Resep Kheer Beras Puding Nasi Makanan Khas India Sederhana Spesial Asli Enak. Walaupun masakan India dan Pakistan namun cocok makanan bubur dengan rempah-rempah ini cocok juga bagi lidah orang Indonesia amat baik buat dijadikan hidangan menu berbuka puasa pada bulan Ramadhan nanti dan sebagai menu aqiqah anak. Resep masakan India kheer beras (rice kheer) ini Kalau dilihat dari bahan-bahan dan bumbu rempah-rempah yang dipakai dan digunakan makanan ini tergolong jenis makanan halal.

Foto Resep Kheer Beras Puding Nasi Makanan Khas India Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kheer Beras Puding Nasi India

Menurut situs Wikihow dan Wikipedia. Kheer atau payas yaitu makanan penutup yang mirip puding nasi. Makanan ini umumnya berasal dari negara-negara di Asia Selatan, seperti India dan Pakistan, dan disajikan pada acara tertentu. Puding, biasanya terbuat dari susu, gula dan salah satu dari – bihun, beras, gandum Bulgar, semolina, tapioka, dan kurma kering atau kismis. Penganan Asia Selatan ini juga dikenal sebagai “Payas”.

Baca Juga : Resep Puding Nasi

Payas pernah menjadi budaya sepanjang sejarah India, yang biasanya ditemukan pada upacara-upacara, pesta dan perayaan. Di banyak negara bagian India, masih terdapat tradisi kuno bahwa pernikahan tidak sepenuhnya diberkati bila payas (atau payasam di India Selatan) tidak disajikan pada pesta upacara adat seperti pernikahan, kelahiran anak, annaprashana (pemberian makanan padat pertama buat anak), dan acara-acara lainnya. Selain yoghurt manis, beberapa keluarga menjadikan kheer sebagai hidangan penutup sebelum anggota keluarga atau tamu berangkat buat perjalanan panjang jauh dari rumah.

Kheer yaitu makanan yang bergizi khas India dan Pakistan. Ada yang menyebutnya juga sebagai bubur nasi atau bubur beras dan ada juga yang menyebutnya dengan nama puding nasi atau puding beras berempah. Biasanya makanan ini disajikan kala sarapan pagi. Di samping itu, karena rasanya yang lezat, kheer disukai anak-anak. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kheer puding nasi ala India sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis buat konsumsi sendiri ataupun buat jualan ide usaha bisnis makanan sarapan pagi ala restoran cafe resto siap saji.

RESEP KHEER PUDING NASI

BAHAN :

  • 100 gram beras pandan wangi
  • 100 ml krimer
  • 1 liter susu cair
  • 100 gram gula
  • 10 gram kismis
  • 10 gram apricot cincang
  • 10 gram kacang pistachio cincang
  • 2 sdm kayu manis bubuk
  • 1 sdt kapulaga bubuk

CARA MEMASAK KHEER PUDING NASI :

  1. Didihkan susu, masukkan beras. Aduk-aduk.
  2. Tambahkan gula, kayu manis, krimer dan kapulaga, aduk sampai mengental dan membentuk bubur. Angkat.
  3. Sajikan di atas piring. Taburi kismis, apricot dan kacang pistachio.
0