Resep Kue Pepe Sagu Kukus Khas Betawi, Jakarta Sederhana Spesial Asli Enak. Kue pepe atau disebut juga kue lapis sagu kukus ini rasanya manis dan lengket serta kenyal. Terbuat dari adonan tepung beras, tepung sagu, gula pasir dan santan. Biar terlihat lebih menarik, adonannya juga mampu diberi macam-macam warna warni dengan menambahkan pewarna makanan, biasanya dominan sering warna hijau pandan atau daun suji buat warna alami. Adonan disusun berlapis warnanya beda-beda misalnya merah, hijau dan cokelat. Seperti kue lapis pada umumnya, kue berbentuk segi empat inipun dikukus hingga matang. Sedangkan buat mengukus satu warna biasanya membutuhkan waktu lima menit saja, kemudian masukkan lagi adonan warna lainnya. Sehabis matang dikukus, kue pepe dipotong persegi panjang dan disajikan diatas piring. Variasi kue pepe ekonomis ini ada bermacam-macam jenis, seperti kue pepe gula merah, kue pepe tepung beras, kue pepe hunkwe, kue pepe terigu, kue lapis ketan, kue lapis penganten, dll.

Foto Resep Kue Pepe Sagu Kukus Khas Betawi, Jakarta Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kue Pepe Sagu Kukus Khas Betawi

Kue pepe ialah kue tradisional berlapis-lapis sering disebut lapis Betawi yang masih termasuk aneka kue basah jajanan pasar tradisional yang menggunakan tepung sagu sebagai bahan utamanya yang dicampur tepung beras. Teksturnya lembut, empuk, dan kenyal. Rasanya manis legit menggoda. Anda juga mampu baca juga artikel resep sebelumnya di resep kue lapis tepung kanji kukus di bawah ini.

Baca Juga : Resep Kue Lapis Kukus

Teman yang pas buat kue pepe khas Betawi atau kue lapis kukus ini ialah secangkir kopi panas atau segelas teh panas. Kue ini juga banyak dijajakan di pasar tradisional atau toko kue. Namun Anda mampu membuatnya sendiri dengan resep dan komposisi yang pas mantap. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih pepe sagu Betawi atau kuih lapis kukus warna warni sajian sedap istimewa Fatmah Bahalwan, NCC lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis buat konsumsi sendiri maupun buat jualan ide usaha bisnis kue pepe hijau klasik alias kue lapis kukus dengan harga murah meriah. Anda juga mampu membuat kue pepe sagu tani modern, seperti varian kue pepe rainbow dengan warna-warni pelangi, kue pepe gulung, kue pepe susu, dll. Cocok buat acara hajatan, syukuran, arisan, tahlilan, dll.

RESEP KUE PEPE BETAWI

BAHAN :

  • 1.500 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 5 lembar daun pandan
  • 20 lembar daun jeruk purut, dibuang tulang
  • 625 gram tepung sagu (boleh gunakan tepung sagu tani)
  • 3 sdm tepung beras
  • 400 gram gula pasir
  • 2 sdt garam
  • 1/4 sdt pewarna merah cabai atau sesuai selera warna, misalnya pink
  • 50 ml air daun suji, dari 30 lembar daun suji, 1 lembar daun pandan, dan 1 tetes pewarna hijau muda

CARA MEMBUAT KUE PEPE BETAWI :

  1. Rebus santan, daun pandan, daun jeruk, dan garam hingga mendidih. Diamkan sampai hangat.
  2. Campur tepung sagu, tepung beras, gula pasir, dan garam. Tuang santan sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
  3. Ambil 500 ml adonan. Tambahkan air daun suji. Aduk rata. Sisanya biarkan putih.
  4. Tuang 100 ml adonan putih ke dalam loyang persegi 20x20x7 cm yang dialas plastik (boleh pakai loyang bulat). Kukus di atas api sedang 5 menit. Tuang lagi 100 ml adonan putih. Kukus 5 menit.
  5. Tuang 100 ml adonan hijau. Kukus 5 menit. Lakukan hal yang sama, dua putih, satu hijau.
  6. Terakhir tuang 100 ml adonan putih yang telah ditambahkan pewarna merah cabai.
  7. Kukus diatas api sedang 20 menit sampai matang. Dinginkan. Potong-potong.
  8. Sajikan buat 24 potong.
0