Resep Bolu Kukus Gula Merah Mekar Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak. Cetakan bolu kukus gulmer kue basah tradisional yang sering digunakan ada 2 macam, yang satu pakai cetakan bolkus dan satunya pake cetakan cupcake/muffin. Hasilnya mekrok semua. Akan tetapi tetap ada perbedaanya. Yang memakai cetakan bolkus dapat menjulang tinggi mengembang dan merekah lebih lebar kelihatan pecah-pecah mekar sempurna. Sedangkan yang pakai cetakan cupcake atau cetakan muffin, mekarnya lebih halus dan tidak over atau berlebihan dapat dibilang pas mantap dan warna merahnya bagus, cantik dan menarik tidak kalah dengan bolkus ala Tintin Rayner di Instagramnya.

Foto Resep Bolu Kukus Gula Merah Mekar Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak
Gambar Bolu Kukus Gula Merah Mekar Sempurna

Menurut Rina-dapurmanis resep asli tradisional menggunakan 500 gram tepung terigu. Rina Audie cuma bikin separuhnya saja. Takaran gula juga dikurangi sedikit. Takut terlalu manis, karena kurang suka yang terlalu manis. Kue basah ini bahannya simpel. Cara membuatnya pun gampang sekali. Cuma pakai mixer. Kalau belum punya mixer atau mixer rusak atau sedang listrik padam Anda dapat juga buat bolu kukus gula merah tanpa mixer terpaksa Bunda pakai whisker. namun nanti agak pegal ngocok telurnya

Baca Juga : Resep Bolu Kukus Pelangi

Baloon Whisker yang bahasa lazimnya disebut pengocok telur. Alat ini fungsinya kurang lebih sama dengan yang terdapat pada mixer. Mampu digunakan buat mencampur adonan yang tidak terlalu banyak volumenya dan pada resep yang tidak perlu terlalu lama waktu pengocokannya, atau yang instruksinya hanya sampai mengembang.

Baloon Whisker juga biasa digunakan buat mencampur terigu ke adonan gula-telur, karena mengaduk dengan baloon whisker akan tetap mempertahankan atau bahkan menambah udara yang terperangkap di adonan (jadi adonan masih tetap mengembang). Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi bolu kukus gula merah mekar mengembang dan merekah sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis buat konsumsi sendiri maupun buat jualan ide usaha bisnis toko kue tradisional. Anda juga dapat membuat bolu kukus gula merah atau gula Jawa dengan resep bolu kukus gula merah tanpa telur, tanpa soda kue, pakai santan atau tanpa santan, bahkan ala Vivi Liong.

RESEP BOLU KUKUS GULA MERAH MEKAR

BAHAN :

  • 200 gram gula merah atau gula Jawa
  • 200 ml air
  • 1 butir telur ayam
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1/2 sdt baking powder
  • 250 gram tepung terigu protein sedang Segitiga Biru atau Rose Brand
  • 125 ml minyak goreng

CARA MEMBUAT BOLU KUKUS GULA MERAH MEKAR :

  1. Rebus gula merah dan air sampai gula menjadi larut. Angkat dari api dan dinginkan. Saring dan ukur sebanyak 275 ml.
  2. Alasi cetakan bolu kukus atau cupcake dengan kertas cake. Panaskan kukusan.
  3. Dalam sebuah wadah kocok telur, gula pasir, garam, soda kue dan baking powder sampai mengembang dan gula menjadi larut .Gunakan speed tinggi.
  4. Masukkan larutan gula merah, kocok rata.
  5. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan speed rendah sampai rata.
  6. Tuangkan minyak goreng, kocok sampai rata. Masukkan adonan ke dalam cetakan sampai penuh.
  7. Masukkan ke dalam kukusan yang sudah beruap banyak. Beri jarak diantaranya supaya uap air dapat naik ke atas dan menyebar rata sehingga kue dapat mekar semua. Kukus semasa 25 menit. Semasih mengukus jangan dibuka-buka tutupnya supaya tidak bantat.
0