Resep Permen Bola Susu Warna Warni Pelangi Sederhana Spesial Asli Enak. Dalam bahasa Inggris Milk Balls Candy. Konon katanya permen bola bola susu warna warni ini dipopulerkan oleh pemilik instagram Yackikuka pada akhir tahun 2016 sedang ngetrend yang diberi nama permen bola-bola susu atau resep bola susu aci, ada juga yang menyebutnya manisan, ada juga yang menyebutnya kue. Rasanya seperti permen susu tempo dulu jajanan anak SD jaman dulu (jadul) tradisional kuno. Makanan bola bola susu bakal jualan ini sanggup dijadikan ide dan inspirasi usaha atau bisnis karena permen manis amat disukai oleh anak-anak sebagai jajanan anak. Selain permen bola bola susu Anda juga sanggup membuat aneka kreasi dan variasi olahan lain seperti permen bola bola coklat. Cara buatnya gampang banget tanpa cetakan tinggal bulat-bulatin aja pakai tangan seperti bikin cilok Bandung. Permen susu (milk candy) paling terkenal di Bandung adalah merk permen Bosu Jumon fruit & creamy series dengan rasa buah dan krim (cream).

Foto Resep Permen Bola Susu Warna Warni (Bosu) Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Permen Bola Susu Warna Warni (Bosu)

Resep bola-bola susu sagu warna warni (candy milk balls) ini sebenarnya telah ada sebelumnya pernah ditulis dan dipublikasikan oleh pemilik blog bernama catatan Enni di blog pribadinya berbagipadasahabat tahun 2014 bisa jadi kurang ngetop pada waktu itu. Kalau dilihat resep dan komposisinya hampir sama hanya ada penambahaan beberapa item bahan seperti daun pandan, susu bubuk full cream, vanilla, dan gula donat jadi lebih modern. Bunda juga dapat berkreasi bakal permainan bentuk dan warna, misalnya sanggup dibentuk bola-bola mini seperti ukuran kelereng atau bola-bola besar seperti bola pimpong atau seukuran bakso bulat yang penting bentuknya bulat atau bundar karena memang itu ciri khas permen atau makanan ini. Begitu juga dengan warna Anda sanggup sesuaikan dengan warna kesukaan Bunda atau kesukaan anak-anak, misalnya warna-warni pelangi (Rainbow).

Permen sagu ini sepintas mirip kue mochi mochi khas Sukabumi atau mirip dengan kue mochi Jepang namun yang membedakan rasanya yang seperti permen susu dan lembut chewy seperti permen sugus yang sanggup digigit karena tekturnya lembut dan empuk alias tidak keras saat digigit seperti kue basah. Anda penasaran nanti disini akan dibagikan resep rahasia mengolahnya. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi permen bola-bola susu sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis. Baik bakal konsumsi sendiri dan bakal jualan ide usaha dengan menitipkannya ke warung-warung karena permen ini amat disukai oleh anak-anak selain harganya murah dan rasanya lezat dan manis legit. Kalau mau dimodifikasi misal diberi isi juga bagus dan keren, misal permen bola susu isi coklat.

RESEP PERMEN BOLA SUSU WARNA WARNI

BAHAN :

  • 250 gram tepung sagu tani
  • 4 lembar daun pandan, sobek kecil-kecil
  • 1 sachet vanila bubuk atau 1/4 sdt
  • 90 gram susu bubuk full cream
  • 200 ml susu kental manis
  • 30 ml air panas, sanggup tambah air lagi kalau adonan masih agak keras
  • Pewarna makanan warna warni sesuai selera
  • Gula donat / gula tepung secukupnya

CARA MEMBUAT PERMEN BOLA SUSU WARNA WARNI :

  1. Sangrai tepung sagu bersama daun pandan dan vanila bubuk sepanjang kurleb 10 menit dengan api kecil. Matikan api, buang pandannya dan ayak tepung.
  2. Tambahkan susu bubuk, aduk rata.
  3. Tuang susu kental manis, aduk rata lagi kemudian tuang air panas. Aduk hingga menjadi adonan dan sanggup dipulung. Tambahkan air sedikit saja jikalau adonan dasar masih terlalu keras.
  4. Tambahkan pewarna makanan jikalau suka, kemudian pulung adonan adonan menjadi bulatan-bulatan kecil besarnya sesuai selera. Masukkan adonan yang telah dibentuk ke dalam gula donat.
  5. Sajikan.

RESEP BOLA BOLA SUSU WARNA WARNI ALA ENNI

BAHAN :

  • 150 gram tepung tapioka / kanji
  • 100 ml Susu Kental Manis Putih (SKM putih)
  • Pewarna kue sesuai selera secukupnya

CARA MEMBUAT BOLA BOLA SUSU WARNA WARNI SEDERHANA :

  1. Tuang susu kental manis ke mangkuk.
  2. Sangrai tepung tapioka sambil diaduk-aduk sepanjang 10 menit.
  3. Panas-panas masukkan tepung tapioka sedikit-demi sedikit ke dalam mangkuk yang ada susu kental manisnya, aduk pakai sendok hingga rata. Apabila adonan terlalu pera tambahkan sedikit susu kental manis, hingga adonan mudah dibentuk.
  4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian dan warnai sesuai selera kita masing-masing.
  5. Bentuk bulat-bulat. Masukkan dalam lemari es. Seusai dingin siap disajikan.
  6. Sajikan.
0