Punthuk Mongkrong Magelang – Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan matahari terbit atau terbenamnya matahari, Punthuk Mongkrong bisa menjadi pilihanmu. Kamu tidak perlu bercapek-capek untuk mendaki bukit karena punthuk ini bisa dicapai dengan kendaraan. Di atas Punthuk Mongkrong, kamu bisa melihat cahaya sunrise dan sunset jika cuaca cerah.

Selain itu, pemandangan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan bentangan pegunungan Menoreh pun bisa terlihat.

Lokasi Tempat Wisata

Punthuk Mongkrong berlokasi di Desa Giritengah, Kelurahan Giripurno, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Untuk rute yang lebih mudah, kamu bisa menuju lereng pegunungan Menoreh di Magelang dan bertanya pada warga sekitar. Kamu juga tentunya bisa menggunakan Google Maps.

Rute berikut ini untuk kamu supaya lebih jelas mengenai jalur atau rute yang akan kamu lalui, jadi tetap gunakan layanan google maps ya supaya lebih akurat.

  • Jika kamu berangkat dari arah Candi Borobudur, maka kamu bisa menuju ke arah selatan di Jalan Badrawati yang berada di sebelah timur candi borobudur. Setelah berjalan sekitar 1,3 kilometer, kamu bisa belok ke arah barat di perempatan kedua yang ada Kantor Kepala Desa Tuksongo (jadi perhatikan baik-baik ya).
  • Kamu bisa Terus lanjut menelusuri jalan itu ke arah barat sejauh kurang lebih sekitar 2,5 kilometer, yang ada sebuah perempatan dengan tong di tengahnya. kamu bisa belok kearah kiri (selatan) di perempatan ini. kamu tinggal mengikuti saja jalan utama yang mulai memasuki kawasan pegunungan ini.

Hati-hati selama perjalanan.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke Punthuk Mongkrong Magelang kamu hanya akan dikenakan harga tiket masuk Rp 3.000. Selain tiket masuk, kmau juga akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000.

Jam Operasional

Kamu bisa menikmati Punthuk Mongkrong kapanpun karena wisata ini dibuka setiap hari selama 24 jam.

Daya Tarik dan Tips Berwisata di Punthuk Mongkrong

Daya tarik utama Punthuk Mongkrong Magelang ini adalah wisata yang menyuguhkan pemandangan alam. Ketika mencapai puncak, kamu bisa melihat puncak gunung-gunung yang mengelilingi Magelang. Jika kamu datang pagi hari, kemungkinan masih ada kabut atau awan di bawah punthuk. Kamu bisa melihat awan-awan yang menutupi dataran di bawahnya dari atas.

Kamu juga bisa menikmati sunrise sekitar pukul 5 pagi hingga setengah 6 pagi. Cahaya matahari yang hangat dan warnanya yang lembut akan menambah kesyahduan pagi kamu. Lihatlah bagaimana matahari perlahan muncul di ufuk timur. Selain sunrise, kamu juga bisa menanti sunset di sini. Kamu bisa mulai stand by sejak pukul 5 hingga 6 sore.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai macam spot foto di Punthuk Mongkrong Magelang. Spot foto paling terkenal di sini adalah susunan bambu yang berbentuk ‘V’ ke arah tebing. Pemandangan yang akan kamu dapatkan dari sini adalah Gunung Merapi dan Merbabu ditambah dengan sunrise atau sunset.

Agar perjalananmu ke Punthuk Mongkrong Magelang lebih aman dan nyaman pastikan kondisi kendaraanmu, ya. Pastikan bensin dan mesin kendaraan dalam keadaan prima. Selain itu, kamu juga bisa loh membawa bekal dari rumah. Hal ini karena jarang sekali warung makan di Punthuk Mongkrong.

Tempat Wisata Terdekat di Magelang

Buat kamu yang berwisata ke tempat wisata lain di magelang, kamu bisa mencoba rekomendasi tempat wisata berikut ini ya :

Catatan : Untuk informasi harga tiket, fasilitas dan hal menarik lainnya di wisatasoloraya.com bisa berubah-ubah sesuai dengan ketentuan dan pengelolaan dari pengelola tempat wisata Punthuk Mongkrong Magelang, maka lebih baik memang tanyakan terlebih dahulu secara detail mengenai info wisata nya.

0