Candi Mendut Magelang – Candi Mendut merupakan salah satu candi Budha yang tekenal. Candi yang ditemukan pada tahun 1836 ini hanya berjarak sekitar 3 km dari Candi Borobudur. Candi Mendut ini menghadap barat laut, berbeda dengan candi-candi secara umum yang menghadap ke timur. Di dalam ruangan candi terdapat 3 arca setinggi 3 meter. Ke-tiga arca tersebut merupakan Buddha Sakyamuni, Bodhisattva Avalokiteswara, dan Maitreya.

Selain itu, di lokasi yang tidak jauh, terdapat pohon bodhi. Pohon ini dipercaya menjadi tempat Buddha memperoleh pencerahan.

Lokasi Candi Mendut

Candi Mendut Magelang ini terletak di Jalan Magelang Sumberrejo, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.
Jalan menuju Candi ini memang mudah, tetapi jalannya cukup berbelok-belok. Kamu juga mampu menemukan arah menuju Candi ini lewat Google Maps dibawah ini :

Harga Tiket Masuk

Supaya mampu menikmati keindahan Candi Mendut, Magelang kamu akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp10.000. Belum termasuk biaya parkir sebesar Rp2.000 buat motor dan Rp5.000 buat mobil.

Waktu Operasional

Waktu operasional Candi Mendut, Magelang merupakan pukul 07.00 hingga 19.00 WIB. Candi Mendut juga buka setiap hari buat melayani para wisatawan.

Aktivitas di Candi Mendut

Saat berkunjung ke Candi yang berada di magelang ini, kamu mampu melihat relief yang ada di candi ini. Kamu juga mampu mempelajari sejarah di dalamnya. Ada beberapa tokoh yang ditampilkan di dalam relief, seperti Kuwara dan Hariti. Keduanya merupakan raksasa pemakan manusia yang kemudian bertobat.

Relief ini mampu dilihat di bagian utara. Relief Dewi Tara dengan 8 tangan yang memegang kitab, cawan, cakra, kapak, tongkat, tiram, tasbih, dan wajra. Ditambah dengan relief Sarwaniwaranawiskhambi di bagian barat depan candi.

Selain mempelajari sejarahnya, kamu tentu mampu berfoto di sejumlah tempat, termasuk di bangunan candi.

Fasilitas Candi Mendut

Candi Mendut memiliki fasilitas umum yang cukup memadai. Di antaranya seperti tempat parkir yang luas, toilet, dan warung makanan dan minuman di sekitar kawasan Candi. Meskipun belum terlalu lengkap, tetapi fasilitas ini cukup buat memadai kebutuhan wisata kamu.

Tempat Wisata Terdekat di Magelang

Ada banyak tempat wisata di magelang, kamu mampu berkunjung juga berkunjung ke tempat wisata yang rekomended berikut ini :

Demikian informasi lengkapnya tentang tempat wisata candi mendut magelang ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa membagikan informasi penting ini ke keluarga, sanak saudar hingga teman yang membutuhkan informasi seputar candi di magelang ini.

Catatan : Buat informasi harga tiket, fasilitas dan hal menarik lainnya mampu berubah-ubah sesuai dengan ketentuan dan pengelolaan dari pengelola tempat wisata Candi Mendut Magelang, kemudian lebih baik memang tanyakan terlebih dahulu secara detail tentang info wisata nya.

0