Resep Roca Timun Sederhana Spesial Asli Enak. Bikin Minuman es Roca Timun atau es roco timun, cegah kolesterol naik seusai makan aneka olahan Daging Kambing. Mengonsumsi daging kambing dan daging sapi secara berlebihan akan menyebabkan kolesterol dan tensi darah naik. Jikalau terjadi hal ini akan membuat kesehatan tubuh kita jadi terganggu.

Biar supaya terhindar dari gangguan kesehatan, seperti peningkatan kolesterol atau tensi darah tinggi sewaktu mengkonsumsi daging kambing atau daging sapi pada Hari Raya Idul Adha Lebaran Haji, buah timun menjadi buah yang cocok jadi pendamping bakal menu olahan daging kambing tersebut.

Foto Minuman Roca Timun Asli Enak Cegah Kolesterol
Gambar Es Roca Timun

Sebagaimana Okezone kutip dari resep masakan dan resep minuman yang dimuat pada buku 1500 Resep Minuman Laku Dijual, karya Indriani, disana ada cara membuat minuman roca timun atau roco timun atau mentimun atau buah ketimun yang segar dan bermanfaat.

Roca timun atau roco timun yakni minuman tradisional asal Sumatera Utara yang terbuat dari ketimun dengan sirup gula merah yang pernah direbus dengan daun pandan. Rasanya yang manis dan segar pas bakal disajikan waktu siang hari. Apalagi kalau ditambahkan es serut semakin menyegarkan.

Terlepas dari pro dan kontra jangan minum es sesudah makan daging kambing atau daging sapi sebaiknya minum air hangat terlebih dahulu sesudah beberapa jam atau sekarang saja buat minuman ini, kan telah lama makan daging gulai kambing dan sate kambingnya telah larut pula lemaknya. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi ais roca timun anti kolestrol sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis bakal konsumsi sendiri maupun bakal jualan ide usaha bisnis warung nasi, warung sate, rumah makan, maupun buka restoran ala cafe resto cepat saji.

RESEP ES ROCA TIMUN

BAHAN :

  • 300 gram kelapa muda, serut panjang
  • 350 gram mentimun, buang biji, potong dadu
  • 600 ml air kelapa muda
  • 250 gram es serut (bila perlu)

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Sate Kambing

BAHAN SIRUP GULA MERAH :

  • 200 ml air
  • 300 gram gula merah, sisir halus
  • 1/4 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan

CARA MEMBUAT ROCA TIMUN :

  1. Sirop gula merah : rebus air, gula merah, garam dan daun pandan sampai gula larut. Saring dan dinginkan.
  2. Susun dalam gelas tinggi, sirop gula, kelapa muda dan mentimun. Tambahkan es serut berlanjut tuangkan air kelapa hingga gelas hampir penuh.
  3. Sajikan segera.

Menurut Solopos Berita Resep Masakan :

Namun begitu, sebelum membuat roca timun, ada baiknya Anda simak dua pendapat soal penggunaan es sebagai minuman sesudah makan daging kambing.

Chief Executive Officer (CEO) Kelana Rasa Culinary, Arie Parikesit mengatakan cara paling baik bakal menikmati kambing yakni menyeimbangkan unsur. Menurutnya, seharusnya ada konsep keseimbangan setiap mengkonsumsi makanan, termasuk kambing.

“Daging kambing itu kan punya unsur panas, jadi sebaiknya disembangkan dengan yang dingin. Timun sungguh baik apalagi kalau diolah menjadi minuman dengan es,” ujar Arie, sebagaimana Solopos.com lansir Kamis (24/9/2015).

Sedangkan fakta lain diungkap juru masak jebolan Master Chef Indonesia, Brian. Menurutnya, sesudah menyantap olahan kambing, sebaiknya jangan langsung minum es.

“Aneka Olahan kambing biasanya sungguh berlemak. Tengah es masuk ke dalam tubuh nanti lemaknya malah menggumpal,” jelas Chef Brian dikutip Solopos.com dari Okezone, Kamis.

0