Resep Kaju Katli Khas India Sederhana Spesial Asli Enak. Kaju katli atau kaju katri cake merupakan manisan tradisional India ini dicintai oleh hampir semua orang, dari anak-anak, remaja ABG, hingga orang tua.

Foto Resep Kaju Katli Khas India Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kaju Katli India

Menurut situs Wikipedia. Kaju katli (secara harfiah “irisan mete”), juga dikenal minangka kaju barfi, minangka salah sawijining olahan tradisional panganan cuci mulut India sing padha karo barfi . Kaju tegese kas ; Barfi asring, nanging ora mesthi, digawe nganggo susu kenthel karo gula lan bahan liyane (kayata woh-wohan garing lan rempah-rempah sing lembut). Kesar kaju katli ialah resep kaju katli sing kalebu safron.

Kaju katri (harfiah “irisan jambu mete”), juga dikenal sebagai kaju barfi, yaitu makanan penutup India yang mirip dengan barfi. Kaju berarti jambu mete; Barfi sering, tetapi tidak sering, dibuat dengan mengentalkan susu dengan gula dan bahan-bahan lain (seperti buah-buahan kering dan rempah-rempah ringan). Kesar kaju katli yaitu resep kaju katli yang mengandung kunyit.

Hidangan ini disiapkan dengan kacang mete yang direndam dalam air buat waktu yang cukup lama (biasanya semalaman), yang kemudian digiling menjadi pasta. Larutan gula direbus sampai terbentuk benang tunggal selagi dua jari dicelupkan ke dalamnya dan ditarik terpisah, seusai itu ditambahkan ke kacang mete kaju. Ghee, kunyit (kesar), dan buah-buahan kering juga dapat ditambahkan. Pasta tersebut kemudian dioleskan dan diratakan dalam piring datar dengan dasar datar dan dipotong menjadi potongan-potongan berbentuk berlian seukuran gigitan. Potongan biasanya dihiasi dengan kertas perak yang dapat dimakan. Manis yang telah jadi biasanya berwarna putih atau kuning tergantung pada bahan yang digunakan buat pasta dan proporsi masing-masing yang digunakan. Katli secara tradisional dimakan selagi Diwali.

Kaju katli juga dapat disiapkan dengan mengganti sirup gula dengan gula kristal dan memanaskan seluruh adonan alih-alih sirup gula-air. Kaju katli bukanlah makanan penutup yang tahan lama, di musim dingin dapat bertahan hingga 7 hari, tetapi di musim panas seseorang harus mengkonsumsinya dalam waktu 3-4 hari. Karena popularitasnya di India, banyak vendor seperti Bikaner dan SweetDabba pernah membuat versi bebas gula dari manisan ini.

Kue kaju katli makanan India yang sehat, manis, lembut meleleh dan lumer di mulut yang rasanya sungguh lezat. Barfi super lezat yang terbuat dari Kaju (kacang mete) ini benar-benar menggiurkan dan membuat semua orang memilih hidangan manis dekaden ini berulang-ulang. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih kaju katli atau kaju katri takaran sendok dan takaran cup/cangkir/gelas yang lembut dan empuk sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis buat konsumsi sendiri maupun buat jualan ide usaha bisnis restoran ala cafe resto India Cepat siap saji.

RESEP KAJU KATLI

BAHAN :

  • 2 cup/cangkir kacang mede (cashew)
  • 1 cup/cangkir gula bubuk
  • 1/2 gelas susu cair
  • 1/2 cup/cangkir susu bubuk (milk powder)
  • 1/2 sdt bubuk kapulaga
  • Bubuk pala sedikit (opsional)

CARA MEMBUAT KAJU KATLI :

  1. Ambil double boiler, didihkan air. Di atas wajan panas, tambahkan gula bubuk dan susu, aduk terus.
  2. Giling kacang mete dengan sungguh halus (penggiling kering akan melakukan yang terbaik). Ambil bubuk mete dalam mangkuk pencampur, sekarang tambahkan gula halus dan susu bubuk campuran.
  3. Tambahkan bubuk kapulaga dan sejumput bubuk pala.
  4. Uleni campuran, tambahkan sedikit air sesuai kebutuhan.
  5. Uleni sampai menjadi adonan seragam yang halus dan jambu mulai melepaskan minyak.
  6. Dengan menggunakan rolling pin, gulung seragam adonan dengan ketebalan yang diinginkan. Buat rolling pin minyak grease mudah dengan ghee atau menggunakan kertas lilin.
  7. Potong menjadi bentuk berlian dengan bantuan pisau tajam atau pemotong Pizza. Simpan di kulkas.
  8. Sajikan pada suhu kamar buat 4 porsi.
0