Resep Wedang Ronde Jahe Sederhana Spesial Asli Enak. Minuman wedang ronde dapat Anda buat istimewa dengan menambahkan isi kacang tanah sangrai yang dicampur gula pasir dan garam resep ini sebagai bahan isian ronde. Buat tampilan ronde dapat dibuat dengan warna warni menarik seperti wedang ronde rainbow atau pelangi. Wedang ronde isi kacang tanah ini amat populer sebagai minuman hangat menyegarkan di Jogja, Solo, dan daerah Jawa. Kini menyebar banyak dijual di kota-kota di Indonesia, seperti Bandung, Jogja atau Yogyakarta, Jakarta, dll. Ciri khas minuman ini ialah bola-bola bulatan sebesar kelereng dengan warna warni merah, pink, dan hijau dengan isi kacang tanah jadi berbeda dengan wedang jahe angkringan atau wedang jahe susu khas ala angkringan Jogja.

Foto Resep Wedang Ronde Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Wedang Ronde Sederhana Spesial

Minuman hangat atau panas berikut amat menghangatkan tubuh kita dari segala kerutinan rakyat kecil (Wong Cilik). Kalau menu wedang ronde ini biasanya disajikan hangat. Karena banyak khasiat yang terkandung dalam berbagai rempah-rempah yang menjadi bahan dasarnya. Ronde dibuat dari tepung beras yang diisi dengan kacang tanah. Minuman ini amat cocok buat menghangatkan tubuh pada kala hujan atau cuaca dingin dengan bersalju cuaca ekstrim. Baca : Resep Bandrek

Macam – macam jenis minuman wedang ronde ini lumayan banyak karena hampir setiap daerah di Jawa membuat aneka kreasi yang berbeda-beda, seperti contoh pada wedang ronde Bandung berbeda dengan wedang ronde Jogja, Yogyakarta, begitu juga dengan wedang ronde Solo, wedang ronde Semarang, wedang ronde Bandung, masing-masing daerah memiliki khas wedang rondenya. Sedangkan minuman hangat wedang itu sendiri ada wedang ronde, wedang jahe, wedang uwuh, dsb. Baca : Resep Bajigur

Menurut situs Wikipedia Wedang jahe (bahasa Indonesia: “Teh jahe”) yaitu hidangan minuman teh jahe tradisional dari daerah Jawa Tengah dan Timur, Indonesia yang umumnya dihidangkan panas. “Wedang” sendiri yaitu bahasa Jawa yang berarti “minuman panas”, namun dalam hal ini berarti “teh”. Walaupun tanpa kandungan kafein, minuman ini sering kali disajikan dan dinikmati seperti teh. Minuman ini dibuat dari gula jahe dan kelapa / gula batu. Masyarakat Indonesia juga menggunakan jahe bubuk atau sirup jahe sebagai bahan umum di resep tradisional mereka.

Sedangkan arti Ronde yaitu makanan tradisional China dengan nama asli Tāngyuán (Hanzi=湯圓;penyederhanaan=汤圆; hanyu pinyin=tāngyuán). Nama tangyuan merupakan metafora dari reuni keluarga (Hanzi=團圓;penyederhanaan=团圆) yang dibaca tuányuán (menyerupai tangyuan). Ronde terbuat dari tepung ketan yang dicampur sedikit air dan dibentuk menjadi bola, direbus, dan disajikan dengan kuah manis. Ukurannya dapat kecil atau besar, diberi isi maupun tidak. Masyarakat China biasa mengonsumsi tangyuan kala festival Yuanxiao atau Festival Lampion atau Festival Dongzhi (Hanzi=冬至;penyederhanaan=冬至; Korea=동지;Vietnam=Đông chí; Indonesia=Hari Wedang Ronde)atau pada setiap kesempatan diadakan perkumpulan keluarga, misalnya kala pesta pernikahan. Jadi wedang ronde sendiri yaitu minuman hangat atau panas jahe yang ada ronde semacam cendol berbentuk bulat dapat ada isi dan tanpa isi buat ronde yang sederhana. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi wedang ronde jahe isi kacang tanah sajian sedap istimewa yang ada isi kacang yang lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis buat konsumsi sendiri atau buat jualan ide usaha bisnis dagang wedang ronde keliling kampung pakai gerobak roda mangkal di pinggir jalan kaki lima bahkan jadi menu restoran ala cafe resto cepat saji.

RESEP WEDANG RONDE JAHE ISI KACANG

Foto Wedang Ronde Pelangi Bandung
Wedang Ronde Pelangi Bandung

BAHAN RONDE :

  • 150 gram tepung ketan putih
  • 1/4 sdt garam
  • 135 ml air hangat
  • 2 tetes pewarna hijau tua
  • 2 tetes pewarna merah cabai

BAHAN ISI :

  • 50 gram kacang tanah kupas, disangrai
  • 25 gram gula pasir
  • 1/8 sdt garam

BAHAN SIRUP JAHE :

  • 2.000 ml air
  • 400 gram gula pasir
  • 400 gram jahe, dibakar, dimemarkan, (boleh gunakan jahe kuning atau jahe merah)
  • 1 sdt garam
  • 4 lembar daun pandan
  • 6 batang serai, dimemarkan

BAHAN PELENGKAP :

  • 200 gram kolang-kaling, direbus, diiris
  • 3 buah roti tawar tanpa kulit, dipotong kotak
  • 25 gram sagu mutiara merah
  • 1 kaleng (200 gram) lengkeng, ditiriskan

CARA MEMBUAT WEDANG RONDE JAHE :

  1. Cara Membuat Isi Ronde, blender kacang tanah hangat-hangat, gula pasir , dan garam sampai rata. Bentuk menjadi bulatan kecil-kecil. Sisihkan.
  2. Ronde, campur tepung ketan dan garam. Aduk rata. Tambahkan air hangat sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis.
  3. Bagi adonan menjadi tiga bagian. Satu bagian tambahkan pewarna merah, satu bagian tambahkan pewarna hijau, dan sisanya biarkan putih. Aduk rata masing-masing adonan.
  4. Ambil sedikit bahan ronde. Pipihkan. Beri isi. Bentuk bulat. Lakukan sampai adonan habis.
  5. Didihkan air. Masukkan bola-bola ketan. Rebus hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.
  6. Sirup jahe, rebus air, gula pasir, jahe,daun pandan, dan serai dengan api kecil sampai mendidih dan harum.
  7. Sajikan ronde bersama sirup jahe serta pelengkapnya buat 8 porsi.
0