Resep Bolu Peca Khas Bugis Makassar Sederhana Spesial Asli Enak. Kue bolu pecah kukus khas Bugis ini amat lembut dan empuk yang rasanya manis banget. Bolu peca yaitu kue basah tradisional yang terbuat dari bahan dasar tepung ketan atau tepung beras putih tetapi ada juga yang membuat bolu ini dengan tepung terigu yang disebut bolu peca tepung terigu. Adapun gula merah juga sanggup diganti dengan gula putih, karena memang ada kue bolu peca gula putih. Makanya kue bolu mekar mengembang ini terlihat seperti kue bolu karamel sarang semut yang rasanya manis minta ampun tetapi lezat sekali.

Foto Resep Bolu Peca Khas Bugis Makassar Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Bolu Peca Khas Bugis Makassar

Bolu peca atau bolu pecah yaitu kue suku bugis khas Makassar, Sulawesi Selatan (SULSEL) yang wajib disajikan secara istimewa pada lebaran Hari Raya Idul Fitri yang sedang populer di grup memasak resep masakan Langsung Enak Mba Hesti dan di Cookpad. Kue ini masih tergolong jenis kue basah tradisional dan proses memasaknya dengan cara dikukus makannya sanggup mengembang sampai pecah merekah. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi bolu peca kukus merekah khas Bugis sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis buat konsumsi sendiri maupun buat jualan ide usaha bisnis aneka kue bolu tradisional dan modern.

RESEP BOLU PECA

BAHAN ADONAN DASAR BOLU :

  • 3 butir telur ayam
  • 4 sdm tepung ketan putih sangrai
  • 1/2 sdt soda kue/baking soda

BAHAN ADONAN GULA :

  • 3/4 kg gula merah khas Sulawesi
  • 1 gelas air
  • 1/2 sdt Vanili

CARA MEMBUAT BOLU PECA KHAS BUGIS :

  1. Buat adonan bolu lebih dulu. Kocok telur bersama soda kue hingga mengembang, tambahkan tepung ketan sangria yang pernah disangrai, sisihkan.
  2. Siapkan cetakan empat persegi ukuran 22 cm, oles dengan mentega. Tuang adonan ke dalam cetakan dan kukus hingga matang. Sesudah kue dingin, iris setebal 2×7 cm.
  3. Sementara menunggu kue dingin, masak air, gula merah dan vanili di atas api sedang hingga cair. Kemudian saring dan didihkan kembali.
  4. Sesudah air gula jadi celupkan irisan kue ke dalam air gula satu per satu hingga bolu berubah warna menjadi coklat. Angkat.
  5. Sajikan.
0