Resep Kue Barongko Pisang Khas Bugis, Makassar, Sulawesi Selatan Sederhana Spesial Asli Enak. Kue barongko kukus ini merupakan makanan khas Bugis yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan (SULSEL) yang jadi kudapan favorit mendiang BJ Habibie. Sajian ringan ini terbuat dari campuran pisang kepok, santan, telur, gula, dan dibungkus oleh daun pisang, terus dikukus. Ada juga versi barongko tanpa daun pisang karena dimasak di loyang kue atau cetakan dan juga dapat pake cup bakal barongko cup atau pakai talam bakal barongko talam tanpa daun pisang. Teksturnya mirip dengan nagasari pisang yang lembut, kenyal dan empuk.

Foto Resep Kue Barongko Pisang Khas Bugis, Makassar, Sulawesi Selatan Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kue Barongko Pisang Kukus Khas Bugis

Menurut situs Wikipedia. Barongko merupakan makanan khas Bugis-Makassar yang terbuat dari pisang yang dihaluskan, telur, santan, gula pasir, dan garam. Kemudian dibungkus daun pisang terus dikukus. Apabila telah matang, dimasukkan ke dalam kulkas.

Dahulu, Barongko disajikan sebagai hidangan penutup bagi para raja Bugis. Selain itu juga sering disajikan kali acara adat seperti sunatan, akikah, pernikahan, syukuran dan lain sebagainya. Hingga kinipun Barongko masih biasa disajikan kali pesta adat. Selain itu pula, Barongko masih dapat dijumpai tengah bulan Ramadhan sebagai menu bakal berbuka puasa atau takjil.

Sedangkan bakal membuat Barongko lembut dan kenyal ini haruslah dikerjakan oleh orang yang telah berpengalaman. Dengan tujuan bakal mempertahankan kualitas rasa dan kelezatan yang khas dari Barongko. Karena itulah Barongko tidak mudah dijumpai di pasaran.

Pisang yang digunakan biasanya pakai pisang kepok karena rasa manisnya pas namun kalau pakai buah pisang lain boleh saja, misalnya bikin barongko pisang Ambon, pisang raja, pisang talang, pisang tanduk kalau mau manis banget pakai pisang nangka, dll. Jadi bahan-bahan dan komposisi resep di bawah ini dapat di modifikasi dan disesuaikan dengan bahan yang tersedia dan kondisi dompet. Mau ditambah gula merah juga boleh karena memang ada barongko gula merah, ada juga yang menambahkan agar-agar pada barongko pakai supaya supaya, bahkan jelly nutrijel, dll.

Baca Juga :

Barongko dulunya sering disajikan sebagai hidangan penutup bagi para Raja Bugis. Di samping sebagai hidangan di acara resmi, seperti sunatan, akikah, pernikahan, dan syukuran. Sanggup dibuat sendiri. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi barongko pisang kukus bungkus daun pisang sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis bakal konsumsi sendiri maupun bakal jualan ide usaha bisnis cemilan makanan dan jajanan aneka kue basah.

RESEP BARONGKO PISANG

BAHAN :

  • 1 sisir pisang kepok
  • 1 liter santan
  • 1 butir kelapa
  • 250 gram gula pasir
  • Susu kental manis secukupnya
  • 6 butir telur
  • Daun pisang secukupnya bakal membungkus

CARA MEMBUAT BARONGKO PISANG :

  1. Kupas pisang dan buang bagian hitam di tengah. Haluskan dan sisihkan.
  2. Campur gula, santan, susu, dan tambahkan pisang yang telah dihaluskan.
  3. Kocok lepas telur dengan garpu sampai tercampur, tidak perlu mengembang. Aduk rata.
  4. Bungkus adonan dengan daun, terus kukus semasa 30 menit atau sampai daun kelihatan masak. Angkat.
  5. Sajikan.
0