Candi Sukuh merupakan sebuah destinasi wisata yang kaya akan sejarah panjang mengenai masa berlanjut masa runtuhnya kerajaan Majapahit. Sukuh merupakan sebuah Candi Hindu yang dibangun sekitar abad 15, dan ditemukan kembali oleh Van der Vlis pada tahun 1842.

Wisata hits Karanganyar satu ini amat rekomended buat anda jelajahi masa akhir pekan dan hari libur tiba bersama keluarga. Candi Sukuh Karanganyar memiliki gaya arsitektur berbeda jikalau dibandingkan dengan Candi Hindu lainnya yang ada di Jawa Tengah.

Temukan berbagai keunikan penuh sejarah masa berkunjung ke Candi Sukuh Karanganyar Jawa Tengah yang eksotis ini. Memiliki luas area 5.500 m2 dan berdiri diatas ketinggian 1.186 mdpl membuat Candi ini memiliki udara sejuk menyegarkan khas pegunungan.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Candi Sukuh
Foto : https://www.instagram.com/wisatajateng/

Berkunjung ke sebuah destinasi wisata tak melulu soal bersenang-senang saja, mempelajari sejarah guna menambah wawasan juga tak kalah penting.

Menjelajahi peninggalan sejarah yang ada di Indonesia dan Jawa Tengah sendiri khususnya sungguhlah beragam. Mulai dari ziarah ke makam, berkunjung monumen bersejarah hingga mengelilingi candi peninggalan kerajaan.

Mendatangi destinasi wisata kaya akan sejarah biasanya diperlukan biaya yang sungguhlah ekonomis dikantong wisatawan. Begitu pula dengan candi satu ini.

Harga tiket masuk Candi Sukuh :

  • Wisatawan lokal (dalam negeri) = Rp. 7.000 per orang.
  • Wisatawan Mancanegara = Rp. 25.000 per orang.

Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam bagi pelancong buat mampu menyaksikan peninggalan kerajaan yang eksotis ini.

Biaya tiket masuk yang terjangkau menjadi salah satu alasan mengapa wisata ini tak pernah sepi.  Karena setiap harinya kerap ramai didatangi oleh wisatawan yang datang dari berbagai penjuru nusantara dan dunia.

Destinasi satu ini buka buat umum pada setiap harinya, senin hingga minggu dengan jam operasional pukul 07.00 – 15.00 wib.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat dan Rute Lokasi Candi Sukuh
Foto : https://www.instagram.com/agus__titin/

Daya tarik wisata satu ini terbilang cukup mudah buat di temukan, di dukung dengan berbagai plang penunjuk arah yang terpasang.

Destinasi Candi Sukuh ber alamat di Tambak, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.

Lokasinya kurang lebih 35 km dari pusat kota Solo, akses jalur yang mudah dilalui dengan berbagai jenis kendaraan. Jalan yang halus, tidak berkelok dapat di lewati oleh Kendaraan pribadi maupun transportasi umum seperti bus, angkot hingga ojek.

Jangan khawatir jikalau anda merasa kesulitan buat menemukan letak dari Candi Sukuh yang fenomenal.

Silahkan akses maps dibawah ini buat mempermudah perjalanan wisata anda supaya semakin menyenangkan.

Datang juga ke –> Telaga Madirda lokasi liburan favorit keluarga dengan berbagi wahana menarik.

Fasilitas

Fasilitas Candi Sukuh
Foto : https://www.instagram.com/maximos_loki/

Beragam fasilitas dapat di temukan disini, tentu bertujuan sebagai penunjang aktivitas wisata anda supaya betah berlama-lama.

Fasilitas yang tersedia berupa :

  • Tempat parkir luas.
  • Kamar mandi / toilet.
  • Mushola.
  • Gazebo.
  • Kios / Warung penjaja makanan, minuman, hingga oleh-oleh setempat.
  • Penginapan (cottage, hotel, dll)
  • Spot foto menarik.

Sesudah puas berkeliling guna menelisik beragam bangunan arca dan relief yang tersaji, jangan lupa buat istirahat sejenak. Singgah di warung yang ada dilokasi wisata buat menikmati santap makanan atau menyeruput kopi yang dapat membangkitkan kembali semangat anda.

Kunjungi juga –> Air Terjun Grojogan Sewu pesona keindahan air jernih yang mengalir dengan derasnya begitu memukau.

Spot Wisata

Spot Wisata Candi Sukuh
Foto : https://www.instagram.com/diahpprastiwi/

Tahukah anda jikalau Candi Sukuh letaknya berada di lereng Gunung Lawu dan juga dikelilingi lingkungan yang masih hijau dan asri. Membuat kawasan candi ini memiliki panorama alam memanjakan mata dan di dukung dengan kesegaran udara yang amat sejuk.

Sebelum anda memasuki kawasan Candi, wisatawan diwajibkan buat mengenakan kain poleng bermotif kotak-kotak dengan warna dominasi hitam-putih. Hal ini akan mengingatkan kita pada kain yang digunakan masa diBali, dominasi warna hitam-putih ternyata memiliki makna mengenai keseimbangan alam.

Yang menjadi ikonik dari Candi Sukuh ini ialah, bangunanya dipenuhi oleh relief yang menggambarkan berbagai hal eksplisit. Seperti bentuk rahim wanita, hingga relief posisi laki-laki dan perempuan yang terbilang cukup erotis.

Di kawasan Candi ini tersebar berbagai arca yang menjadi perlambang buat berbagai macam hal. Yang paling populer disini ialah Arca dengan wujud manusia tanpa kepala sedang memegang alat vitalnya.  Konon hal tersebut melambangkan manusia yang harus mampu mengendalikan hawa dan nafsunya.

Bermacam-macam bentuk bangunan unik yang ada jangan sampai anda lewatkan buat latar belakang berswafoto. Abadikan momen sebanyak-banyak dengan menafaatkan beragam sudut menarik buat mengahsilkan foto yang epic.

Review sebelumnya –> Agrowisata Amanah destinasi outbound favorit di Karanganyar Jawa tengah.

Tips Berkunjung

Tips Berkunjung Candi Sukuh
Foto : https://www.instagram.com/tiarhays/

Berikut beberapa tips yang mampu kita bagikan buat anda yang akan mengunjungi Candi Sukuh Karanganyar.

  • Datanglah dikala cuaca cerah juga bersahabat, jangan sampai anda datang di masa turun hujan.
  • Gunakan ootd terbaik supaya wisata anda semakin lebih menarik.
  • Tidak melakukan kegiatan yang berbahaya.
  • Biar kerap berhati-hati dan waspada dimanapun anda berada.

Semoga ulasan singkat diatas dapat bermanfaat dan mampu juga di jadikan referensi sekaligus menambah khasanah wawasan wisata anda.

Besar harapan, buat anda segera mengunjungi wisata apik Karanganyar ini dengan berbagai macam keunikan dan ke eksotisan yang ada didalamnya.

Travel Vlog ke Pulau Panjang Terbaru

0