Resep Kue Yangko Aneka Rasa Khas Jogja Yogyakarta Sederhana Spesial Asli Enak. Kue yangko yaitu makanan khas Yogyakarta atau tepatnya Kotagede yang terbuat dari adonan tepung ketan yang dibalut tepung gula dengan rasa manis yang khas karena ada unsur gurih. Sering disebut kue moci ala Yogyakarta yang telah menjadi oleh-oleh khas Jogja. Kalau tidak habis disantap hari ini, bungkus potongan yangko tradisional dengan kertas minyak warna-warni biar menarik dan unik dan laku dijual dengan harga murah-meriah.

Menurut situs Wikipedia Yangko yaitu makanan khas kota Yogyakarta dari Kotagede yang terbuat dari tepung ketan. Yangko original biasa berbentuk kotak dengan baluran tepung ketan, kenyal, dan rasanya manis seperti permen jelly yupi. Pada rasa aslinya, Yangko berisi campuran cincangan kacang tanah dan gula, seperti kue moci asal Jepang dan Cina. Hanya bedanya, moci atau kue mochi teksturnya lebih lembek dan lebih kenyal dibandingkan yangko. Selain rasa aslinya, kini yangko juga memiliki aneka rasa buah-buahan, seperti strawberry, durian, dan melon menurut aneka warna yang dibuat. Yangko banyak ditemui di daerah Kotagede, Yogyakarta.

Foto Resep Yangko Aneka Rasa Khas Jogja Yogyakarta Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Yangko Aneka Rasa Khas Jogja

Sejarah nama yangko diyakini berasal dari kata kiyangko. Dalam pelafalan lidah orang Jawa, kata kiyangko diucapkan dengan singkat menjadi yangko. Meskipun tidak banyak seperti kala dahulu, penjual Yangko kala ini juga banyak ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu yang terkenal yaitu Yangko Pak prapto paling enak di Jogja. Sejarah tersebut dimulai karena konon, orang yang pertama kali mengenalkan yangko yaitu Mbah Ireng yang tidak lain yaitu kakek buyut Suprapto. Meski Mbah Ireng telah berinovasi membuat yangko sejak tahun 1921, namun yangko baru mulai dikenal luas oleh masyarakat pada sekitar tahun 1939.

Kue Yangko yang memiliki rasa yang kental manis ini sesungguhnya merupakan makanan khas Kotagede. Kotagede yaitu sebuah kawasan di Kota Yogyakarta yang juga terkenal dengan kerajinan peraknya. Dahulu, Kotagede yaitu ibukota Kerajaan Mataram Islam, sebuah kerajaan besar yang menjadi cikal-bakal Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta. Di kota inilah sejarah Yangko bermula dimana dahulu kala makanan ini dikenal sebagai makanan raja-raja atau priyayi dan disitulah sekaligus alamat yangko Pak Prapto berada. Kalau hendak belajar cara membuatnya. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih yangko sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis bakal konsumsi sendiri maupun bakal jualan ide usaha bisnis aneka yangko aneka isi, aneka rasa, aneka warna, aneka bentuk, seperti kue yangko modern yakni yangko gulung isi kacang, yangko bulat, dll.

RESEP KUE YANGKO ISI KACANG TANAH KUPAS

BAHAN :

  • 600 gram beras ketan putih
  • 400 ml air, bakal merebus
  • 150 gram gula pasir
  • 3 lembar daun pandan, buat simpul
  • 1/4 sdt garam
  • Pewarna makanan hijau muda, secukupnya atau sanggup dengan warna muda lainnya seperti kuning muda, pink, merah muda, ungu, atau warna asli (original) yaitu putih

BAHAN ISI :

  • 50 gram kacang tanah kupas

BAHAN PELAPIS :

  • 100 gram tepung beras ketan putih

CARA MEMBUAT KUE YANGKO ISI KACANG TANAH KUPAS :

  1. Rendam beras ketan putih semalaman. Tiriskan. Jemur di bawah sinar matahari hingga kering. Haluskan menggunakan grinder. Ayak. Sangrai di atas api kecil. Angkat. Sisihkan 100 gram bakal taburan.
  2. Masak air, gula, pandan, dan garam di atas api sedang sambil diaduk hingga mendidih dan gula larut. Kecilkan api, tambahkan tepung ketan sangrai secara bertahap sambil diaduk hingga adonan mengental. Beri pewarna makanan, aduk rata. Angkat.
  3. Tuang adonan ke dalam Loyang persegi 18 x 15 x 3 cm yang dialasi plastik dan diolesi dengan minyak. Diamkan hingga tidak panas. Keluarkan.
  4. Belah adonan melintang menjadi 2 bagian. Ambil 1 bagian, taburi dengan bahan isi. Tumpuk dengan sisa potongan adonan. Taburi permukaannya dengan 1 sdm tepung ketan.
  5. Potong-potong yangko bentuk kotak 2 cm. Gulingkan ke sisa tepung.
  6. Sajikan bakal 30 buah.

RESEP YANGKO TANPA ISI SEDERHANA

BAHAN :

  • 500 gram tepung ketan putih.
  • Essens aneka rasa buah, secukupnya sesuai selera

BAHAN AIR GULA :

  • 200 gram gula pasir
  • 400 gram air

CARA MEMBUAT YANGKO TANPA ISI :

  1. Sangrai tepung ketan kurang lebih 10 menit. Angkat
  2. Ambil 400 gram tepung ketan yang telah disangrai. Sementara sisanya digunakan bakal membalur yangko nantinya.
  3. Cara membuat bahan air gula, dimasak sambil diaduk hingga mendidih. Segera matikan api. Sisihkan hingga benar-benar dingin.
  4. Campur tepung ketan dengan air gula yang dingin. Kocok rata menggunakan mixer dengan kecepatan terendah. Dapat diaduk manual menggunakan spatula, hanya butuh ketelatenan biar tak ada adonan yang menggumpal.
  5. Bagi adonan yangko menjadi 3 bagian. Masing2 diberi 1 tetes essens. Saya menggunakan essens jeruk, strawberry dan melon. Kalau teman2 hendak warna yang lebih kuat, sanggup ditambahkan dosis essensnya.
  6. Masak adonan yang diberi essens jeruk diatas api kecil sambil terus diaduk. Jangan berhenti mengaduknya karena akan bergumpal dibagian dasar.
  7. Masak hingga adonan menjadi lebih padat.
  8. Tuang yangko jeruk di dalam loyang yang dialasi kertas roti/plastik dan ditaburi tepung ketan sangrai.
  9. Taburi permukaan yangko dengan tepung ketan. Kemudian dengan menggunakan tangan yang dibungkus plastik, padatkan dan rapikan yangko jeruk. Lakukan dikala yangko jeruk masih panas. Sisihkan.
  10. Kalau sanggup tipis saja, jangan terlalu tebal. Kurang lebih penampakannya seperti ini.
  11. Masak dan cetak adonan yangko strawberry dengan cara yang sama seperti yangko jeruk. Sisihkan.
  12. Begitu juga dengan yangko melon. Dimasak dan dicetak dengan cara yang sama seperti yangko jeruk.
  13. Tutup yangko dengan plastik dan simpan didalam kulkas hingga set (kurang lebih 6 jam)
  14. Potong-potong menggunakan pisau yang dilapisi plastik biar tidak lengket.
  15. Balur dengan sisa tepung ketan. Sapu permukaan yangko dengan kuas bakal mengurangi ketebalan tepung.
  16. Bungkus dengan kertas minyak. Masukkan kembali dalam kulkas. Simpan semalaman.
  17. Sajikan.
0