Resep Kopi Cengkeh Sederhana Spesial Asli Enak Segar. Rempah-rempah jenis cengkeh juga sanggup dicampurkan ke dalam kopi dan akan memberi rasa dan aroma yang unik dan khas. Kopi campur cengkeh ini sering disebut Kopi Rempah atau kopi empon-empon yang terdiri dari kopi, jahe, kapulaga, kayu manis, cengkeh, kunyit, dan pinang muda. Mampu dicampur semua sanggup juga salah satu bahan saja seperti pada resep kopi cengkeh di carabuatresep ini.

Foto Resep Kopi Cengkeh Sederhana Spesial Asli Enak Segar
Gambar Kopi Cengkeh

Rempah cengkeh yakni salah satu jenis rempah yang populer di Indonesia dan digunakan pada banyak masakan Indonesia terutama pada masakan gule dan kari.

Baca Juga :

Cengkeh bukan hanya sekedar rempah-rempah buat meningkatkan cita rasa masakan. Lebih dari itu, banyak khasiat dan manfaat kesehatan yang sanggup didapat dari konsumsi cengkeh.

Cengkeh diketahui mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium dan seng. Rempah-rempah berwarna cokelat ini juga mengandung vitamin C, B6, A, D, E, dan K, thiamin, niacin, dan asam folat.

Mencampurkan kopi dengan cengkeh sanggup memberikan manfaat buat menurunkan gula darah, mengurangi nyeri dan meredakan demam. Tehnik cara mencampurkan sanggup sewaktu goreng kopi atau sangrai biji kopi sanggup juga sehabis telah menjadi kopi bubuk. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kopi cengkih sajian seda[ istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis buat konsumsi sendiri maupun buat jualan ide usaha bisnis kopi rempah tradisional.

RESEP KOPI CENGKEH

BAHAN :

  • 2 sdm kopi hitam bubuk (atau pakai kopi tanpa ampas, seperti Nescafe, espresso, dll)
  • 5 buah cengkeh untuh atau sanggup pakai cengkeh bubuk kira-kira 1/6 sendok teh
  • 1 sdm gula aren atau gula merah atau gula rendah kalori (kalau suka gula pasir sesuai selera

CARA MEMBUAT KOPI CENGKEH :

  1. 1 gelas kopi atau 230 ml air dimasak hingga mendidih.
  2. 2 sendok teh bubuk kopi dan 5 buah cengkeh atau 1/6 sendok teh bubuk bunga cengkeh serta 2 Sachet gula merah/pasir ditaruh di cangkir.
  3. Air yang sudah panas mendidih dituang ke dalam cangkir yang telah berisi bubuk kopi, bubuk cengkeh dan gula merah/ pasir, diaduk rata.
  4. Sajikan selagi panas.
0