Candi Kethek merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi penginggalan bersejarah yang kota Karanganyar Jawa Tengah miliki. Dari namanya sendiri, kethek merupakan bahasa jawa, yang bila di artikan dalam indonesia memiliki arti atau maksud kera / monyet.

Wisata hits Karanganyar ini sungguh rekomended buat anda jelajahi kali hari libur atau akhir pekan tiba bersama kawan dan sahabat. Candi Kethek Karanganyar memiliki struktur bangunan eksotis, dengan arca dan reliefnya yang begitu nyentrik dan unik.

Destinasi yang berada di lereng barat laut Gunung Lawu ini merupakan candi Hindu dengan bertingkat megalitik berbentuk piramida. Candi Kethek Karanganyar Jawa Tengah memiliki spot instagenic  yang akan membuat foto anda menjadi semakin menarik.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Candi Kethek
Foto : https://www.instagram.com/yo_serlie/

Menjelajahi ke aneka ragaman destinasi wisata sungguh akan lebih menyenangkan jikalau ditemani bersama kelaurga ataupun orang tersayang. Menikmati keindahan alam, berburu kuliner hingga belajar sejarah di sebuah destinasi akan menjadi aktivitas wisata yang menarik.

Karanganyar sendiri memang terkenal dengan berbagai lokasi daya tarik wisata menarik yang sering ramai dipenuhi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Selain karena keindahan dan keunikannya, destinasi di kota Karanganyar Jawa Tengah juga dikenal dengan wisata murah meriah.

Bagaimana tidak, buat sanggup menyaksikan langsung Candi Hindu yang kaya akan sejarah ini, pengunjung tidak harus merogoh kocek terlalu dalam.  Karena harga tiket masuk yang di tetapkan sangat-sangat ekonomis di kantong wisatawan.

Harga tiket masuk umumnya dibedakan kali weekday atau hari biasa dan juga kala hari libur atau weekend. Rinciannya sebagai berikut :

  • Rp. 7.500 per orang –> Hari Biasa / weekday (Senin – Jum’at)
  • Rp. 10.000 per orang –> Weekend / Hari Libur

Dengan harga tiket yang ekonomis, pengunjung telah sanggup menikmati pesona keindahan Candi Hindu yang eksotis dan kaya akan sejarah ini.

Pengunjung sanggup datang kapan saja ke lokasi ini dengan mengikuti ketentuan jam operasional yang berlaku. Ber operasi setiap hari dari senin hingga minggu dengan jam operasional pukul 08.00 – 18.00 wib.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat dan Rute Lokasi Candi Kethek
Foto : https://www.instagram.com/emy_ylan/

Lokasi candi bersejarah ini terletak di lereng barat Gunung Lawu, selain itu juga bangunan ini berada pada ketinggian 1486 mdpl. Hal tersebut membuat wisata Karanganyar satu ini memiliki udara sejuk khas pegunungan dengan panorama keindahan alam yang memukau.

Buat lokasinya sendiri, Candi Kethek beralamat lengkap di lereng lawu, Anggrasmanis, Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.

 

Akses jalan buat menuju lokasi terbilang cukup bagus dan aman buat dilalui oleh berbagai jenis kendaraan. Sepeda motor hingga kendaraan roda empat akan dengan mudah melintas di jalur tersebut.

Namun jikalau tampaknya anda masih merasa kesulitan buat menemukan lokasinya, tak perlu khawatir. Silahkan klik maps dibawah ini buat rute yang akan mempermudah perjalanan anda buat sampai di tujuan.

Datang juga ke –> Agrowisata Amanah daya tarik wisata yang sungguh populer dengan beragam aktivitas wisata menarik buat keluarga.

Fasilitas

Fasilitas Candi Kethek
Foto : https://www.instagram.com/khrisnaagr_/

Beragam fasilitas dapat anda temukan disini, tentu yang bertujuan buat menunjang para wisatawan biar betah berlama-lama di lokasi ini.

Fasilitas yang ada di Candi Kethek antara lain merupakan :

  • Tempat parkir wisata yang memadai
  • Pusat informasi
  • Toilet / kamar mandi
  • Gazebo, tempat buat anda bersantai
  • Penjaja makanan dan minuman
  • Warung wisata
  • Spot foto menarik

Nikmati beragam fasilitas yang ada biar aktivitas wisata anda disini menjadi semakin asyik dan juga menyenangkan pastinya.

Jangan lupa buat sering bersama-sama menjaga kelestarian alam ya, dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Kunjungi juga –> Candi Sukuh sebuah bangunan candi yang dikenal dengan arca dan reliefnya terkesan ‘mesum’.

Spot Wisata

Spot Wisata Candi Kethek
Foto : https://www.instagram.com/anthonyjoddie/

Informasi buat menambah wawasan anda nih, bahwa daya tarik wisata ini dibangun pada sekitar abad 15 – 16 oleh kerajaan mataram. Mulai digali/ekskavasi pada tahun 2005, yang akhirnya sampai hari ini menjadi salah satu wisata menarik anti mainstream di Karanganyar.

Bentuk bangunan yang unik tentu menjadi menu utama di candi ini, seperti arca kura-kura dan masih banyak lagi yang lainnya. Karena letaknya berada di ketinggian, membuat candi ini memiliki udara sejuk khas pegunungan yang akan membuat pengunjung merasa nyaman.

Selain itu anda juga sanggup belajar sejarah di wisata budaya yang kaya akan cerita masa terus kerajaan ini. Dengan menyimak berbagai bentuk arca dan relief peninggalan zaman dahulu.

Berburu foto jangan sampai anda lewatkan, manfaatkan tiap sudut menarik yang Candi Kethek miliki buat menjadi latar belakang berswafoto. Banyak sekali spot instagramable buat membuat foto anda menjadi semakin apik.

Revie sebelumnya –> Taman Bintang destinasi wisata alam dengan spot foto anti mainstream.

Tips Berkunjung

Tips Berkunjung Candi Kethek
Foto : https://www.instagram.com/jezcanu/
  • Pastikan waktu kedatangan anda dengan baik, jangan sampai anda datang dikala cuaca kurang bersahabat.
  • Gunakan ootd terbaik biar hasil foto anda semakin menarik.
  • Senantiasa menjaga tingkah laku dan juga tutur kata anda kali berada di dalam.
  • Tetap berhati-hati dan juga waspada dimanapun anda berada.
  • Jangan melakukan tindakan ataupun aktivitas yang membahayakan dan juga merugikan.

Demikian ulasan singkat Candi Kethek Karanganyar yang sanggup kita bagikan buat anda sekalian. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan khasanah perwisataan anda.

Selamat berlibur semuanya.

Travel Vlog ke Pulau Panjang Terbaru

0