Resep Bipang Ambawang Renyah Crispy Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak. Bipang ambawang, babi panggang khas Pontianak, Kalimantan Barat (KALBAR) yang tengah viral di media sosial. Makanan kekinian ini viral seusai Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempromosikan bipang ambawang sebagai oleh-oleh Lebaran Non Halal (Haram) yang mantap dan nikmat khusus bakal saudara kita yang makan babi. Kalau bakal umat Muslim belikan saja bipang beras, misalnya bipang Jangkar Pasuruan, Jawa Timur.

Foto Resep Bipang Ambawang Renyah Crispy Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak
Gambar Bipang Ambawang

“Bakal bapak/ibu dan saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasannya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu bakal memesannya secara online,” kata Jokowi dalam video tersebut, Sabtu (8/5).

“Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, empek-empek Palembang, bipang Ambawang dari Kalimantan dan lain-lainnya tinggal pesan, dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah,” lanjutnya.

Bila sedang berkunjung ke Kalimantan, hidangan ini merupakan salah satu sajian babi panggang khas dari Kecamatan Ambawang, Pontianak, Kalimantan Barat.

Ragam kuliner khas nusantara memang kerap menggugah selera bagi yang dapat menikmatinya. Tak heran, kuliner juga menjadi salah satu magnet yang menarik wisatawan domestik dan mancanegara. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi bipang Ambawang (babi panggang atau babi bakar) haram alias non halal bakal oleh-oleh lebaran yang dapat dibeli online tentu bukan bakal umat Muslim tetapi bakal Saudara kita yang beragama lain dan memang hobi makan daging babi sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis bakal konsumsi sendiri maupun bakal jualan ide usaha bisnis bipang Ambawang KW cita rasa babi panggang kampung.

RESEP BIPANG AMBAWANG (BABI PANGGANG AMBAWANG)

BAHAN :

  • 1 ekor babi berat sekitar 10 sampai 20 kilogram (Cara mengolah bipang ambawang tak sembarangan. Hidangan ini dibuat dari babi kampung muda berusia tiga sampai lima bulan yang dipanggang)

BUMBU HALUS :

  • Bumbu yang digunakan juga spesial, karena diracik khusus

CARA MEMBUAT BIPANG AMBAWANG :

  1. Bipang ambawang dipanggang dengan arang yang membara. Sehabis diolah, babi panggang ini memiliki tekstur kulit garing renyah kriuk (crispy), sedikit lemak, dan daging yang lembut dan empuk.
  2. Supaya semakin nikmat, bipang ambawang biasanya disajikan bersama dengan cocolan sambal antuha yang terbuat dari cabai dan terasi pilihan. Selain itu, ada pula cocolan kit iu yang terasa seperti saus asam manis.
  3. Sajikan.
0