Resep Manisan Pala Kering dan Basah Sederhana Spesial Asli Enak. Manisan pala yaitu salah satu jenis makanan Indonesia khas Aceh, Bogor, Manado, Cianjur, dll. Setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing perihal manisan buah pala atau kulit pala ini dan buah pala juga merupakan makanan ringan yang tergolong dalam kelompok manisan buah-buahan yang terkadang diberi pewarna makanan supaya tampilannya menarik, seperti manisan pala hijau, warna kuning, merah, coklat, dll. Usaha pembuatan manisan pala tidak memerlukan teknologi yang sulit dan pembuatannya cukup mudah, oleh karena itu usaha ini mudah dilakukan oleh para pengusaha baru. Kalaulah dibuat asinan sepertinya kurang cocok dan paling cocoknya hanya dibuat manisan, sirup, gula-gula atau permen dan makanan olahan manis lainnya.

Foto Resep Manisan Pala Hijau Kering dan Basah Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Manisan Pala Hijau Kering Bunga

Pembuatan atau pengolahan manisan buah pala umumnya dilakukan oleh pengusaha kecil di daerah penghasil pala. Kabupaten Aceh Selatan yaitu kabupaten penghasil komoditi pala terbesar di Aceh bahkan di Pulau Sumatera. Manisan buah pala ini termasuk industri rumah tangga yang banyak dijumpai di Kabupaten Aceh Selatan. Selain diolah menjadi manisan dan sirup, pala dapat dibuat juga menjadi minyak pala yang berkhasiat tinggi buat mengobati luka. Bahkan kini kue dan kembang gula pun dapat dibuat dari buah pala. Manisan pala selain menjadi makanan ringan yang disajikan pada kali perayaan hari-hari besar lebaran dan tahun baru bagi masyarakat setempat juga dapat dijadikan buah tangan atau oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah Aceh dengan gula-gula manisan pala khas Aceh. Begitu juga dengan daerah Bogor, Bandung, Cianjur, Manado, Ambon, Banda, dll. Pada umumnya bentuk manisan buah pala ini berbentuk bunga namun ada juga dalam bentuk lain dan manisan pala kering diberi taburan gula pasir atau dengan aneka rasa pedas.

Kulit buah pala merupakan limbah, namun dengan sedikit kreatifitas, kulit buah pala dapat diolah menjadi manisan basah atau kering. Dengan diolah menjadi aneka kreasi manisan kering atau manisan basah, kulit buah pala berubah menjadi makanan yang lezat dan bernilai ekonomi tinggi yang laku dijual. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi manisan pala kering dan basah yang diuji coba di dapur Budi Sutomo yang dipublikasikan dengan blog personalnya di budiboga sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis buat konsumsi sendiri maupun buat jualan ide usaha bisnis toko oleh-oleh khas manisan dan asinan buah-buahan segar.

RESEP MANISAN BUAH PALA KERING

BAHAN :

  • 1 kg kulit buah pala, kupas dan potong bentuk bunga atau sesuai selera
  • 1 lt air matang
  • 2 sdt air kapur sirih
  • 3 sdt garam halus
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1 sdt asam sitrat
  • 1 kg gula pasir
  • 1/4 sdt natrium benzoat

CARA MEMBUAT MANISAN PALA KERING :

  1. Cuci buah pala yang dikupas dan dibentuk hingga bersih. Campur garam dapur dengan 1/2 ltr air matang, aduk rata. Rendam potongan buah pala di dalam larutan garam sewaktu 4 jam. Angkat, tiriskan.
  2. Larutkan air kapur sirih dengan 1/2 ltr air matang. Rendam kembali potongan pala di dalam larutan air kapur sewaktu 3 jam. Angkat, cuci bersih, tiriskan.
  3. Didihkan gula dengan 1 lt air, masak hingga mendidih dan teksturnya menjadi agak mengental. Masukkan vanili, natrium benzoat dan asam sitrat, aduk rata.
  4. Masukkan potongan buah pala ke dalam larutan gula, masak sewaktu 1 menit. Angkat, dinginkan.
  5. Masukkan rendaman buah pala dalam sirup gula ke dalam kulkas dan diamkan sewaktu 2 hari. Masukkan manisan beserta cairan perendam ke dalam kemasan dan manisan buah pala siap dipasarkan.
  6. Sajikan buat 1 kg.
0