Candi Selogriyo Magelang – Tidak hanya menjadi rumah bagi candi terbesar di dunia, kabupaten Magelang ternyata juga memiliki candi tersembunyi yang tidak kalah menarik. Candi yang berada di magelang ini memang menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang patut kamu kunjungi.

Candi Hindu ini berada di ketinggian 740 Mdpl ini dikelilingi oleh perbukitan seperti bukit Giyanti, bukit Malang, dan bukit Condong. Tidak seperti kebanyakan candi Hindu yang memiliki candi pendamping, Candi Selogriyo ini hanya berdiri sendiri.

Candi Selogriyo Magelang pertama kali ditemukan oleh Hartman pada tahun 1835. Pada tahun 1998, candi ini sempat hancur akibat adanya longsor di bukit tempat candi berdiri. Candi Selogriyo direkonstruksi sekaligus dipindah pada tahun 2000 biar tidak lagi hancur akibat longsor dan selesai pada tahun 2005.

Lokasi Candi Selogriyo

Candi Selogriyo terletak di Desa Candisari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Buat dapat sampai di tempat wisata candi ini terdapat dua rute yang dapat ditempuh, pertama via Kecamatan Badongan.

Rute via Badongan merupakan jalur yang paing mudah. Kamu tinggal mengikuti penunjuk arah ke Windusari.

Rute kedua adalah via Kecamatan Secang. Jalur ini lebih jauh daripada rute pertama, tetapi kamu akan disuguhkan pemdangan alam yang indah. Kamu dapat mengikuti penunjuk arah ke obyek wisata Kalibening kemudian berbelok menuju Dusun Selogriyo.

Biar lebih mudah, kamu juga dapat memanfaatkan Google Maps.

Harga Tiket Masuk dan Jam Opersional

Harga tiket masuk menuju Candi Selogriyo tidak mahal, hanya Rp. 5.000. Selain itu, hanya ada biaya parkir motor atau mobil. Murah, bukan?

Jam operasional Candi Selogriyo, Magelang ini mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB dan dibuka setiap hari.

Tips Berwisata ke Candi Selogriyo

Ada beberapa tips bakal kamu yang tertarik mengunjungi Candi Selogriyo, Magelang, antara lain:

  1. Disarankan menggunakan motor karena jalur menuju ke candi hanya cukup bakal kendaraan roda dua satu arah.
  2. Jagalah kebersihan dan jangan mencoret-coret dinding candi.
  3. Jangan membawa bebatuan dari candi.
  4. Datanglah selagi pagi hari atau sore hari bakal suasana terbaiknya.

Tempat WIsata Terdekat di Magelang

Berikut informasi tempat wisata rekomendasi lainnya di magelang bakal kamu, jikalau kamu mau mampir seusai berkunjung ke candi selogriyo ini :

Catatan : Buat informasi harga tiket, fasilitas dan hal menarik lainnya dapat berubah-ubah sesuai dengan ketentuan dan pengelolaan dari pengelola tempat wisata Candi Selogriyo Magelang, kemudian lebih baik memang tanyakan terlebih dahulu secara detail perihal info wisata nya.

0