Resep Keripik Kulit Melinjo (Tangkil) Pedas Manis Renyah Sederhana Spesial Asli Enak. Menurut situs Tribunnews kulit melinjo atau tangkil warna merah atau kulit melinjo matang disulap warga Desa Narimbang, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat ini menjadi makanan kecil atau makanan ringan atau cemilan (snack) yang rasanya gurih dan renyah tentu dapat dibuat aneka rasa bumbu yang kita sukai atau biarkan rasa original tanpa tepung.

Foto Resep Keripik Kulit Melinjo (Tangkil) Pedas Manis Renyah Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Keripik Kulit Melinjo (Tangkil) Pedas Manis

Padahal sebelumnya kulit melinjo ini kerap dijadikan masyarakat desa ini hanya sebagai kudapan bersama nasi dan disebut jeket atau jaket. Jaket atau jeket ialah masakan oseng-oseng atau tumis kulit melinjo atau tumis tangkil dalam bahasa Sunda ada yang mencampurkan kecambah atau toge atau sayur buncis kemudian dimasak dengan bumbu tumis dimakan bersama nasi putih, sambal pedas dan lauk lainnya. Makanan ini juga terdapat di Majalengka dan daerah sekitarnya. Kalau biji melinjo dapat dijadikan emping atau kerupuk atau keripik melinjo yang renyah garing crispy. Itulah kelebihan tanaman melinjo sampai daun melinjo pun dapat diolah menjadi masakan tumis daun melinjo sampai campuran sayur asem.

Seiring berjalannya waktu, kulit melinjo atau jeket ini menjadi makanan ringan alias cemilan kripik dengan nama ketring (jeket kering). Hanya di Sumedang ini kulit melinjo dapat menjadi cemilan berupa keripik. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi keripik kulit melinjo merah pedas manis sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis buat konsumsi sendiri maupun buat jualan ide usaha bisnis aneka keripik unik dan menarik. Sedangkan buat keripik kulit melinjo aneka rasa dapat pakai bumbu tabur dan buat yang lebih renyah garing kriuk krispi dapat pakai tepung crispy.

RESEP KERIPIK KULIT MELINJO PEDAS MANIS

BAHAN :

  • 1 kg kulit biji melinjo matang cirinya berwarna merah tua, pilih yang bagus, cuci bersih
  • Minyak goreng buat menggoreng secukupnya

BUMBU HALUS :

  • 250 gram gula merah yang sudah disisir
  • 5 siung bawang putih
  • 3 ml cuka 25% (opsional)
  • 12 buah cabai merah tanpa biji, diiris tipis-tipis atau tambah cabe rawit buat selerah pedas
  • 7 lembar daun jeruk nipis
  • 1,5 sdm ketumbar
  • 2 batang sereh, dimemarkan
  • Garam secukupnya
  • 1/4 sdt kaldu ayam (opsional)

CARA MEMBUAT KERIPIK KULIT MELINJO (TANGKIL) PEDAS MANIS :

  1. Cucilah kulit mlinjo atau tangkil hingga benar-benar bersih kemudian jemur hingga kering.
  2. Haluskan bumbunya yakni bawang putih, daun jeruk, dan garam kemudian tumis dengan sedikit minyak hingga harum. Jikalau telah masukan bahan-bahan lain seperti gula merah, sereh, cabe, kemudian cuka dan sedikit air matang kira-kira seperdelapan gelas. Aduk semuanya hingga mengental.
  3. Bersamaan selagi membuat bumbunya, gorenglah kulit melinjo yang telah dijemur hingga garing.
  4. Bila telah garing dan masih panas segera masukan pada adonan bumbu yang telah dibuat, dan aduklah hingga semuanya benar-benar merata. Angkat dan dinginkan.
  5. Sajikan atau simpan di dalam toples biar tetap renyah dan tahan lama atau dikemas plastik buat siap dijual.
0