Resep Sei Sapi Halal Khas NTT (Nusa Tenggara Timur) Sambal Luat Pedas Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak. Olahan makanan dari daging sapi ini cocok dihidangkan sebagai menu Idul Adha atau yang dikenal dengan lebaran Haji atau hari raya kurban dan bakal berbagai acara maupun nasi kotak aqiqah atau perayaan. Sebenarnya tidak hanya daging sapi sebagai bahan utama dalam pembuatan se’i atau daging asap ini. Anda sanggup membuatnya dengan daging kambing atau domba, daging rusa, daging kuda, daging onta, daging ayam, bebek, itik, dll. Anda juga sanggup memasak sei sapi rica-rica, sei sapi sambal luat, sei sapi sambal matah, sei sapi sambal hijau/ijo, sei sapi teflon, sei sapi lada hitam, sei sapi sambal bawang, dll.
Foto Resep Sei Sapi Halal Khas NTT (Nusa Tenggara Timur) Sambal Luat Pedas Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak
Gambar Sei Sapi Paling Enak

Sebelum masuk ke resep atau cara membuat se’i sapi kana yang lezat dan mantap banget, perlu kita mengenal asal usul sejarah latar belakang dari kuliner tersebut. Dulunya, Se’i bukanlah berasal dari sapi, melainkan daging babi hutan yang sungguh haram. Lantas dari mana nama Se’i itu pertama kali populer? Dalam bahasa lokal NTT, Se’i memiliki makna yang berarti asap.

Pada masa itu, biar hasil buruan warga lokal tetap awet dan tidak mudah busuk, kemudian daging babi sengaja diasap supaya tahan lebih lama dan lebih awet. Teknik mengawetkan makanan tersebut masih dilakukan secara tradisional dengan alat penyajian tradisional. Sebelum disajikan, daging babi tersebut biasanya tidak diiris sama sekali atau diiris tipis-tipis dan baru memasuki proses pengasapan. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi sei daging sapi yang halal dengan sambal luat pedas ala Nusa Tenggara Timur (NTT) sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis bakal konsumsi sendiri maupun bakal jualan ide usaha bisnis warung nasi, rumah makan, bahkan restoran ala cafe resto cepat saji.

RESEP SE’I SAPI

BAHAN :

  • 250 gram daging sapi bagian has dalam atau luar

BUMBU MARINASI :

  • 2 siung bawang putih
  • Garam secukupnya

CARA MEMASAK SE’I SAPI :

  1. Sebelum hendak memasak Se’i sapi Anda harus mempersiapkan tungku apinya terlebih dulu. Jangan membakar daging langsung. Sebab se’i sapi dimasak dengan cara diasap.
  2. Marinasi daging sapi has dengan bawang putih yang telah kamu cincang sebelumnya. Penggunaan daging has dalam biar daging Se’i sapi jadi lebih empuk dan gampang diolah.
  3. Marinasi daging dan diamkan sewaktu 20 hingga 30 menit biar meresap sempurna.
  4. Siapkan tungku pengasapannya. Kali kamu hendak memasukkan daging sapi jangan lihat dari seberapa besar apinya, ya. Namun lihat dari asap yang telah mulai banyak dan semakin panas.
  5. Masukkan daging ke dalam tungku sewaktu kurang lebih satu jam atau mengikuti besar kecilnya potongan daging yang Anda buat.
  6. Kali memotong daging sanggup dibuat utuh (loaf) atau dipotong tipis-tipis. Se’i jauh lebih nikmat ketika disantap dengan sayur daun singkong atau daun pepaya dan Sambal Luat.
  7. Sajikan.

RESEP SAMBAL LUAT KHAS NTT

BAHAN :

  • 200 gram cabai rawit pedas
  • 10 buah jeruk nipis, iris tipis-tipis
  • 1 genggam daun siba (Opsional)
  • 1 genggam daun kemangi
  • Garam sesuai selera

CARA MEMBUAT SAMBAL LUAT KHAS NTT :

  1. Ulek halus cabai rawit
  2. Taburkan sedikit garam ke atas daun siba. Biarkan hingga layu, kemudian iris halus (Skip apabila daun siba nya sulit didapat).
  3. Lakukan proses yang sama seperti sebelumnya pada daun kemangi.
  4. Sesudah jadi, campur semua bahan tersebut. Kamu belum sanggup langsung mengkonsumsinya. Supaya terasa lebih mantap, kamu harus memasukkan dulu ke dalam toples.
  5. Kemudian diamkan sambal tadi kurang lebih dua hari. Tujuannya biar jeruk jeruk tak terasa pahit.
  6. Simpan di dalam kulkas biar awet lebih dari 2 minggu.
  7. Sajikan.
0