Resep Kue Ape Pandan Hijau Sederhana Renyah Khas Betawi Spesial Asli Enak. Kue ape Crispy ini di jual oleh Abang-abang Betawi, Jakarta, Bandung dan Jawa. Kue ini ada banyak kreasi maupun variasinya, hanya saja yang terkenal ialah yang berwarna hijau pandan dan daun suji asli, kata ncc. Kue Ape ini juga termasuk jenis aneka kue basah tradisional asli Indonesia yang proses pembuatannya sederhana, mudah dan praktis sungguh cocok bakal makanan pada acara arisan keluarga atau kumpul keluarga di rumah ditemani segelas kopi nikmat. So very special.

Foto Kue Ape Sederhana Asli Enak Khas Betawi
Gambar Kue Ape Ijo

Kue ape krispi ini menurut rujukan situs Wikipedia sering disebut kue Serabi Jakarta ialah jajanan khas betawi asli dari Jakarta. Bentuknya menyerupai pancake. Karena bentuknya, orang juga menyebutnya sebagai kue tetek. Kue istimewa yang biasa dijajakan di pinggir jalan, di depan sekolah dan depan mall oleh abang2 ini dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan susu. Masa ini dijual dengan berbagai variasi warna dan taburan di atasnya (keju atau coklat meses) dan bisa jadi suatu kala akan mengikuti jejak kue cubit green tea aneka topping yang pernah terkenal lebih dahulu. Anda juga mampu membuat kue ape warna-warni pelangi (rainbow).

Sajian sedap kue ape tradisional ini rasanya manis, enak dan wangi yang didapat dari harumnya daun pandan ijo, walaupun ada kue ape putih yang tidak menggunakan pandan tetapi kalah populer dengan kue ape ijo/hijau yang lembut dan empuk di tengah namun kering renyah dan krispi dipinggirannya. Ayo mulai memasak belajar bikin kue ape renyah sendiri di rumah. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih ape pandan hijau/ijo khas Betawi asli sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis bakal konsumsi sendiri maupun bakal jualan ide usaha bisnis kue ape ala Abang-abang pakai gerobak keliling atau mangkal di kaki lima.

RESEP KUE APE

BAHAN :

  • 3 butir telur (telor ayam/bebek, sesuai selera)
  • 100 gram tepung beras
  • 50 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 85 gram gula pasir
  • 200 ml air
  • 12 ml air daun suji (dari 12 lembar daun suji + 2 lembar daun pandan)
  • 4 tetes pasta pandan (boleh tidak pakai)

CARA MEMASAK KUE APE :

  1. Campur tepung beras, tepung terigu, baking powder, dan garam jadi satu.
  2. Masukkan gula dan tambahkan setengah bagian air sedikit-sedikit, uleni selagi 15 menit hingga rata.
  3. Masukkan air daun suji sedikit-sedikit sambil dikocok perlahan sampai menyatu. Diamkan 1 jam sampai adonan mengembang dua kali lipat.
  4. Panaskan kuali kue ape di atas api besar, olesi kuali dengan sedikit minyak.
  5. Tuang adonan ke dalam kuali dengan sendok sayur, tekan bagian tengahnya hingga membentuk pinggiran berkulit renyah. Tutup.
  6. Kecilkan api dan biarkan matang kira-kira 3-4 menit.
  7. Sajikan.
0