Resep Tumis Bunga Pepaya Supaya Tidak Pahit Khas Manado Sederhana Spesial Asli Enak. bunga pepaya yaitu rasanya yang sedikit pahit namun kaya manfaat dan memiliki khasiat tetapi jikalau diolah dengan baik rasa pahit akan berkurang ialah caranya dengan memasak oseng atau tumis kering dengan bumbu spesial ditambah rasa pedas, manis dan gurih dari potongan cabai yang akan menutupi sedikit rasa pahit dari bunga kates dan daun kates yang telah ada tips atau cara menghilangkan rasa pahitnya yang dibagikan dibawah artikel.

Foto Tumis Bunga Pepaya Tidak Pahit
Kembang Bunga Pepaya/Kates

Pepaya (Carica papaya L.), atau betik yaitu tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis buat diambil buahnya. C. papaya yaitu satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, “papaja”, yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, “papaya”. Dalam bahasa Jawa pepaya disebut “katès” dan dalam bahasa Sunda “gedang”.

Baca Juga : Resep Daun Pepaya

Rasa yang pahit sama seperti daun pepaya. Hal ini disebabkan oleh kandungan Alkaloid Carpein atau C14H25No2. Senyawa ini ditemukan oleh Dr.Carpein di tahun 1980. Berdasarkan penelitian lanjutan, diketemukan fakta bahwa zat alkaloid carpein ini dapat digunakan buat mengobati penyakit jantung. Selain mengandung senyawa alkaloid carpein, bunga pepaya juga diketahui mengandung tanin, steroid, flavanoid, triterpenoid, serat alami dan juga karbohidrat. Berdasarkan uji kinis, ternyata senyawa yang terdapat dalam bunga pepaya ini amat ampuh melumpuhkan pengaruh radikal bebas di dalam tubuh manusia dan juga membersikan darah. Konon katanya bunga pepaya cocok buat ibu hamil.

Cara Mengolah Bunga Pepaya supaya tidak pahit :

Ada banyak tips cara mengurangi rasa pahit pada bunga pepaya atau bunga kates salah satunya yaitu dengan proses merebusnya pake air asam jawa direbus sampai empuk, atau buat mendapatkan khasiat bunga pepaya gantung ini, tentu diperlukan ketelatenan dalam hal konsumsi. Bagi Anda yang tak menyukai rasa pahit bunga pepaya, jangan takut sebab ada banyak tips dan trik buat mereduksi rasa pahit tersebut. Salah satunya yaitu dengan merebus bunga pepaya dengan daun jambu air sebelum diolah menjadi tumisan dan jenis kuliner lainnya. Cara lainnya dengan mengurapi bunga pepaya dengan garam supaya getahnya hilang. Ada juga dengan trik mencampurnya dengan bahan sayur lain atau ikan, ayam, dan daging seperti sayur kangkung, kol, daun singkong, dll, ada yang menggunakan bumbu rica-rica khas manado dan tumis pepaya ikan cakalang. Bagaimana tertarik masak tumis bunga pepaya dan siap menyantapnya ? ikuti resep tumis oseng bunga pepaya teri medan dan daun pepaya atau teri palembang. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi tumis bunga dan daun pepaya supaya tidak pahit sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis buat konsumsi sendiri maupun buat jualan ide usaha bisnis rumah makan dan menu restoran.

RESEP TUMIS BUNGA PEPAYA TERI MEDAN

BAHAN :

  • 75 gram kembang/bunga pepaya segar
  • 2 lembar daun pepaya
  • 15 gr teri medan atau teri palembang
  • 2 lbr daun jeruk
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng
  • 1 sdm Asam Jawa
  • Air buat merebus bunga pepaya

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Manisan Pepaya

BUMBU HALUSKAN :

  • 1 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 8 buah cabai merah atau cabai rawit hijau.

CARA MEMASAK TUMIS BUNGA PEPAYA :

  1. Cuci bunga pepaya dan daun pepaya terlebih dahulu terus rebus bersama asam jawa sepanjang 15 menit hingga layu, dan rebus daun pepaya hingga empuk. Tiriskan
  2. Peras air rebusan daun pepaya diatas saringan supaya tidak terlalu pahit, terus potong-potong kecil.
  3. Cuci ikan teri dan goreng kering, sisihkan.
  4. Siapkan wajan dan tumis bumbu halus bersama dengan daun jeruk hingga matang dan harum.
  5. Masukkan teri goreng, bunga pepaya dan daun pepaya, terus tuang sedikit air.
  6. Beri garam dan gula pasir secukupnya, aduk hingga merata. Angkat dan sajikan.

RESEP TUMIS BUNGA PEPAYA IKAN CAKALANG ASAP SAUS TIRAM

Tumis Bunga Pepaya ikan Cakalang Tidak Pahit Saos Tiram Ala Dapur Umami

Foto Tumis Bunga Pepaya Tidak Pahit Saos Tiram Ala Dapur Umami
Gambar Tumis Bunga Pepaya Dapur Umami

BAHAN :

  • 150 gram Bunga pepaya
  • 6 lbr Daun jambu biji
  • 150 gram Ikan cakalang asap
  • 3 siung Bawang merah
  • 3 siung Bawang putih
  • 3 buah Cabai merah
  • 2 buah Cabai hijau
  • 1 bks SAORI® Saus Tiram
  • 3 sdm Minyak goreng
  • 100 ml Air

CARA MEMASAK BUNGA PEPAYA IKAN CAKALANG ASAP SAUS TIRAM :

  1. Iris iris bawang merah, bawang putih, cabai hijau, dan cabai merah.
  2. Rebus bunga pepaya dan daun jambu hingga matang. Buang daun jambu dan tiriskan bunga pepaya.
  3. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau, dan cakalang hingga harum.
  4. Masukkan bunga pepaya, air, dan SAORI® Saus Tiram, masak hingga matang, angkat.
  5. Sajikan.

TIPS & TRICKS :

Cara Menghilangkan Rasa Pahit Pada Bunga Pepaya atau Kembang kates :

Bunga papaya biasanya mempunyai cita rasa yang pahit sama halnya dengan masakan dari daun pepaya memang dari bunga sama dan daun pepaya memiliki getah pahit. Namun dengan cara yang tepat, bunga pepaya dapat dijadikan hidangan yang lezat tanpa rasa pahit. Berikut yaitu cara buat menghilangkan rasa pahit pada bunga pepaya dan daun pepaya :

  1. Remas-remas bunga pepaya dengan garam, terus diamkan sepanjang 10 menit, kemudian bilas.
  2. Rebus bunga pepaya bersamaan dengan daun jambu. Daun jambu berfungsi buat menyerap rasa pahit dari bunga pepaya.
0