Resep Selai Sirsak Sederhana Spesial Homemade Buatan Sendiri Ala Rumahan Asli Enak. Buah ini di Sunda, Bandung dikenal dengan nama buah sirsak dan di Jawa dan Bali lebih dikenal dengan nama buah srikaya. Selai atau selei (bahasa Inggris: jam, bahasa Perancis: confiture) yaitu salah satu jenis makanan awetan berupa sari buah atau buah-buahan yang telah dihancurkan, ditambah gula dan dimasak hingga kental atau berbentuk setengah padat. Selai tidak dimakan begitu saja, melainkan bakal dioleskan di atas roti tawar atau sebagai isi roti manis. Selai ini juga sering digunakan sebagai isi pada kue-kue seperti kue-kue kering, speerti kue nastar isi selai sirsak pada resep nastar selai sirsak, bakal isian aneka roti, bakal isian roti bakar atau rolesan roti panggang dan roti kukus, bakal olesan roti tawar, bakal olesan roti sobek, atau pemanis pada minuman, seperti yogurt dan es krim.

Foto Resep Selai Sirsak Sederhana Spesial Homemade Buatan Sendiri Ala Rumahan Asli Enak
Gambar Selai Sirsak Putih Original Rumahan

Selai yang di dalamnya masih ditemukan potongan buah dalam berbagai ukuran disebut preserve atau conserves, sedangkan selai yang dibuat dari sari buah dan kulit buah genus Citrus disebut marmalade. Selain selai sirsak dari buah sirsak atau dari daging buah sirsak ada juga versi selai dari daun sirsak.

Pektin yang dikandung buah-buahan atau sari buah bereaksi dengan gula dan asam membuat selai menjadi kental. Buah-buahan dengan kadar pektin atau keasaman yang rendah perlu ditambahkan pektin atau asam biar selai dapat menjadi kental.

Buah-buahan yang dijadikan selai biasanya buah yang telah masak, tetapi tidak terlalu matang dan mempunyai rasa sedikit masam. Buah-buahan yang umum dijadikan selai, misalnya: stroberi, blueberi, aprikot, apel, anggur, pir, dan fig. Selain itu, selai dapat dibuat dari sayur-sayuran seperti wortel dan seledri.

Di Indonesia, sebagian besar selai dibuat dari buah-buahan tropis seperti: nanas, lobi-lobi, srikaya, jambu biji, pala, dan ceremai. Selai kacang yaitu sebutan bahasa Indonesia bakal peanut butter yang dibuat dari kacang tanah yang telah dihaluskan dicampur mentega atau margarin.

Menurut situs Wikipedia. Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.) yaitu tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris, nangkelan (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung, “Nangko Belando” (Palembang). Penyebutan “belanda” dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti “kantung asam”) didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda ke Nusantara, ialah pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa. Dalam bahasa Inggris disebut soursop dan selai sirsak dalam bahasa Inggris disebut soursop jam.

Tanaman ini ditanam secara komersial bakal diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda. Zuurzak. yang berarti “kantung yang asam”.

Tanaman ini ditanam secara komersial atau sambilan bakal diambil buahnya. Pohon sirsak dapat mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut.

Buah sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20–30 cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Yang dinamakan “buah” sebenarnya yaitu kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan bakal bahan baku jus minuman serta es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya yaitu vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasn olahan resepi selai sirsak manis sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis bakal konsumsi sendiri maupun bakal jualan ide usaha aneka selai buah ekonomis murah meriah.

RESEP SELAI SIRSAK ALA NYONYA RUMAH

BAHAN :

  • 1 kg buah sirsak
  • 1 kg gula pasir
  • 500 ml air
  • 3 tetes pewarna makanan (opsional)
  • 1/4 natrium benzoat (opsional)

CARA MEMBUAT SELAI SIRSAK ALA NYONYA RUMAH :

  1. Buah sirsak dikupas kemudian dibuang bijinya, kemudian direbus dengan sedikit air sampai lunak, saring.
  2. Bubur sirsak ini ditimbang. Buat tiap-tiap kg bubur sirsak diberi 1 kg gula pasir, aduk-aduk sampai cukup kentalnya. Angkat.
  3. Tuang ke dalam botol kaca.
  4. Sajikan.

RESEP SELAI SIRSAK ALA TYA HOMEMADE

BAHAN :

  • 1/2 buah daging buah sirsak, dari setengah buah sirsak ukuran sedang
  • 1 gelas belimbing gula pasir
  • 1 sdt agar-agar bubuk warna merah (opsional boleh tidak dipakai bakal warna original alami)
  • 1 buah jeruk Air perasan
  • 1/2 gelas belimbing air matang atau secukupnya

CARA MEMBUAT SELAI ALA TYA HOMEMADE :

  1. Blender daging buah sirsak bersama air jeruk dan air matang.
  2. Siapkan panci, masukkan jus sirsak, tambahkan gula pasir, kemudian masak dengan api kecil.
  3. Aduk-aduk terus, jaga jangan sampai gula menjadi gosong (disarankan mengaduk pakai sendok kayu).
  4. Tambahkan biar bubuk, aduk terus sampai mengental dan bertekstur seperti selai
  5. Angkat, tiriskan, dan biarkan dingin.

TIPS & TRICKS :

  • Pada waktu memasak, kayu manis dapat ditambahkan bakal memperkuat aroma.
  • Supaya-agar bubuk warna merah dapat diganti warna lain atau dihilangkan bakal menghasilkan warna selai sirsak alami original.
0