Resep Rujak Cingur Khas Madura, Jawa Timur Pedas Sederhana Spesial Komplit Asli Enak. Rujak cingur khas Madura ini hampir sama dengan rujak cingur pada umumnya hanya saja rujak cingur Madura ini memiliki rasa dan bumbu yang agak sedikit kasar namun soal rasa tidak kalah dengan penganan rujak di seluruh Indonesia, yang menambah nikmat rasanya adalah cingur-cingur olahan khusus yang lembut dan empuk serta pelengkap kerupuk singkong khas Madura gurih yang terkenal lezat. Rujak cingur ini disajikan dengan tingkat kepedasan sesuai selera Anda. Rujak cingur ada di propinsi Jawa Timur, rujak cingur Surabaya, Madura, rujak cingur Malang, dll. Sampai menyebar ke seluruh Indonesia. Saya pernah makan rujak cingur di Denpasar, Bali sebut saja namanya rujak cingur Bu Bariah rasanya enak sekali dan pedasnya mantap. Memang masing-masing rujak cingur memiliki khas tersendiri tergantung siapa yang membuatnya.

Rujak cingur merupakan salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur, terutama daerah asalnya Surabaya. Dalam bahasa Jawa kata cingur berarti “mulut”, hal ini merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi atau moncong kerbau/kebo yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan. Cingur merupakan tulang rawan hidung sapi. Dijual segar di pasar tradisional di Indonesia. Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti timun, kerahi (krai, adalah sejenis timun khas Jawa Timur), bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, kemudian ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo, cingur, serta sayuran seperti kecambah/taoge, kangkung, dan kacang panjang. Semua bahan tadi dicampur dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang bakal sedikit mengencerkan, gula/gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam, dan irisan tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk) atau pisang batu dan ada juga resep rujak cingur tanpa pisang batu. Semua saus/bumbu dicampur dengan cara diulek, itu sebabnya rujak cingur juga sering disebut rujak ulek.

Foto Resep Rujak Cingur Khas Madura, Jawa Timur Pedas Sederhana Spesial Komplit Asli Enak
Gambar Rujak Cingur Madura

Berdasarkan cara penyajiannya rujak cingur dibedakan menjadi dua macam, adalah penyajian ‘biasa’ dan ‘matengan’ (menyebut huruf e dalam kata matengan seperti menyebut huruf e dalam kata: seperti/menyebut/bendoyo). Penyajian ‘biasa’ atau umumnya, berupa semua bahan yang sudah disebutkan di atas, sedangkan ‘matengan’ (matang, Jawa) hanya terdiri dari bahan-bahan matang saja atau bahan-bahan yang telah masak; lontong, tahu goreng, tempe goreng, bendoyo (kerahi yang digodok) dan sayur (kangkung, kacang panjang, taoge) yang sudah digodok. Tanpa ada bahan ‘mentah’nya adalah buah-buahan, karena pada dasarnya ada orang yang tidak menyukai buah-buahan. Keduanya memakai saus/bumbu yang sama.

Makanan ini disebut rujak cingur karena bumbu olahan yang digunakan merupakan petis udang dan irisan cingur. Hal ini yang membedakan dengan makanan rujak pada umumnya yang biasanya tanpa menggunakan bahan cingur tersebut. Rujak cingur biasa disajikan dengan tambahan kerupuk, dan dengan alas pincuk (daun pisang) atau piring saji.

Makanan khas Madura dari Sumenep dan Bangkalan ini amatlah menggiurkan apalagi membuatnya dengan petis khas Madura. Cingur merupakan hidung, jadi Rujak Cingur memiliki bahan sayur, tahu, tempe, toge, kangkung, buah-buahan,l ontong, bumbu, dan cingur sapi. Berikut resep rujak cingur Madura lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade).

RESEP RUJAK CINGUR MADURA

BAHAN :

  • 200 gram kangkung, cuci bersih, siangi
  • 100 gram taoge, siangi
  • 150 gram daging buah nanas
  • 150 gram mentimun kampung
  • 150 gram bengkuang, kupas
  • 150 gram mangga muda, kupas
  • 150 gram tempe, goreng hingga kecokelatan, tiriskan
  • 175 gram tahu putih, goreng hingga kecokelatan, tiriskan
  • 500 gram cingur sapi, rebus, bersihkan

BUMBU :

  • 3 buah (100 gram) pisang batu, kupas, iris tipis
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 50 gram kacang tanah, goreng
  • 50 gram gula merah, sisir
  • 3 sdm air asam jawa
  • 4 sdm petis udang
  • 100 ml air matang

BAHAN PELENGKAP :

CARA MEMBUAT RUJAK CINGUR MADURA :

  1. Rebus kangkung dan taoge hingga matang, angkat. Tiriskan.
  2. Potong-potong nanas, mentimun, bengkuang, mangga muda, tempe goreng, tahu goreng, dan cingur, sisihkan.
  3. Bumbu rujak: Tumbuk pisang batu, cabai, bawang putih, dan garam hingga setengah halus.
  4. Tambahkan kacang tanah goreng, gula merah, dan air asam jawa, tumbuk kembali hingga halus. Tambahkan petis dan air, aduk rata.
  5. Campur semua bahan dengan bumbu rujak, aduk rata.
  6. Sajikan dengan pelengkap bakal 6 porsi.
0