Curug Kembar merupakan salah satu dari banyaknya wisata alam yang ada di Banyumas Jawa Tengah. Banyumas memang menyimpan sejuta keindahan wisata alam, salah satunya yang fenomenal di daerah ini ialah Lokawisata Baturraden. Baturraden mampu dikatakan kerap menjadi tujuan utama para pelancong ataupun wisatwan buat berkunjung ke Banyumas.

Namun bukan Baturraden yang akan kita bahas, melainkan Curug Kembar Banyumas yang menyajikan pesona keindahan air terjun yang luar biasa. Kawasannya yang masih hijau dan udaranya sejuk memberikan ketenangan bagi siapa saja yang berkunjung. Tak heran apabila wisata hits Banyumas satu ini tak pernah sepi dari wisatawan lokal maupun luar daerah.

Ada begitu banyak Curug yang menyajikan pemandangan air terjun  mempesona di Banyumas. Dari mulai Curug Jenggala, Cipendok hingga Kembar dan masih banyak lagi yang lainnya. Wajib buat kalian simak informasi berikut ini buat menambah wawasan dan bisa jadi Curug Kembar akan menjadi sasaran explore wisatamu selanjutnya.

Harga Tiket Masuk Curug Kembar

Harga Tiket Masuk Curug Kembar
Foto : https://www.instagram.com/syifaa.hn/

Salah satu alasan mengapa sebuah daya tarik wisata kerap ramai, tak hanya dari spot foto yang disajikan atau fasilitas penunjang. Dapat karena faktor lain seperti tempat yang nyaman, mudah diakses hingga murahnya tarif harga yang ditetapkan.

Tahukah kalian apabila wisata alam ini satu tidak mematok harga sepeserpun buat wisatawan yang berkunjung, alias gratis. Luar biasa bukan !

Kalian hanya mengeluarkan uang buat membayar parkir saja, tentu dengan tarif yang telah di tetapkan.  Cukup dengan Rp. 5.000 buat biaya parkir kalian telah mampu berkeliling menikmati kesejukan yang Curug ini sajikan sembari mengabadikan momen.

Menikmati udara sejuk khas pegunungan yang ada di wisata ini amat ramah di kantong. Sehingga buat kalian yang belum pernah kesini wajib buat explore Curug Kembar dan rasakan sensasi keindahan alam yang memukau.

Wisata instagenic satu ini beroperasi setiap hari dari senin hingga minggu. Dengan jam operasional di mulai dari pukul 08.00 – 18.00 wib. Jadi para wisatawan dapat berkunjung kapan saja bersama keluarga tercinta buat menikmati hari libur bersama-sama.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat dan Rute Lokasi Curug Kembar
Foto : https://www.instagram.com/curug.kembar/

Banyaknya pelancong yang datang dari berbagai daerah buat menikmati air terjun membuat Curug Kembar Purwokerto tak pernah sepi.

Tidak terlalu sulit buat menemukan lokasi wisata epic satu ini. Ber alamat kan di Dusun II, Karangsalam, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

Dari pusat kota Purwokerto buat sampai ke Curug Kembar Jawa Tengah ini waktu yang dibutuhkan sekitar 30-40 menit perjalanan. Dan jarak yang ditempuh kurang lebih 13 km.

Berikut peta lokasi dari Curug Kembar Banyumas Jawa Tengah buat mempermudah perjalanan kalian ketika akan berkunjung.

Datang juga ke –> Telaga Sunyi keindahan air terjun yang menenangkan dan mendamaikan jiwa.

Fasilitas

Fasilitas Curug Kembar
Foto : https://www.instagram.com/rennyprasetya/

Fasilitas yang ada di lokasi wisata satu ini tak jauh berbeda dengan Curug lainnya. Namun meski begitu tentu adanya fasilitas yang di sediakan bertujuan buat menunjang para wisatawan.

Beberapa fasilitas yang ada di tempat ini antara lain seperti :

  • Area parkir wisata yang memadai
  • Toilet / Kamar Mandi
  • Mushola
  • Gazebo
  • Spot foto menarik

Meski masih minim fasilitas tentu hal ini tidak akan mengurangi keseruan wisata kamu ketika berada di Curug Banyumas satu ini.

Nikmati setiap momen ketika berkunjung ke Curug Kembar dan ciptakan cerita terbaik tak terlupakan bersama keluarga.

Kunjungi juga –> Curug Cipendok Air terjun tertinggi di Jawa Tengah yang menakjubkan.

Spot Wisata Curug Kembar

Spot Wisata Curug Kembar
Foto : https://www.instagram.com/curug.kembar/

Sebenarnya ada beberapa hal menarik dari wisata Curug Kembar yang belum banyak orang tahu. Seperti, wisata ini sesungguhnya memiliki dua nama, tergantung dengan musim / cuaca yang terjadi.

Kembar bermakna lebih dari satu atau sepasang. Di beri nama tersebut karena ketika musim hujan, debit air amatlah tinggi. Sehingga membuat air terjun ini terbelah menjadi dua aliran.

Namun sebaliknya apabila musim panas tiba, debit air yang kecil membuat curug ini hanya mempunyai satu aliran air terjun saja. Airnya pun berubah menjadi warna hijau.

Sehingga ketika musim kemarau tiba wisata satu ini berubah nama menjadi Curug Telaga Hijau. Sedangkan ketika musim hujan tiba lokasi ini tetap menggunakan nama Curug Kembar.

Liburan tidak hanya mengenai berkeliling dan bermain saja, selain itu juga pasti butuh kenang-kenangan. Berburu foto menarik wajib di lakukan buat mengabadikan momen di wisata hits Banyumas satu ini.

Terdapat banyak spot menarik yang mampu kalian temukan buat berswafoto atau merekam video buat kebutuh sosial media kamu.

Review sebelumnya –> Curug Jenggala Aliran tiga Air Terjun yang mengalir begitu indahnya.

Tips Berkunjung

Tips Berkunjung Curug Kembar
Foto : https://www.instagram.com/curug.kembar/

Ada beberapa tips yang dapat kita bagikan buat kalian. Siapa tau mampu menjadi referensi perjalanan kamu ketika akan berkunjung kesini.

  • Perkirakan cuaca dengan baik, berkunjunglah dikala cuaca cerah supaya mampu menikmati keindahan alamnya dengan maksimal.
  • Gunakan alas kaki yang mendukung, yang pastinya tidak membuat licin.
  • Tidak melakukan kegiatan yang dapat merugikan, baik buat diri sendiri ataupun orang lain.
  • Kerap ikut serta dalam menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Turut merawat fasilitas yang ada di setiap destinasi wisata.

Demikian ulasan singkat yang mampu kami share mengenai Curug Kembar buat kalian semua. Semoga tulisan ini bermanfaat buat kalian yang akan berkunjung ke wisata ini.

Travel Vlog ke Pulau Panjang Terbaru

0