Resep Kue Balok Menes Khas Pandeglang, Banten Sederhana Spesial Asli Enak. Bila mendengar “balok” yang terbayang oleh kita merupakan sebuah kayu panjang berbentuk kubus. Tetapi di daerah Babakan Lor, Kecamatan Cikedal Kabupaten Pandeglang, balok merupakan nama sebuah penganan atau kue yang terkenal nikmat dan termasuk olahan singkong tradisional kuliner enak di Pandeglang. Jajanan pasar tradisional ini disebut balok karena kue ini seperti balok kayu yang digunakan sebagai bantalan rel kereta api.

Foto Resep Kue Balok Menes Khas Pandeglang, Banten Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kue Balok Menes Putih

Bahan pembuat kue balok khas Banten ini hampir sama dengan membuat getuk hanya prosesnya saja yang sedikit berbeda. Kue balok dibuat dari ubi ketela pohon alias singkong ubi kayu (dangdeur/sampeu dalam bahasa Sunda), kemudian dibuang kulitnya sampai bersih dan dicuci, terus dikukus hingga empuk/lunak. Proses berikutnya, ditiriskan terus ditumbuk menggunakan lesung sampai benar-benar halus dan diberi garam bakal memberi rasa gurih. Sesudah halus, dicetak dan dipotong-potong menyerupai balok kayu. Kue ini biasanya disajikan dengan bumbu serundeng, yakni kelapa parut yang diasang kemudian ditumbuk halus.

Kue Balok merupakan khas makanan khas dari Menes, sebuah kecamatan di Kabupaten Pandeglang Banten. Kue Balok merupakan sejenis makanan yang terbuat dari singkong berbeda dengan kue balok khas Garut, Bandung, berbentuk segi empat layaknya kotak, dan berwarna putih. Lembek bila disentuh dan kenyal bila telah berada di mulut. Itulah kue Balok. Yang unik dan khas dari makanan ini merupakan penambahan dua bumbu adalah bawang goreng yang dicampur sejenis minyak, diolesi tepat diatas potongan balok ini, tak lupa ditambah serundeng diatasnya. mau tahu rasanya? Yang jelas kalau makan satu, pasti pingin nambah rasanya.

BALOK CIODA

Makanan khas masyarakat kec. Menes yang berada di wilayah Kab. Pandeglang Provinsi Banten Yakni bermana Balok Cioda. Dari namanya terkesan aneh soalnya balok yang kita tahu itu kayu. Tetapi siapa sangka kue ini tidak seseram namanya lembut dan nikmat.apalagi sambil ngopi atau ngeteh di siang hari bolong. Bagimana cara membuat kue balok menes?. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih balok menes singkong serundeng sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis bakal konsumsi sendiri maupun bakal jualan ide usaha bisnis kue balok dari menes makanan khas Kabupaten Pandeglang yang memiliki warna putih dan kuning ini.

RESEP KUE BALOK MENES

BAHAN :

  • 1 kg singkong
  • Serundeng kelapa
  • Bawang merah
  • Minyak sayur
  • Garam

CARA MEMBUAT KUE BALOK MENES :

  1. Kupas singkong terus cuci sampai bersih.
  2. Kukus singkong sampai matang.
  3. Tumbuk singkong sampai halus / giling.
  4. Iris bawang merah terus goreng sampai matang kecoklatan, kemudian tuang ke wadah dengan minyaknya.
  5. Singkong yang telah ditumbuk di geleng/ditipiskan, kemudian di cetak bulat berdiameter kurang lebih 15cm atau menurut keinginan.
  6. Singkong yang telah dicetak di isi dengan serundeng.
  7. Lipat seperti halnya membuat risoles tetapi ini di buat tipis, kemudian olesi dengan minyak bawang berikut bawang gorengnya.
  8. Sajikan.

RESEP SERUNDENG KELAPA

BAHAN :

  • Kelapa parut (kelapa tua sedang)
  • Gula putih secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Rempah – rempah (lada,ketumbar, pala, cengkeh, kayu manis, bunga pala, kapulaga, kayu manis, jintan, kulabet, bawang putih, dll, biasanya bumbu rempah-rempah telah ada di warung di bungkus komplit )

CARA MEMBUAT SERUNDENG KELAPA :

  1. Sangrai kelapa parut berikut rempah – rempah kecuali bawang putih sampai garing dan kecoklatan dengan api sedang.Kemudian angkat.
  2. Masukkan wadah tumbuk tambahkan gula putih dan garam secukupnya,tumbuk sampai halus dan berminyak.Serundeng itu lebih enak kalau rasanya agak manis.
0