Resep Sate Lilit Ayam Kelapa Parut Khas Bali Sederhana Spesial Asli Enak Lembut dan Empuk. Di sekitar Bali baik di kota Denpasar dan daerah sekitarnya seperti di kampung-kampung banyak sekali yang menjual dan menyajikan sate lilit, diantaranya sate lilit ayam kelapa bumbu Bali, sate lilit ikan, sate lilit babi, sate lilit kura-kura atau penyu, dll. Selain banyak yang jual sate lilit dengan bumbu Bali ini sering dijumpai sebagai menu catering bakal berbagai acara upacara adat, hari raya dan hajatan pernikahan.

Foto Resep Sate Lilit Ayam Kelapa Parut Khas Bali Sederhana Spesial Asli Enak Lembut dan Empuk
Gambar Sate Lilit Ayam Kelapa dan Sambal Matah

Menurut situs Wikipedia. Sate Lilit yakni sebuah varian sate berasal dari Bali. Satay ini terbuat dari daging babi, ikan, ayam, daging sapi, atau bahkan kura-kura yang dicincang, kemudian dicampur dengan parutan kelapa, santan, jeruk nipis, bawang merah, dan merica. Daging cincang yang pernah berbumbu dilekatkan pada sebuah bambu atau tebu, kemudian dipanggang di atas arang. Tidak seperti sate lainnya yang dibuat dengan tusuk sate yang sempit dan tajam, tusuk sate lilit berbentuk datar dan lebar. Permukaan yang lebih luas memungkinkan daging cincang bakal melekat. Istilah lilit dalam bahasa Bali dan Indonesia berarti “membungkus”, yang sesuai bakal cara pembuatan sate ini.

Varian sate lilit. Sebagai pulau dengan mayoritas pemeluk agama Hindu, daging babi atau ikan lebih menjadi pilihan, dan daging sapi awalnya jarang dikonsumsi di Bali. Namun bakal memenuhi konsumen yang tidak mengkonsumsi daging babi seperti warga Muslim, di rumah makan Bali yang berada di luar Bali, sate lilit sering menggunakan daging ayam atau sapi sebagai pengganti. Di pusat-pusat perikanan Bali, seperti desa Kusamba, yang menghadap ke Selat Nusa Penida, sate lilit yang terbuat dari ikan sungguh disukai.

Baca Juga :

Dua sate favorit asal Bali yakni sate lilit dan sate ikan. Sate lilit dan sate ikan yang asli kaya akan campuran rempah-rempah. Di Bali, hampir setiap hidangan dibumbui dengan bumbu megenep campuran rempah-rempah mulai dari daun jeruk, santan, bawang putih, bawang merah, lengkuas, ketumbar, kunyit dan cabai.

Sate lilit ini biasa disajikan bersama sambal matah yang segar dan gurih, daripada beli diluar mending masak sendiri. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi sate lilit ayam kelapa parut atau mampu tanpa kelapa parut sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis bakal konsumsi sendiri maupun bakal jualan ide usaha bisnis warung nasi atau warung sate, rumah makan sate Bali, bahkan buka restoran ala cafe resto cepat saji super lezat.

RESEP SATE LILIT AYAM KELAPA

BAHAN :

  • 500 gram daging ayam giling
  • Kelapa parut, secukupnya
  • 250 gram cabe merah besar
  • 1 ruas kunyit
  • 2 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 ruas jahe
  • 1/12 ruas kencur
  • 2 butir kemiri, secukupnya
  • Minyak goreng
  • 2 sdm santan
  • 1/2 sdt garam
  • Gula, secukupnya
  • 4 batang serai

CARA MEMBUAT SATE LILIT AYAM KELAPA :

  1. Haluskan semua bumbu yang terdiri dari cabe merah ,bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, kemiri, kencur dengan menggunakan blender. Beri sedikit minyak goreng biar mudah dihaluskan.
  2. Selanjutnya kalau telah halus, tuangkan bumbu tadi ke minyak yang telah dipanaskan kemudian tumis hingga harum dan sedikit mengering.
  3. Kemudian masukkan daging ayam giling ke dalam mangkuk, kemudian tuangkan bumbu halus, masukkan santan dan tambahkan gula serta garam sebagai penyedap rasa. Aduk hingga daging dan bumbu tercampur secara merata.
  4. Uleni daging yang telah berbumbu dengan tangan kemudian lilitkan di batang serai, panaskan panggangan kemudian bakar sate hingga matang.
  5. Sajikan dengan sambal matah plus nasi panas atau nasi hangat mantap banget.
0