Resep Roti Baguette Prancis Sederhana Spesial Asli Enak. Baguette yaitu roti tradisional Perancis ini memiliki kulit yang keras, berwarna coklat dan bagian dalamnya banyak terdapat lubang-lubang lembut dan empuk. Baguette yaitu roti standar Perancis (French Bread), dengan panjang sekitar setengah meter biasanya disajikan dengan sup atau dipanggang terus diberi aneka macam topping sesuai selera atau diolah menjadi makanan dan masakan lainnya seperti roti bawang putih buat campuran soup atau sup atau dapat juga dibuat buat roti sandwich akan dibahas pada artikel cara mengolah resep sandwich roti baguette.

Foto Resep Roti Baguette Perancis Asli Enak
Gambar Roti Baguette Basket

Beda lagi menurut situs wikipedia yang pernah menjadi perpustakaan online. Baguette yaitu roti yang bentuknya lain dari roti lainnya yakni panjang dan ukurannya yang besar, dan amat renyah. Diameter standar Baguette kira-kira 5 atau 6 cm, tetapi panjangnya dapat mencapai 1 meter. Roti panjang ini memiliki berat 250 gram.

Roti Baguette merupakan nama aslinya, sedangkan di Indonesia lebih dikenal dengan roti prancis atau perancis bila di negara Malaysia Resepi Baguette. Hari ini tanggal 13 September 2015 google memasang logo Roti Baguette Khas Prancis (France) Muncul di Google Doodle. Berkenalan dengan Roti Baguette yang Jadi Trending Topic Google.

Logo Google Doodle tersebut merupakan bentuk ucapan selamat Google buat ulang tahun peresmian Baguette, roti ‘tongkat’ dengan panjang dapat mencapai 1 meter khas Perancis. Diatas gambar koki terlihat tulisan ‘Decret Pain’, yakni aturan pengolahan roti Baguette yang dikeluarkan oleh pemerintah Perancis pada 13 September 1993, atau tepatnya 22 tahun terus.

Hebatnya roti keras pada bagian luar tetapi lembut di dalam ini ternyata pernah dikonsumsi sejak zaman Raja Louis XIV sekitar tahun 1800 an tetapi ada sedikit kontroversi perihal asal usul atau asal mula roti ini ada yang bilang dari Austria. Kue ini biasanya menjadi teman pada kali makan cream sup atau sup krim atau juga dapat dimakan langsung dengan dipotong-potong kemudian diolesi selai dan mentega seperti makan resep roti tawar. Saking spesialnya pemerintah Perancis menetapkan aturan bahwa roti ini harus terbuat dari bahan gandum dan rye seperti tertuang dalam Decret Pain 1993.

Apa itu Decret Pain atau dekrit pain?. Decret Pain yaitu aturan perihal pengolahan roti Baguette yang dikeluarkan oleh pemerintah Prancis pada tanggal 13 September 1993, tepatnya pada 22 tahun yang terus. Terus apa isi peraturan tersebut?.

Isi aturan tersebut menyebutkan bahwa para perajin roti Baguette harus mematuhi semua standar pembuatan roti Baguette, yang paling utama yaitu roti Baguette hanya boleh terbuat dari 4 bahan. Antara lain, tepung gandum, air, garam, dan ragi (French Baguettes Recipe).

Para pengrajin roti juga dilarang keras menambahkan bahan pengawet, zat adiktif, atau membekukan Baguette. Alhasil, roti Baguette rajin dikenal dijual ‘fresh-baked’ dan hanya dapat bertahan kurang dari 24 jam.

Kemunculan Decret Pain juga menjadi tanda resminya roti Baguette sebagai simbol budaya Prancis, seusai sebelumnya sering diperdebatkan apakah Baguette asli dari Prancis atau tidak.

Baca Juga : Croissant

Roti yang mempunyai bentuk panjang seperti tongkat dan bagian luar renyah ini memang banyak dibuat di negara-negara lain, mulai dari Austria hingga Vietnam. Oleh karena itu, pemerintah Prancis merasa perlu membuat sebuah aturan yang menonjolkan kekhasan Baguette Prancis lewat Decret Pain. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi roti baguette ala Perancis sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah buatan ala rumahan (Homemade Baguette Recipe) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis buat konsumsi sendiri maupun buat jualan ide usaha bisnis toko roti ala restoran cafe resto.

RESEP ROTI PERANCIS BAGUETTE

BAHAN :

  • 700 gram tepung gandum
  • 1 sdt garam (garam kosher)
  • 25 gram mentega, kocok hingga lembut
  • 15 gram ragi instant
  • 1 sdm gula pasir
  • 250 cc air hangat

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Roti Buaya

CARA MEMBUAT ROTI PERANCIS BAGUETTE :

Foto Adonan Roti Baguette
Gambar Cetakan Roti Baguette Roti Prancis
  1. Campur bahan kering, aduk rata
  2. Tuang air hangat sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung gandum hingga tercampur rata.
  3. Masukkan mentega, uleni hingga adonan dasar baguette kalis.
  4. Bulatkan adonan, diamkan selagi +/- 50 menit hingga mengembang (pengembangan I)
  5. Sesudah proses pengembangan I selesai, kempiskan adonan, terus bagi menjadi 2 bagian. Masing-masing dibulatkan dan diamkan selagi 30 menit sampai adonan mengembang
  6. Kempiskan lagi adonan, masing-masing bentuk bulat panjang. Letakkan diatas loyang yang telah dibasahi air. Gunakan pisau tajam buat menggurat-gurat permukaan adonan, olesi permukaannya dengan air garam. Diamkan lagi +/- 40 menit.
  7. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan dengan api sedang hingga permukaannya berwarna kuning kecoklatan atau selagi +/- 45 menit.

RESEP ROTI BAWANG PUTIH

BAHAN :

  • 1 buah French Bread, potong-potong miring 2 cm
  • 1 sdm butter
  • 1 siung bawang putih, dicincang halus
  • 1 sdt daun peterseli/seledri, dicincang halus

CARA MEMBUAT ROTI BAWANG :

  1. Campur butter, bawang putih dan daun peterseli hingga rata.
  2. Oleskan di bagian atas roti. Panggang selagi 15-20 menit dalam oven dengan suhu 200 derajat celcius.
  3. Sajikan bersama soup/sup sesuai selera.
0