Resep Selai Strawberry Kasar Alami Buatan Sendiri Sederhana Spesial Asli Enak Tanpa Pengawet. Selai strawberry pada resep ini teksturnya masih ada kasar-kasarnya tidak halus seperti selai pada umumnya yang dijual di pasaran yang kental mirip jelly karena tanpa blender pada proses penghalusan cukup pakai sendok makan ditekan-tekan dan hanya memakai 3 bahan saja lebih ekonomis dan berkualitas kalau mau seperti selai strawberry goldenfil yang 50% buah strawberry juga sanggup atau seperti selai-selai merk lain juga sanggup, biasanya ditambahkan citroen dan pewarna merah jadi selai stroberi menjadi lebih kental dan kenyal, bahkan ada yang membuat selai stroberi tanpa stroberi malah selai strawberry dari pepaya, sepertinya inilah yang disebut selai strawberry kw atau palsu. Jadi resep dan komposisi tergantung selera masing-masing.

Foto Resep Selai Strawberry Kasar Alami Buatan Sendiri Sederhana Spesial Asli Enak Tanpa Pengawet
Gambar Selai Strawberry Kasar

Menurut situs Wikipedia. Selai atau selei (bahasa Inggris: jam, bahasa Prancis: confiture) ialah salah satu jenis makanan awetan berupa sari buah atau buah-buahan yang telah dihancurkan, ditambah gula dan dimasak hingga kental atau berbentuk setengah padat. Selai tidak dimakan begitu saja, melainkan sebagai olesan buat dioleskan di atas roti tawar atau sebagai bahan isian atau isi roti manis. Selai juga sering digunakan sebagai isi pada kue-kue seperti kue Nastar atau pemanis pada minuman, seperti yogurt dan es krim serta buat minuman kekinian, seperti pada minuman khas SURUPUT yang namanya Strawberry Matcha Latte disingkat SML yang racikannya pas dan rasanya enak banget sanggup lihat di Instgramnya SURUPUT KAPEH.

Selai yang di dalamnya masih ditemukan potongan buah dalam berbagai ukuran disebut preserve atau conserves, sedangkan selai yang dibuat dari sari buah dan kulit buah genus Citrus disebut marmalade.

Pektin yang dikandung buah-buahan atau sari buah bereaksi dengan gula dan asam membuat selai menjadi kental. Buah-buahan dengan kadar pektin atau keasaman yang rendah perlu ditambahkan pektin atau asam supaya selai sanggup menjadi kental.

Buah-buahan yang dijadikan selai biasanya buah yang telah masak, tetapi tidak terlalu matang dan mempunyai rasa sedikit masam. Buah-buahan yang umum dijadikan selai, misalnya: stroberi, blueberi, selai blackberry, aprikot, apel, anggur, pir, dan fig. Selain itu, selai sanggup dibuat dari sayur-sayuran seperti wortel dan seledri.
Di Indonesia, sebagian besar selai dibuat dari buah-buahan tropis seperti: selai nanas, lobi-lobi, srikaya, jambu biji, pala, pepaya, dan ceremai. Selai kacang ialah sebutan bahasa Indonesia buat peanut butter yang dibuat dari kacang tanah yang telah dihaluskan dicampur mentega dan atau margarin.

Anda boleh menambahkan air ke dalam adonan strawberry ini. Tetapi kalau pada resep ini tidak menambahkan air atau tanpa air, tanpa lemon, karena air itu hanya akan memperlambat proses pemasakan nanti. Jadi cukup dengan adonan strawberry kasar itu saja. Kalau tidak suka gula boleh dibuat selai strawberry tanpa gula hanya saja rasanya kurang manis dan cenderung terasa asam-asam manis. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi selai strawberry jam asli yang bagus jadi bukan kw atau abal-abal sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis buat konsumsi sendiri maupun buat jualan ide usaha bisnis toko selai buah asli kiloan harga murah meriah dan terjangkau pasti laris manis baik buat roti maupun buat minuman sanggup jual di supermarket, minimarket seperti Alfamart, Indomaret, toko mata air, dll.

RESEP SELAI STRAWBERRY

BAHAN :

  • 1 kg buah strawberry segar
  • 1/2 sdt garam
  • 1 kg gula pasir atau secukupnya

CARA MEMBUAT SELAI STRAWBERRY :

  1. Masukkan buah strawberry yang pernah dicuci bersi ke dalam mangkok berlanjut haluskan strawberry menggunakan sendok. Sesudah semuanya dihaluskan berlanjut aduk-aduk.
  2. Masukkan strawberry halus ke dalam wajan.
  3. Masak dengan api kecil.
  4. Masukkan garam.
  5. Sesudah itu masukkan gula. Berlanjut aduk sampai larut. Perlahan-lahan naikkan api, tunggu sampai mendidih dan biarkan, berlanjut aduk sesekali. Tunggu sampai kental. Sesudah kental, selai strawberry telah siap disajikan.
  6. Sajikan.

TIPS & TRICKS :

  • Tips buat mengetahui selai strawberry telah kental atau belum, ambil 1 sendok letakkan di piring lihat apa selai tersebut geser atau tidak.
0