Resep Kerupuk Sala Bada Khas Padang Pedas Renyah Crispy Sederhana Spesial Asli Enak. Di Sumatera Barat sala lauak (lauk/ikan) merupakan salah catu camilan tradisional khas masyarakat Pariaman Padang yang tinggal di pesisir pantai. Cemilan gorengan ini berbahan dasar tepung beras dicampur ikan asin, udang, kepiting, berbentuk bulat dan digoreng. Kalau pergi jalan-jalan ke pasar di Padang Anda bakalan menemukan banyak gerobak penjual sala kaki lima ini, terutama di daerah bundaran mesjid Muhammadiyah. Nah, kali ini carabuatresep akan membagikan variasi lain dari sala lauak yang namanya kerupuk sala bada karena tekstur makanan ini renyah garing kriuk krispi dengan rasanya yang gurih asin pedas sehingga disebut kerupuk atau keripik dan bisa jadi di Jawa disebut rempeyek atau peyek yang memiliki aroma tersendiri dan bumbunya wangi kunyit dan harum daun jeruk.

Foto Resep Kerupuk Sala Bada Khas Padang Pedas Renyah Crispy Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kerupuk Sala Bada Ikan Teri

Kini telah ada yang menjual tepung instan yang telah dilengkapi bumbu namanya tepung bumbu khusus sala lauak yang sungguh praktis. Cukup dituangi air panas dan diaduk dengan daun kunyit iris, dan ikan asin yang dihaluskan saya telah mendapatkan camilan yang lezat. Kerupuk sala yang saya buat ini merupakan variasi dari resep sala lauak bulek atau bulat. Kalau adonan sala biasa berbentuk kalis dan dapat dibulatkan, buat kerupuk atau keripik ini adonannya encer. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kerupuk sala bada gurih garing kriuk renyah sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis buat konsumsi sendiri maupun buat jualan ide usaha bisnis warung makan, rumah makan, bahkan ala restoran cepat saji yang lezat.

RESEP KERUPUK SALA BADA

BAHAN :

  • 150 gram bada basah (teri basah) atau ikan kecil
  • 250 gram tepung beras
  • 1 lembar daun kunyit, iris tipis
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 1/2 sdm cabe giling halus
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak buat menggoreng secukupnya

Baca Juga : Resep Sala Lauak

BUMBU HALUS :

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 ruas jari lengkuas
  • 1/2 ruas jari kunyit
  • 2 lembar daun jeruk

CARA MEMBUAT KERUPUK SALA BADA :

  1. Bersihkan bada/teri basah, buang kepalanya, cuci bersih.
  2. Masukkan bumbu halus, daun kunyit, cabe, daun bawang dan garam. Aduk rata.
  3. Tambahkan tepung beras, aduk dengan air yang dimasukkan sedikit demi sedikit sehingga menghasilkan tekstur adonan yang tidak terlalu kental atau encer.
  4. Panaskan minyak (kira-kira 250 ml) dengan api sedang, goreng sedikit adonan buat mencicipi rasanya apakah kurang garam, bumbu atau keasinan.
  5. Bila telah dirasa pas, ambil 1 sendok nasi adonan sebarkan melebar di bagian pinggir/dinding kuali (kira-kira 2-3 cm diatas minyak, tetapi pastikan bagian kuali tersebut telah disiram minyak sebelumnya. Kalau tidak adonan dapat lengket di kuali).
  6. Siram-siram adonan sehingga kemudian terlepas dari dinding kuali. Di sini gunakan api sedang-kecil supaya kerupuk tidak masak luar tetapi masih lunak didalamnya. Goreng hingga kerupuk berwarna coklat keemasan. Angkat.
  7. Sajikan.

TIPS & TRICKS :

Kerupuk/keripik ikan teri khas Sumatera Barat ini paling enak dijadikan sebagai lauk makan. Karena terdiri dari bahan basah kerenyahan kerupuk ini tidak tahan lama, kira-kira 3 jam, jadi sebaiknya digoreng kali hendak makan biar lebih nikmat dan mantap poll.

0