Resep Kerupuk Kamang Khas Padang dari Singkong Ubi Kayu Sederhana Spesial Asli Enak. Kerupuk Kamang, yakni suatu jenis kerupuk dengan bahan baku ketela pohon jenis ubi ketan atau singkong yang hingga ketika ini masih amat diminati di pasaran. Secara lengkap kerupuk Kamang merupakan Kerupuk yang terbuat dari ubi kayu atau singkong, direbus dengan bumbu tertentu, kemudian dilumatkan. Sehabis lumat, adonan dasar tersebut kemudian dipipihkan. Lembaran pipih itu lah yang kemudian dicetak dengan susu kental. Sehabis dicetak, kemudian dipanaskan dengan sinar matahari. Kerupuk atau keripik ini spesial dibuat dari daerah Kamang, Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Kalau di Sunda, Jawa Barat Bandung ada yang namanya Kicimpring atau kecimpring sama-sama kerupuk singkong dengan bumbu aneka rasa atau kerupuk opak/kerupuk salo. Sejarah kerupuk kamang berawal dari kerupuk Koto Panjang.

Foto Kerupuk Kamang Goreng dari Ubi Kayu Alias Singkong Sajian Sedap Sekejab Langsung Enak
Gambar Kerupuk Kamang Goreng

Ketua KWT Indah Sari, Mur, Rabu (21/1), mengatakan, dengan pembinaan dan pendampingan Pemkab Agam lewat UPT BP4K2P Kecamatan Kamang Magek berhasil mencoba buat berinovasi berbagai rasa dan aroma dari hasil modifikasi. Kerupuk Kamang ubi kayu ketelah pohon alias singkong kini hadir dengan cita rasa jagung bakar, balado, lado mudo, manis, rendang, dan sebagainya.

News Okezone, baru-baru ini memberitakan mengenai kerupuk kamang dari ubi. Dua mahasiswa asal Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, Sari Rahayu dan Okti Diana Bahrun mengenalkan makanan lokal makanan khas Minang yakni, Kerupuk Kamang di negara Turki beberapa waktu terus.

“Keduanya melakukan pengenalan di Turki dalam rangka mengikuti workshop penelitian internasional pada 27 hingga 28 Februari 2016,” kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unand, Prof Hermansah, di Padang, seperti dilansir Antara, Sabtu (12/3/2016).

Dia menyebutkan, inovasi yang dilakukan oleh kedua mahasiswa asal Padang itu yakni mengemas kerupuk asal Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam itu menjadi lebih menarik. Dalam pengenalan di Turki lewat penampilan presentasi, kedua mahasiswa tersebut menyajikan suatu makalah pada pentingnya industri kecil Kerupuk Kamang dalam menopang kehidupan masyarakat sekitar.

Foto Kerupuk Kamang Mentah Siap di Kemas atau di Goreng
Gambar Kerupuk Kamang Mentah

“Di samping itu, inovasi lain yang ditampilkan kedua mahasiswa tersebut yakni mengubah rasa kerupuk menjadi rasa rendang, inilah yang menjadi khas pengenalannya di Turki,” imbuh Hermansah.

Kala berangkat ke Turki, kedua mahasiswa tersebut didampingi pembimbing yakni Prof Helmi, yang juga menjabat sebagai wakil rektor bidang kerjasama Unand. “Hal ini prestasi membanggakan dari warga Padang mengenalkan masakan khas Minang,” tambahnya.

Ke depan, ujar Hermansah, pihaknya akan mencari dan menyaring potensi mahasiswa semacam ini biar dapat berkembang. Kemudian mereka akan diberi fasilitas buat memperkuat keyakinannya dalam menciptakan berbagai karya yang kreatif.

“Prestasi bukan hanya kebanggaan institusi namun juga daerah,” katanya.

Sementara itu salah satu mahasiswa Unand, Reni Fitri mengapresiasi adanya pengenalan makanan khas Minang di luar negeri. Dia berharap nantinya kerupuk Kamang ini diminati banyak masyarakat sehingga popularitasnya dapat menyamai rendang Padang yang dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia.

Kerupuk kamang medium tebal terbuat dari singkong yang direbus dan digiling. Adonan gilingan singkong tersebut terus dicampur dengan aneka bumbu alami nan khas, sehingga ketika digoreng akan mengeluarkan aroma yang khas dan unik yang mampu membangkitkan selera.

Kerupuk kamang/karupuak kamang khas Padang ini dikemas langsung dari tungkunya, Jadi rekomendasi kali. Sampai ketika Ini masih diproduksi secara tradisional atau masih memanfaatkan tenaga manusia dan alam. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kerupuk Kamang singkong khas Padang, Minang Kabau, Sumatera Barat sajian sedap istimewa lengkap dengan cara mudah bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) proses dari kerupuk kamang mentah sampai siap langsung digoreng step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis buat konsumsi sendiri maupun buat jualan ide usaha bisnis aneka kerupuk semoga sanggup bikin sendiri kerupuk singkong bumbu aneka rasa yang kreatif yang dapat dijual dengan harga murah meriah, semoga laris manis.

RESEP KERUPUK KAMANG

BAHAN :

  • 2 buah ubi singkong
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm merica
  • 4 lembar daun kunyit/ daun kucai
  • Talenan
  • Gelas
  • Roller

CARA MEMBUAT KERUPUK KAMANG :

  1. Kupas bersih ubi kemudian rebus berserta garam sampai ubi lunak, tumbuk ubi masukan irisan daun kunyit dan merica, uleni sampai semua tercampur.
  2. Ambil sedikit adonan letakan di atas talenan, giling tipis, cetak dengan gelas kaki lima, Lakukan sampai semua bahan habis (karna baru coba buat ada yang tebal dan tipis hasilnya
  3. Letakan di rak, jemur semasa 3-4 hari.
  4. Kerupuk ubi telah siap buat di goreng.
  5. Sajikan kerupuk kamang goreng.
0