Resep Juadah Keras Khas Bengkulu Kue Masyarakat Kaur Sederhana Spesial Asli Enak. Bahasa Bengkulunya kue juadah keghas. Lebih tepatnya makanan ini berasal dari Kaur yang telah menjadi kue khas Kaur. Motif Juadah Keras bermacam-macam, sesuai dengan selera yang membuatnya. Ada yang berbentuk segi empat, segi tiga ataupun bulat. Juadah Keras wujudnya seperti layaknya kerupuk atau keripik, namun mempunyai cita rasa yang khas, tekstur yang renyah (crispy), garing kriuk dan gurih manis dari gula merah, dan bisa dijadikan sebagai lalapan atau cemilan (uenak tenan). Cara pembuatannya sangat sederhana, tetapi kalau tidak faham tekniknya maka kegagalanlah yang akan didapat.

Foto Resep Juadah Keras Khas Bengkulu Kue Masyarakat Kaur Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Juadah Keras Khas Kaur

Kue Juada Keras atau Juada Keghas adalah makanan khas dari Provinsi Bengkulu yang memiliki rasa yang sangat lah lezat, makanan ini biasanya sering di dapat pada hari raya atau acara pernikahan dan hajatan atau acara-acara khusus di luar itu sulit ditemukan kecuali bikin sendiri di rumah karena belum ada di temukan di warung-warung atau di toko oleh-oleh khas Bengkulu.

Di Kabupaten Kaur terdapat kue tradisional yang diberi nama “Juadah Keras”. Jenis panganan ini telah lama ada dan dikenal baik itu di daerah Kaur sendiri maupun di daerah lain. Juadah Keras berbahan dasar dari tepung beras, yang diciptakan oleh masyarakat Kaur dari generasi ke generasi.

Juadah Keras wujudnya seperti layaknya kerupuk, namun mempunyai cita rasa yang khas, renyah dan gurih, dan bisa dijadikan sebagai lalapan atau cemilan (uenak tenan). Cara pembuatannya sangat sederhana, tetapi kalau tidak faham tekniknya maka kegagalanlah yang akan didapat. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih juadah keghas sajia sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis masakan ala Bengkulu Kito.

RESEP KUE JUADA KERAS

BAHAN :

  • 500 gram tepung beras, sangrai
  • 300 cc air hangat secukupnya
  • 1/2 sdt air kapur sirih
  • 1 sdt garam secukupnya
  • 600 cc minyak goreng
  • 100 gram gula merah
  • 50 cc air

CARA MEMBUAT KUE JUADA KERAS :

  1. Campur tepung beras sangrai, air hangat, dan air kapur sirih. Aduk rata hingga dapat dipulung.
  2. Bagi adonan menjadi 4 bagian. Masing-masing bagian digilas setebal 1/2 cm. Potong bentuk jajaran genjang dengan ukuran 3X2 cm. Lakukan seperti itu sampai semua bahan habis.
  3. Panaskan minyak, goreng kering hingga warnanya kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  4. Masak gula merah dengan air hingga larut. Saring dan didihkan kembali hingga kental. Masukkan kue goreng dan masak dengan api kecil sambil diaduk rata dan gula mengering. Angkat dan dinginkan.
  5. Simpan dalam wadah kedap udara agar tahan lama.
  6. Sajikan segera.
0