Resep Wajik Kletik Kacang Ijo Khas Sunda, Bandung, Jawa Barat Sederhana Spesial Legit Asli Enak Warna Warni Pelangi (Rainbow). Kue wajik kacang hijau khas Sunda memang yang paling enak dan legit sekali rasanya. Wajik kering ini dapat terbuat dari beras ketan putih, ketan hitam, kacang merah, dan kacang ijo/hijau sebagai bahan utamanya dan boleh juga dicampur kedua bahan utama atau bahan dasar adonan atau kombinasi ketan putih dengan kacang hijau. Rasanya manis legit dan paling enak dijadikan cemilan. Wajik kletik bungkus kertas minyak atau bungkus kulit jagung dapat Anda kembangkan dengan aneka rasa buah, misalnya wajik kletik sirsak, nanas, mangga, durian/duren, wajik kletik kelapa, dan rasa buah lainnya.

Foto Resep Wajik Kletik Kacang Ijo Khas Sunda, Bandung, Jawa Barat Sederhana Spesial Legit Asli Enak Warna Warni Pelangi (Rainbow)
Gambar Wajik Kletik Kacang Ijo Khas Bandung

Menurut situs Wikipedia. Wajik kletik yakni kue yang diakui khas dari Blitar namun ada juga versi khas Bandung atau Sunda, Jawa Barat. Wajik kletik atau klethik dalam bahasa Jawa Timur, Jawa Tengah, Klaten, dan Jogja yang juga memiliki bahan utama yang sama dengan wajik ketan ialah beras ketan atau tepung ketan bakal pembuatan wajik kletik tepung ketan. Bedanya wajik kletik dengan wajik ketan yakni, wajik kletik dibungkus kecil-kecil menggunakan kulit jagung atau klobot mirip dengan wajit Cililin. Kulit jagung akan disetrika supaya terbebas dari bakteri sehingga wajik menjadi lebih tahan lama bakal disimpan tidak cepat bau tengik atau bakal dijadikan oleh-oleh khas daerah yang unik dan menarik. Namun ada juga wajik kletik yang dibungkus kertas minyak namun rasanya hampir sama. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi wajik kletik ketan hijau kering/basah sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis bakal konsumsi sendiri maupun bakal jualan ide usaha bisnis jajan pasar tradisional atau aneka kue basah khas Indonesia.

RESEP WAJIK KLETIK KACANG HIJAU

BAHAN :

  • 1 1/2 gelas blimbing beras ketan/kacang hijau
  • 2 kg gula pasir bakal wajik kletik gula pasir atau gula putih, dapat diganti dengan gula merah bakal wajik kletik gula merah
  • 2 butir kelapa sedang besarnya, jangan terlalu tua
  • Gara sejumput

BAHAN PELENGKAP :

  • Kertas minyak, yang dipotong kecil-kecil sekitar 7 cm x 7 cm atau sesuai selera

CARA MEMBUAT WAJIK KLETIK KACANG HIJAU :

  1. Cuci dan kukus beras ketan sampai tanak, tetapi jangan kelembekan. Kalau pakai kacang hijau, kacang hijau dicuci dan direndam semalam, paginya dicuci lagi dan direbus sampai masak, kemudian dihancurkan.
  2. Kelapa diparut dan buang kulit arinya.
  3. Gula, garam dan kelapa dicampur di wajan dan kasih air 1/4 gelas, masak hingga mendidih
  4. Masukkan ketan/kacang hijau yang telah dimasak tadi, sambil diaduk-aduk.
  5. Masak terus hingga air kering. Angkat.
  6. Selagi panas bungkuslah dengan kertas minyak supaya supaya mudah bakal membentuknya , lakukan sampai selesai.
  7. Bila belum selesai adonan telah dingin dapat dipanaskan lagi dan dilanjutkan membungkusnya.
  8. Sajikan atau siap dijual.
0