Resep Brudel Cake Panggang Klasik Sederhana Spesial Khas Manado Asli Enak. Brudel cake atau bluder cake yang teksturnya lembut dan empuk kalau dilihat dari cara memasaknya terdiri dari 2 jenis brudel atau bluder yang dimasak dengan cara dipanggang disebut brudel panggang dan ada juga yang dimasak dengan cara dikukus disebut brudel kukus. Kue brudel atau bluder masih tergolong kue basah tradisional yang masih satu keluarga dengan kue bolu dan roti.

Foto Resep Brudel Cake Panggang Klasik Sederhana Spesial Khas Manado Asli Enak
Gambar Brudel Cake Panggang Klasik Manado

Brudel yaitu makanan tradisional kue khas Manado, Sulawesi Utara yang juga kue warisan Belanda yang nama aslinya Broedel seperti halnya klappertaart, ontbijtkoek, olliebalen/bitterbalen, poffertjes, dll, sebenarnya bluder ada 2 macam, ialah jenis bluder cake (kue bolu) dan roti bluder biasanya bluder Cokro Madiun yang pernah menjadi oleh-oleh khas Madiun, adonan dasar awalnya sama-sama lembek dan hasil akhirnya berongga seperti roti. Akan tetapi di Manado sendiri disebut brudel. Kini banyak sekali resep beredar di Internet hasil aneka kreasi olahan brudel modern hasil kreatifitas Master Chef Indonesia dan anggota komunitas memasak seperti grup memasak Langsung Enak, Cookpad Dapur Masak, Sajian Sedap, dll. Diantaranya, ada resep brudel Manado, resep brudel cake, resep brudel bisnis buat usaha dengan aneka topping taburan coklat, resep brudel coklat, resep bluder tape, resep brudel cake Manado, resep brudel keju, resep brudel santan, dll. Bakal artikel resep lainnya akan dibahas pada artikel brudel varian selanjutnya.

Menurut Mba Ricke Indriani yang juga member NCC, Brudel ini gabungan antara kue bolu dan roti (bread cake), karena menggunakan ragi dalam proses pembuatannya, aromanya pun khas roti berpadu dengan susu bubuk walaupun ada juga yang menggunakan susu kental manis (SKM), tetapi mempunyai tekstur yang spongy seperti cake, bentuknya pun seperti cake. Sekarang metode pembuatan brudel pernah berkembang dengan aneka kreasi dan kreatifitas Sang pembuatnya, seperti ada yang pembuatannya mirip buttercake dengan cara mentega atau margarin dikocok dengan gula pasir terlebih dahulu. Namun yang saya buat ini merupakan brudel klasik tradisional yang asli yang hanya diaduk menggunakan whisker alat kocok manual atau sanggup pakai sendok kayu saja. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kek brudel panggang oven yang lezat lembut dan empuk sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis buat konsumsi sendiri maupun buat jualan ide usaha bisnis aneka cake atau kek pasti laku keras dan banyak pesanan (orderan).

RESEP BRUDEL CAKE PANGGANG MODERN

BAHAN :

  • 3 butir telur
  • 225 gram gula pasir
  • 11 gram fermipan ragi instan
  • 150 gram margarin
  • 1 sachet susu bubuk
  • 1 sachet santan kara kecil di larutkan dengan air hangat menjadi 1 gelas belimbing
  • 500 gram tepung terigu
  • Keju dan kismis buat taburan secukupnya

CARA MEMBUAT BRUDEL PANGGANG OVEN :

  1. Campur semua bahan kemudian mixer dengan speed rendah sampai rata tuang ke dalam loyang yang telah diolesi margarin dan ditaburi tepung terigu, diamkan 45 menit, taburi dengan keju dan kismis panggang di oven dengan api sedang sampai matang.
  2. Pakai kocokan manual (whisk) tanpa mixer juga sanggup. Saya pakai mixer juga tidak lama ngocoknya asal telah nyampur adonannya tidak perlu sampai berwarna pucat.
  3. Loyang yang dipakai tinggi 9 cm dan diameternya 27 cm, telah dingin tidak keras tetap lembut dan empuk.
  4. Sajikan.

RESEP BRUDEL KLASIK KHAS MANADO

Resep by : Mba Ricke

BAHAN :

  • 275 gram terigu protein sedang
  • 100 gram gula pasir halus (gula kastor), klo ga ada pakai gula pasir yang diblender supaya hasil cake lebih bagus dan halus
  • 50 gram susu bubuk
  • 1/2 bungkus ragi instan (1 bungkus isi 11 gram)
  • 3 butir telur, kocok lepas
  • 100 ml air hangat
  • 75 gram margarin/mentega (tidak usah dilelehkan ya)
  • 30 gram keju cheddar parut
  • 25 gram kacang kenari cincang (saya kemarin pakai mete)
  • 100 gram fruit mix (cherry merah, cherry hijau dan kismis), potong-potong

CARA MEMBUAT BRUDEL KLASIK KHAS MANADO :

  1. Campur bahan kering: terigu, gula pasir halus, susu bubuk dan ragi instan. Aduk rata dan ayak pada sebuah wadah agak besar.
  2. Masukkan telur, aduk rata.
  3. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata dan halus.
  4. Masukkan keju parut, aduk rata.
  5. Masukkan margarin/mentega. Aduk rata hingga adonan menjadi lembut.
  6. Tuang di loyang tulban yang pernah dioles margarin. Ratakan permukaannya. Diamkan 30-45 menit sampai naik dan mengembang (tergantung cuaca dan kelembaban di tempat masing-masing).
  7. Taburi permukaannya dengan kenari cincang dan fruit mix.
  8. Oven 30-45 menit dengan suhu 180’C sampai matang (tes tusuk telah tidak lengket).
  9. Panas-panas oles permukaan cake dengan margarin/mentega.

TIPS & TRICKS :

  • Tinggi adonan selagi dituang skitar 1/2 tinggi loyang, sesudah didiamkan akan naik dan mengembang hampir 2x lipatnya. Dan sesudah dioven akan tambah naik. Kemarin saya menggunakan loyang yang agak tinggi (10 cm), sanggup menggunakan loyang tulban dengan tinggi 7 cm nanti cakenya akan menjulang lebih tinggi dari loyang namun tidak akan tumpah/meluber keluar loyang.
  • Keluarkan dengan cara dibalik, kalau menggunakan taburan (seperti saya) sesudah dikeluarkan balik kembali ke atas piring saji.
  • Biar cake tidak cepat kering sesudah dingin simpan dalam wadah kedap udara (sanggup dipotong-potong dahulu).
  • Cake ini rasanya memang tidak terlalu manis, sanggup juga disajikan dengan olesan selai atau ditaburi coklat meisyes. Kemarin saya makan pakai olesan selai marmalade.
  • Mampu Anda variasikan dengan berbagai rasa, misalnya keju, coklat, tape, pisang, dll.
0