Resep Olesan Loyang (Carlo) Sederhana Spesial Asli Enak. Pengoles loyang Carlo anti lengket yang sering disebut carlo sungguh dibutuhkan oleh para baking supaya penampilan kue dan bolu lebih cantik dan menarik sehingga layak jual dan tidak malu-maluin karena tampilan kue menjadi mulus selagi dikeluarkan dari loyang atau cetakan. Olesan loyang dengan mentega atau margarin dan minyak goreng saja tidak cukup oleh karena itu olesan selain mentega buat hasil tekstur kue yang sempurna sebaiknya gunakan resep olesan ini hanya menggunakan 3 bahan, yakni mentega putih, minyak goreng dan terigu. Olesan krim ini mampu buat brownies kukus, bolu kukus juga, dan sebagainya.

Foto Resep Olesan Loyang (Carlo) Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Minyak Oles Loyang Homemade

Minyak oles merupakan minyak yang di design khusus buat memoles loyang supaya adonan tidak lengket. Pengganti carlo kita mampu buat versi sendiri.

Carlo merupakan bahan pengoles buat loyang atau minyak oles loyang anti lengket (pan grease). Cocok buat mengoles loyang roti dan segala macam kue dan bolu. Adonan ajaib bikin bolu keluar loyang dengan mulus.

Carlo Master merupakan bahan pengoles buat loyang dengan daya lepas tinggi buat roti dan kue kue dengan kandungan gula yang tinggi.

Resep asli cara membuat carlo olesan loyang pakai perbandingan 1:1:1 takaran sendok makan atau timbangan gram, buat carlo pengoles loyang boleh agak banyakan supaya supaya kalau mau baking tinggal oles-oles saja dan mampu disimpan di kulkas chiller mampu awet tahan lama dan praktis digunakan selagi mau memasak kue bolu atau cake. Fungsinya carlo atau minyak oles loyang yakni lebih mudah keluarkan kue bolu dari loyang jadi tidak perlu khawatir takut kue lengket atau nempel di loyang. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi resepi carlo kw olesan loyang anti lengket sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis buat konsumsi sendiri maupun buat jualan ide usaha bisnis toko bahan kue.

RESEP OLESAN LOYANG (CARLO)

BAHAN :

  • 100 gram mentega putih (ada juga yang pakai margarin kuning)
  • 100 gram minyak goreng/minyak sayur/minyak tumis/minyak manis
  • 100 gram tepung terigu

CARA MEMBUAT OLESAN LOYANG (CARLO) :

  1. Campur semua bahan dan aduk sampe adonan tidak bergerindil.
  2. Siap pakai buat mengoles loyang supaya tidak lengket.
  3. Hasil olesan, pinggiran kue lebih mulus dan gampang keluarnya.

Tips Mengoles Loyang dari Titan Baking

Mengoles loyang merupakan hal yang penting kala membuat kue. Jikalau sampai lupa, siap-siap bete karena cetakan akan lengket dan kue sulit diangkat.

Baking Lovers, loyang terdiri dari dua jenis, yang telah dilengkapi lapisan anti lengket dan loyang konvensional. Jenis yang tidak lengket biasanya terbuat dari teflon, penggunaannya tidak perlu lemak pengoles loyang lagi. Namun lain halnya dengan loyang konvensional yang terbuat dari aluminium. Jikalau tidak dioles dengan margarin/ lemak khusus oles loyang kemudian akan menjadi lengket dan kue sulit diangkat.

Cara buat mengatasinya, ada beberapa tips yang mampu diperhatikan kala mengoles loyang, yakni:

Siapkan loyang.

Mempersiapkan loyang buat dioles mampu memakan waktu lama dan cukup merepotkan. Akan lebih baik kalau mengoles loyang dilakukan sebelum menimbang bahan. Apalagi buat adonan yang tidak boleh menunggu terlalu lama di luar oven.

Jangan mengoles loyang sampai terlalu tebal.

Olesan yang terlalu tebal dapat menyebabkan bagian bawah kue menjadi berminyak. Pada kala memanggang kue kering, loyang yang terlalu banyak menggunakan olesan dapat menyebabkan cookies bergeser dan menempel satu sama lain.

Gunakan kertas roti/ baking paper.

Pada kala membuat cake, loyang yang telah diolesi dengan lemak dapat dilapisi lagi dengan kertas roti. Sekarang, telah ada kertas roti/ baking paper yang dapat digunakan hingga maksimal sepuluh kali pemakaian. Sesudah digunakan, cukup seka permukaan baking paper dengan tissue hingga bersih.

Gunakan cairan khusus pengoles loyang.

Baking Lovers tentu pernah merasakan penggunaan margarin mampu membuat rasa cake lebih asin, bukan? Hal ini mampu kita hindari dengan menggunakan cairan khusus oles loyang. Ada beberapa merk yang dijual di Titan, seperti Carlo dan Palmcentrate.

Loyang chiffon tidak perlu dioles.

Tidak semua jenis loyang kue perlu dioles lho. Misalnya pada chiffon cake, loyang yang digunakan sama sekali tidak boleh dioles karena dapat menyebabkan kue menjadi berpinggang dan mengerut.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya kue yang diangkat dari loyang tidak lengket. Semoga informasi cara membuat carlo buat olesan loyang ini bermanfaat adanya. Selamat mencoba, Baking Lovers.

0