Resep Opor Ayam Kuning Lebaran Menu Idul Fitri Sederhana Spesial Asli Enak. Opor ayam atau opor kuning merupakan sajian menu hidangan spesial khas lebaran yang enak dan istimewa khas Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban ini berbahan dasar 1 ekor ayam potong (broiler) atau ayam kampung berkuah santan kuning yang sering hadir turut memeriahkan suasana bahagia yang dilengkapi dengan ketupat lebaran, lontong plastik, lontong daun pisang, atau nasi putih yang penting jangan pakai nasi plastik atau beras plastik. Masakan sayur opor lezat ini dipadu dengan bumbu opor spesial adalah bumbu kuning yang praktis menghasilkan makanan gule/gulai yang gurih disukai oleh semua orang Indonesia.

Foto Opor Ayam Kuah Kuning Khas Idul Fitri Lezat
Gambar Opor Kuning Lebaran

Menurut situs Wikipedia. Opor ayam yaitu masakan sejenis kari ayam yang sungguh dikenal di Indonesia. Masakan ini sudah dikenal luas di daerah lain. Bahkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia.

Opor ayam sebenarnya yaitu ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya. Dalam tradisi Jawa, perayaan Lebaran biasanya dibuat meriah dengan membuat ketupat yang disajikan dengan opor ayam dan sambal goreng hati/ati.

Sejarah asal asul mula opor ayam. Opor ayam merupakan makanan telah ada sejak dulu bahkan dipastikan sejak zaman kerajaan dulu. Opor ayam biasa disajikan oleh masyarakat biasa yang pada waktu dulu tidak sanggup makan daging. Karena daging dulu biasanya disuguhkan oleh keluarga kerajaan. Karena mau menikmati hidangan serupa terciptalah opor ayam.

Hingga ketika ini opor menjadi hidangan sederhana yang sungguh disukai oleh semua kalangan masyarakat. Karena rasanya yang tidak terlalu berat dan pembuatannya yang tergolong mudah menjadikan opor cocok sebagai hidangan sarapan, makan siang ataupun makan malam.


Variasi opor Nusantara :

Opor kambing

Opor panggang Jepara

Opor bakar Kudus

Opor bebek

Opor ayam

Gulai opor ayam juga dapat dicampur dengan sayuran kacang panjang, buncis, labu siam, telur, tahu, tempe, ikan, kikil, daging sapi, daging kambing, daging domba, dll atau sanggup dibikin polos saja. Sedangkan buat kuah selain sayur opor ayam kuah kuning juga sanggup dibuat opor ayam putih buat resep opor putih baca resepnya disini, maupun kuah kental ataupun kuah banyak, tergantung selera saja. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi opor ayam lebaran kuah kuning buat lebaran Idul Fitri 1443 H 2022 yang lezat lembut dan empuk dan buat menu sehari-hari juga sanggup sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis buat konsumsi sendiri maupun buat jualan ide usaha bisnis aneka opor ayam, buka warung makan, rumah makan dan restoran ala cafe resto cepat saji buat menu sarapan pagi. Bagi yang selera pedas tinggal buat sambal terpisah saaja biar supaya anak-anak juga sanggup menikmati menu hidangan buat lebaran tahun ini. Buat rasa pedas boleh tambahkan potongan cabe.

RESEP OPOR KUNING AYAM

BAHAN :

  • 1 ekor ayam negeri potong-potong jadi 16 bagian, boleh gunakan ayam kampung/buras
  • 4 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
  • 2 lembar daun salam
  • 2 btg serai, diambil putihnya, dimemarkan
  • 1/2 sdm garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 liter santan dari 1 butir kelapa
  • 2 sdt minyak buat menumis

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Opor Daging

BUMBU HALUS :

  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri goreng
  • 2 cm jahe
  • 1/4 sendok teh jinten
  • 5 cm kunyit, dibakar
  • 1 sdt ketumbar

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Kalio Ayam

CARA MEMASAK OPOR KUNING AYAM :

  1. Tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, dan serai sampai harum. Masukkan ayam. Aduk hingga berubah warna.
  2. Tambahkan garam dan merica. Aduk rata. Tuang santan sedikit-sedikit. Masak sambil diaduk sampai matang dan agak kental.
  3. Sajikan opor ayam santan kuah kuning buat 16 porsi dengan ditaburkan bawang goreng renyah diatasnya.
0