Resep Rondo Royal Khas Jepara atau Tape Goreng Lembut dan Empuk Sederhana Spesial Asli Enak. Di berbagai kota di Jawa Tengah, makanan ini telah lazim. Bahkan, sebagian tempat menamai rondo royal atau tapai goreng yang renyah di luar dan lumer lembut di dalam ini sebagai Monyos. Anda mampu dengan mudah menjumpai rondo royal di penjaja makanan keliling, di pasar-pasar tradisional, lapak-lapak gorengan dan jajajanan kue basah di pinggir jalan, bahkan tersedia juga di toko roti favorit saking populernya makanan ini. Meski ada di mana-mana, camilan manis ini konon merupakan makanan khas dari Jepara, Jawa Tengah.

Foto Resep Rondo Royal Khas Jepara atau Tape Goreng Lembut dan Empuk Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Rondo Royal Khas Jepara atau Tape Goreng

Menurut situs Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Rondo Royal yaitu makanan tradisional yang terbuat dari tape yang di goreng dengan tepung beras. Makanan satu ini amat terkenal di Jawa, terutama di Jepara, Jawa tengah. Di Jepara, Rondo Royal ini dijadikan salah satu Jajanan Khas disana. Satu keunikan dari makanan satu ini yaitu namanya, ialah Rondo Royal. Masih belum jelas sejarah dan asal usul dari nama Rondo Royal tersebut, namun bila kita amati dari kata Rondo Royal tersebut kita mampu sedikit mengerti artinya. Rondo dalam bahasa Jawa mampu di artikan janda, dan royal mampu di artikan mewah. Sehingga mampu diartikan “janda mewah”. Bisa jadi dulunya makanan ini di temukan oleh seorang janda mewah sehingga di sebut Rondho/Rondo Royal. Namun dalam bahasa Jawa, kata rondo mampu diambil dari kata “rodo’/rada’” atau “mondo”yang berarti “hampir/sedikit menyerupai”. Sehingga Rondo Royal mampu di artikan “sedikit mewah”. Bisa jadi dulunya, makanan satu ini merupakan makanan yang terbilang mewah sehingga di sebut Rondo Royal. Nama tersebut masih menjadi misteri dan masih belum jelas asal usulnya, namun nama tersebutlah yang menjadi keunikan pada makanan tradisional satu ini yang membuat orang – orang menjadi penasaran bila mendengarnya dan hendak mencoba mencicipinya. Di Jepara bagian selatan, makanan ini juga sering di sebut “Monyos”, namun di daerah lain ada juga yang menyebutnya “Tape Goreng”.Rondo Royal sendiri merupakan makanan yang terbuat dari tape dan tepung beras.

Baca Juga :

Dalam proses pembuatannya, tape yang di gunakan yaitu tape singkong bukan tape ketan. Tape tersebut kemudian dihancurkan dan dibentuk bulat-bulat. Berlanjut tape tersebut dicelup ke adonan tepung hingga rata dan di goreng. Rondo Royal ini amat pas bila di sajikan selagi hangat. Tidak hanya unik dari namanya, makanan satu ini juga memiliki rasa yang unik juga. Perpaduan rasa manis dan asam dari tape dan rasa asin dari tepung beras amat terasa pada Rondo Royal ini. selain itu rasa kriuk pada bagian luar dan rasa lembut pada bagian dalam menberikan sensasi yang khas masa menikmatinya. Apalagi disajikan dengan segelas minuman hangat kopi atau teh semakin mantap banget. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi rondho royal premium renyah mampu dibuat aneka isi, seperti isi gula merah, isi keju, isi coklat kekinian sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis buat konsumsi sendiri maupun buat jualan ide usaha bisnis cemilan atau jajanan khas Jepara.

RESEP RONDO ROYAL

BAHAN :

  • 500 gram tapai/tape singkong, buang seratnya, haluskan
  • 250 gram campuran tepung terigu dan tepung beras
  • 250 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 4 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 bungkus vanili

CARA MEMBUAT RONDO ROYAL :

  1. Campur tape/tapai, tepung, santan, gula, garam dan vanili. Aduk hingga rata.
  2. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil, goreng dalam minyak panas hingga matang. Angkat.
  3. Sajikan segera.
0