Resep Lontong Jukut Serapah Khas Jembrana, Bali Sederhana Spesial Asli Enak. Menu hidangan lontong sayur yang berasal dari pulau Bali tepatnya dari Jembrana, Bali Barat yang namanya lontong jukut serapah. Nama makanan ini unik sehingga menarik blog carabuatresep.blogspot.com buat membagikan resepnya buat Anda. Menu ini cocok buat sarapan pagi dan kalau buat makan siang tinggal mengganti lontong dengan nasi putih.

Foto Resep Lontong Jukut Serapah Khas Jembrana, Bali Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Lontong Jukut Serapah Khas Jembrana

Masakan lontong sayur komplit ini amat istimewa karena kuahnya menggunakan daun pepaya yang dikombinasikan dengan santan pekat atau santan kental, karena menggunakan santan yang banyak, boleh pakai santan Kara 1 liter, lebih mudah dan praktis dengan rasa gurih yang tidak kalah dengan santan kelapa asli. Anehnya, tidak ada rasa pahit sama sekali pada kuah berbumbu ini. Aroma dan rasanya amat gurih, membuat hidangan ini jadi hidangan favorit di rumah.

Serapah ialah makanan khas Bali yang adanya hanya di daerah Negara, Kabupaten Jembrana- Bali Barat. Kalau bahasa Bali-nya sayur ialah jukut, lalu makanan ini namanya jukut serapah. Kata serapah sendiri adalah lontong yang berbentuk segitiga besar, kemudian dipotong kecil-kecildan disajikan dengan sayuran seperti daun singkong, bayam, nangka, pepaya dan bunga pisang yang disiram dengan kuah kuning berasal dari kunyit. Tak lupa irisan cabai sebagai pengunggah rasa biar semakin mantap.

Menariknya bahan dasar kuah lontong serapah ini menggunakan telengis. Penggunaan telengis sendiri menjadi bumbu yang menghasilkan rasa yang amat mewah, bahkan wisatawan mancanegara pun amat menyukainya.

Telengis ialah hasil dari proses pengolahan minyak kelapa tradisional di Bali. Sesudah proses pemisahan minyak dan air dari rebusan santan kelapa, bagian yang tersisa hanya air kemudian disaring. Dan terakhir menyisakan berbentuk adonan cokelat kental seperti bahan tahu, berwarna keabu-abuan yang bernama telengisYang membedakan lontong serapah dibungkus menggunakan daun pisang. Di Bali sendiri pemilihan daun pisang buat pembungkus lontong atau makanan apapun biasanya dipilih dari jenis pisang tertentu. Hal ini biar mendapatkan rasa yang unik, dan juga mempengaruhi tekstur makanan yang dibungkus daun pisang. Makanan ini biasanya disajikan Kala perayaan Galungan dan Kuningan.

Kisah Lontong Serapah dari Jembrana

Menurut situs Mipmap. Lahirnya lontong serapah ialah sebuah tradisi memanfaatkan produk sampingan dari proses membuat minyak kelapa. Di pedesaan Jembrana, seperti juga beberapa daerah di Bali umumnya memiliki perkebunan kelapa. Dengan adanya kelapa di sekitar rumah, lalu membuat minyak goreng merupakan bagian kegiatan dapur masyarakat di Jembrana dan Bali.

Apa jadinya apabila lontong dinikmati dengan aneka sayur rebus dengan bumbu unik yang terbuat dari rebusan santan yang merupakan sisa dari proses pembuatan minyak? Enak? Sungguh enak. Lontong dengan aroma khas bercampur dengan aneka sayur rebus yang lembut masa digigit, ditambah dengan gurihnya rasa kuah kental santan dengan bumbu Bali.

Istimewanya ialah kuah kental santan dengan bumbu Bali itu. Kuahnya terbuat dari roroban ataupun telengis sebagai bahan dasar yang dimasak dengan bumbu Bali yang sederhana namun menghasilkan rasa yang mewah.

Lontong serapah biasanya di jual, kenapa? Karena apabila membuat dirumah umumnya tidak memakai lontong, hanya sayur saja, lalu disebut jukut serapah. Jukut artinya sayur-mayur. Jadi, lontong serapah ialah ‘jukut serapah’ dimakan atau disajukan dengan lontong. Ingat, lontong bukan ketupat, walaupun dari spesies yang sama namun mereka beda.

Bahan Baku Kuah

Telengis dan roroban ialah hasil sampingan dari proses pengolahan minyak kelapa tradisional Bali. Sesudah proses pemisahan minyak dari rebusan santan kelapa, bagian yang tersisa disebut roroban oleh masyarakat Jembrana. Bila hasil sampingan tersebut disaring yang akan menyisakan adonan kental seperti bahan tahu, berwarna coklat keabu-abuan, lalu akan disebut telengis.

Dalam pembuatan minyak kelapa skala rumah tangga, jumlah hasil sampingannya tidak terlalu banyak, sehingga sering tidak dilakukan penyaringan, melainkan langsung ditambahkan bumbu dan disiram di atas sayuran rebus. Sayuran rebus yang digunakan biasanya yang tumbuh di kebun seperti jantung pisang, bayam, kecipir ataupun kacang-kacangan. Campuran telengis berbumbu dan aneka sayuran ini disebut Jukut Serapah.

Menu ini cocok bagi anda yang mau mengurangi daging namun tetap mendapatkan asupan protein dan lemak dari tumbuh-tumbuhan.

Penasaran mau coba? Datanglah ke wilayah Bali bagian Barat tepatnya di kabupaten Jembrana. Lontong Serapah ialah kuliner khas daerah ini. Bagi yang belum sempat atau belum ada waktu kesana sanggup coba membuatnya sendiri. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi lontong jukut serapah komplit yang lezat sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis buat konsumsi sendiri maupun buat jualan ide usaha bisnis warung, rumah makan, bahkan restoran ala cafe resto cepat saji dengan menu lontong jukut serapah dan jajanan lainnya.

RESEP LONTONG JUKUT SERAPAH

BAHAN :

BAHAN KUAH :

  • 1 buah daun pepaya, hancurkan, peras dan ambil sarinya
  • 1 liter Santan Kara atau pakai santan kelapa asli
  • Garam sejumput
  • Masak 1 liter santan Kara dengan garam hingga mendidih, tambahkan sari daun pepaya, aduk aduk semasa 15 menit, sisihkan.

BUMBU KUAH :

  • 1 ruas kencur
  • 2 buah sereh/serai
  • 1 ruas kunyit
  • 1 lembar daun salam
  • 1 cm laos
  • Garam sejumput

BUMBU HALUSKAN :

  • 1/2 sdt merica
  • 100 gram cabai merah besar
  • 5 buah cabe rawit
  • 5 butir bawang putih
  • 5 butir bawang merah

CARA MEMASAK LONTONG JUKUT SERAPAH :

  1. Tumis bumbu halus, masukkan bumbu lainnya, masak hingga harum dan berminyak. tambahkan kembali santan yang telah dimasak. Aduk rata, masak hingga berminyak.
  2. Sajikan sayur dengan kuah dan lontong buat selera pedas tinggal tambahkan sambal pedas terpisah atau tambahkan topping cabe domba atau cabe setan super pedas.
0