Siapa yang tidak mengenal hotel royal heritage solo, pastinya paling tidak kita mendengar dan kalo ke solo melihat bangunan hotel yang cukup megah, rasanya seperti mimpi bisa stay di hotel royal heritage solo karena kita tahu rate harga kamar the royal surakarta heritage tentunya di atas rata-rata, (jangan berkecil hati sering-sering aja cek harga ya gess), kali ini saya rada beruntung guys, kebetulan singgah di solo menyempatkan cek dapat room

Seperti kita ketahui, Solo terletak di Jawa Tengah dan merupakan kota kelahiran dua kerajaan di Jawa yaitu Kasunanan Surakarta dan Mangkunegaran dan merupakan tempat yang terkenal dengan batik, pengaruh dua hal ini yang bisa kita rasakan saat berada di hotel tempat aku menginap. Oleh karena hal tersebut The Royal Surakarta Heritage sampai diberi anugerah penghargaan oleh Museum Rekor-Dunia Indonesia untuk kategori Hotel Berinterior Kebudayaan Jawa dengan Nuansa Motif Batik.

Hotel ini berada yang berada di pusat kota, dekat dengan Keraton Surakarta dan di sekeliling nya merupakan area bisnis, tepatnya di Jalan Brigjen Slamet Riyadi no 06. Dari tampak luar nya sudah terlihat bahwa unsur budaya Jawa sangat melekat pada design exterior, begitu juga saat mobil parkir di pelataran depan lobby, ornamen dan beberapa pajangan khas Jawa berpadu dengan arsitektur modern, sehingga kita bisa merasakan sisi tradisional dan kemewahan nya.

di era pandemi covid-19 ini hotel royal heritage solo tetap buka dan menetapkan standar protokol kesehatan yang ketat tentunya, jadi netizen ga usah kuatir, begitu sampai dan akan memasuki lobby, petugas hotel akan mewajibkan untuk cuci tangan terlebih dahulu dan pengecekkan suhu, setelah aman kita baru akan melakukan cek in, Proses check in tidak terlalu lama, semua sudah dipersiapkan, seperti biasa aku tinggal memberikan tanda pengenal, mencantumkan alamat email, no telpon dan tanda tangan. selesai cek in segera menuju lift yang ada di ujung sebelah kanan kalau dari tempat check in. Senang sekali memperhatikan barang barang yang ada di hotel ini, benar benar vintage berbalut modern, interior dan pernak pernik nuansa jawa terasa kental dan exotic.

menuju kamar hotel, lorong koridor didesign nuansa remang remang dan alunan instrumen jawa, bagi yang kurang begitu suka dengan nuansa ini bisa langsung menuju kamar, bagi penikmat kesenian seni patung, lukisan maupun ukiran anda bisa berselfie ria dahulu,

The Royal Surakarta Heritage mempunyai total 150 kamar, sama halnya dengan bagian bangunan yang lain, interior kamar nya merupakan refleksi suasana adat jawa yang dibalut dengan fasilitas modern yang sangat nyaman, sehingga siapa pun yang tinggal di sini akan menikmati kamar dengan gaya tradisional tetapi tak kehilangan unsur keindahan yang modern. ada 5 tipe kamar yang ditawarkan di antara nya Superior Room, Deluxe Room, Executive Room, Junior Suite dan Executive Suite, kali ini kita booking kelas yang paling murah yaitu superior, di kelas superior aja rasanya dah nyaman banget, luas dan cukup nyaman buat istirahat, apalagi kelas room yang lainnya ya gess.,,silahkan dicoba.

Breakfast atau sarapan pagi biasanya akan otomatis kita dapatkan apabila kita book room dengan paket free breakfast, terdapat restaurant yang ada di Hotel The Royal Surakarta Heritage adalah Srikandi Restaurant yang pada era covid-19 ini kita akan dijadualkan untuk waktu sarapan pagi ketika cek in di awal, dikarenakan untuk menghindari berkumpulnya orang dan menjaga social distancing, adapaun protokol yang diberlakukan adalah wajib mencuci tangan atau mengunnakan hand sanitzer yang sudah disediakan, dan untuk proses memilih menu sarapan pagi kita bisa memilih di buffe, tapi proses mengambil makanan hanya dilakukan petugas hotel dan nantinya makanan di antar di meja tempat kita duduk. perlengkapan sendok dan garpu pun sudah di kemas dalam plastik karena menjaga sterilisasi. apabila kita memerlukan yang lain pelayan akan senang hati mmbantu dan mengantar seperti tambahan minum, jamu dll.

Merupakan fine dining dengan design interior yang mewah dengan suasana Jawa yang sangat kental dengan sentuhan gaya Chinese , menyediakan menu ala carte yang bervariasi dan tak ketinggalan menyajikan makanan khas Solo. Untuk makan pagi bisa mulai dinikmati pada pukul 06.00 – 10.00, menu yang disajikan sangat lengkap dan yang jadi ciri khas adalah nasi liwet yang ada di bagian tengah dari restaurant disajikan secara tersendiri. Sebuah pengalaman yang sangat jadi memori ketika sambil menyantap sarapan diiringi suara gamelan Jawa yang mengalun ringan dan enak didengar, jadi kalo kalian penasaran atau berlibur ke solo jangan lupa stay di Hotel The Royal Surakarta Heritage

4