelum kalian masuk ke area wisata ini, kita akan menjumpai pintu masuk yang terbentuk menyerupai Candi Majapahit. Yang dibangun sejak zaman dulu, dan bisa jadi umurnya mencapai ratusan tahun. Memiliki corak arsitektur kuno dan sekitar 30 meter lagi di dalamnya juga terdapat sebuah patung dHanoman dan gerbang kedua.

Buat dapat berjelajah di wisata alam ini kalian hanya dikenakan biaya tiket masuk yang amat murah. Ialah sebesar Rp. 5.000 saja

Berkunjung mampu kapan saja, karena destinasi wisata satu ini buka setiap hari. Dibuka mulai pukul 08.00 pagi hingga 16.00 atau 4 sore.

Selain bakal wisata, destinasi Umbul Jumprit ini juga digunakan bakal bermeditasi dan berendam oleh beberapa peziarah. Hal tersebut dilakukan pada malam selasa kliwon atau Jumat Kliwon saja. Yang tak kalah menarik lagi setiap tanggal 1 suro juga tempat ini ramai dikunjungi bakal melakukan kegiatan berendam dan meditasi.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat dan Rute Lokasi Umbul Jumprit
Foto : https://www.instagram.com/fendysuryadhana/

Kawasan mata air ini terletak di lereng Gunung Sindoro dengan ketinggian kurang lebih 2.100 mdpl. Berada di sebelah barat laut Kota Temanggung.

Alamat lengkapnya ialah Jl. Ngadirejo, Jumprit, Purbosari, Temanggung, Kab. Temanggung, Jawa Tengah.

Rute perjalanan mampu melewati Kabupaten Temanggung, sesudah itu mengambil arah kecamatan Ngadirejo. Tiba di pertigaan Ngadirejo belok kiri ambil arah menuju Dieng. Jarak tempuhnya kurang lebih sekitar 3 km.

Jikalau kamu masih merasa bingung atau kesulitan, tak usah khawatir. Karena IDN TRIP akan memberikan kamu rute terbaik bakal mempermudah perjalananmu.

Nikmati perjalanan dengan menyaksikan panorama keindahan alam yang tersaji.

Datang juga ke –> Pikatan Waterpark kolam renang yang menyuguhkan pemandangan dan udara sejuk khas pegunungan.

Fasilitas

Fasilitas Umbul Jumprit
Foto : https://www.instagram.com/rhezaarriy/

Meskipun Umbul Jumprit ini termasuk kategori wanawisata atau wisata hutan, khususnya hutan pinus. Fasilitas yang ada pun terbilang cukup memadai, diantaranya :

  • Kamar Mandi
  • Mushola
  • Area parkir
  • Spot bersejarah
  • Pemandian mata air
  • Tempat ziarah

Destinasi ini juga menawarkan perkemahan, agrowisata dan habitat kera liar.

Dimanapun kalian berada baik yang jauh maupun dekat jangan lupa bakal kerap bersama-sama ikut melestarikan lingkungan. Dengan tidak membuang sampah sembarangan. Juga ikut merawat dan menjaga berbagi fasilitas daya tarik wisata yang telah di sediakan oleh pengelola.

Kunjungi juga –> Kledung Pass sebuah rest area yang kerap ramai dipadati wisatawan bakal menyaksikan Gunung kembar dari dekat.

Spot Wisata Umbul Jumprit

Spot Wisata Umbul Jumprit
Foto : https://www.instagram.com/adjiedkdyo/

Berbicara singkat tentang fenomena yang ada, bahwasannya mata air ini berada di bawah sebua gua yang dinaungi oleh pohon besar.  Mata air tak pernah sekalipun mengalami kekeringan meskipun masa musim kemarau. Dan juga menjadi sumber aliran air bagi Sungai Progo.

Sejak tahun 1987 mata air Umbul Jumprit Temanggung telah menjadi tempat mengambil air bakal keperluan waisak di Candi Borobudur.

Kawasan ini bukan hanya sekedar wisata hutan (wanawisata) saja. Namun juga menawarkan daya tarik wisata alam pegunungan dan alam yang indah.

Memiliki corak bangunan eksotis yang tentu kaya akan sejarah dan budaya membuat tempat ini cocok bakal kamu kunjungi.

Berburu foto mampu menjadi pilihan kalian bakal mengabadikan momen sewaktu berkunjung ke Umbul Jumprit ini.

Berlatar belakang bangunan peninggalan sejarah membuat fotomu unik dan instagenic.

Ciptakan cerita menarik dan momen tak terlupakan sewaktu berada berada di Umbul Jumprit bersama keluarga.

Review sebelumnya –> Embung Kledung danau buatan yang asyik bakal dijadikan tempat camping.

Tips Berkunjung

Tips Berkunjung Umbul Jumprit
Foto : https://www.instagram.com/obayartwork/

Berikut beberapa tips yang akan IDN TRIP berikan ke kalian semua masa akan berkunjung ke Umbul Jumprit Temanggung ini.

  • Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit. Karena bila kita sedang merasa kurang fit alangkah lebih baiknya bakal bersitirahat dirumah dulu
  • Tidak melakukan kegiatan yang dapat merugikan. Baik bakal orang lain ataupun kepada diri sendiri
  • Ajak keluarga, kerabat dan sahabat bakal berkunjung ke wisata menarik satu ini
  • Kerap jaga sikap dan lisan masa berada di daya tarik wisata manapun
  • Ikut serta menjaga dan merawat segala fasilitas yang ada di dalamnya. Seperti dengan tidak membuang sampah sembarangan dan lain sebagainya

Demikian ulasan singkat tentang Umbul Jumprit Temanggung yang mampu kita telusuri lebih dalam tentang sejarah yang unik bakal diketahui.

Vlog Trip Dieng

0