CARA MEMBUAT SAMBAL COLO COLO

Resep Sambal Colo Colo Pedas Sederhana Khas Ambon Maluku Spesial Asli Enak. Begitu mudah dan praktis hanya dengan mencampurkan potongan cabai, bawang, dan tomat. Serta dengan mengaduknya dengan tambahan air jeruk nipis, dapat tercipta sambal dengan rasa pedas yang istimewa.

Colo-colo paling cocok dipakai sebagai kondimen resep ikan bakar. Ikan ekonomis yang populer di Maluku yakni kawalinya atau ikan kembung. Ikan lain yang disukai yakni samandar yang di Makassar dikenal dengan nama baronang. Dibakar tanpa gosong, berlanjut disiram dengan colo-colo kalau di kita sambal kecap komplit kali namanya.

Foto Resep Sambal Colo Colo Pedas Sederhana Spesial khas Ambon Maluku Asli Enak
Gambar Sambal Colo Colo Lezat

Apakah bedanya antara sambal colo-colo khas Ambon Maluku dan sambal dabu dabu khas Manado? Keduanya yakni sejenis sambal atau kondimen yang dipakai buat membuat makanan lebih sedap dan bercitarasa. Colo-colo yakni istilah yang umum dipakai di Ambon, Maluku, sedangkan dabu-dabu yakni istilah Manado, Sulawesi Utara. Sambal colo colo juga ada di Manado, Makassar, Papua, dll.

Secara sepintas keduanya memiliki kemiripan. Tomat – biasanya tomat muda yang masih berwarna hijau – diiris tipis dan kecil, begitu juga bawang merah dan cabe rawit. Kemudian ditaburi sedikit garam dan disiram dengan kucuran jeruk nipis yang isinya berwarna kuning atau jingga, dan beraroma harum. Jeruk nipis semacam ini disebut lemon cui di Manado, atau lemon cina di Ambon. Orang Pontinak menyebutnya jeruk kunci. Jeruk nipis ini juga cocok buat diperas membuat minuman segar.

Di Maluku dan kota Ambon, colo-colo ditambah daun kemangi dan sering juga ditambah dengan sedikit kecap asin. Ada pula yang menambahkannya dengan kecap manis. Tetapi, menurut orang-orang tua di Maluku, colo-colo yang asli yakni justru yang tidak memakai kecap.

BACA :  CARA MEMBUAT KOPI TEH TALUA

Karena colo-colo bergantung pada selera masing-masing orang, ada juga yang menambahkan tahi minyak (blondo dalam bahasa Jawa, galendo dalam bahasa Sunda) yang dihaluskan ke dalam colo-colo. Selain tahi minyak, rarobang (air sisa proses pembuatan minyak kelapa) yang dihanguskan (caramelized) juga sering dipakai buat membuat colo-colo lebih mantap. Ada lagi colo-colo yang diberi irisan kenari mentah. Bahkan ada pula yang menambahkan terasi.

Pendeknya, colo-colo yakni kreasi yang cukup bebas di-interpretasi-kan, sepanjang bahan dasarnya menyangkut tomat, bawang merah, cabe rawit, daun kemangi, dan jeruk nipis. Ada yang rasanya lebih asam, ada yang lebih pedas, ada pula yang lebih asin. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi sambal colo colo sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple, mudah dan praktis buat konsumsi sendiri maupun buat jualan usaha bisnis warung makan, rumah makan dan restoran ala cafe resto siap saji.

RESEP SAMBAL COLO COLO

BAHAN :

  • 10 buah cabai rawit merah, diiris kasar
  • 6 siung bawang merah, diiris kasar
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 3 buah tomat hijau, dipotong kotak-kotak
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 1/4 sendok teh penyedap rasa
  • 50 ml air

CARA MEMBUAT SAMBAL COLO COLO :

  1. Campur cabai rawit merah, bawang merah, tomat hijau, garam, gula pasir, dan penyedap rasa. Aduk rata.
  2. Tambahkan air jeruk nipis dan air. Campur rata.
  3. Sajikan buat 5 porsi.

Leave a Reply