Resep Bedda Lotong Khas Bugis (Bedak Hitam) yang Benar Spesial Asli. Bahasa orang Bugis lulur bedda lotong begitu mereka menyebutnya. Cara pembuatan bedak lotong bubuk (powder) ini sungguh gampang mampu dilakukan sendiri di rumah. Bedda lotong berasal dari kata Bugis yang berarti lulur hitam atau bedak hitam. Bedda lotong biasa digunakan oleh para perempuan Bugis sebelum memasuki jenjang pernikahan. Dibuat dari beras yang disangrai hingga hangus, kemudian ditumbuk dan dicampur rempah-rempah seperti ginseng dan kayu manis. Bedda lotong digunakan seperti layaknya lulur yang dibalurkan ke seluruh bagian tubuh dan didiamkan semasih 30 menit. Sesudah itu, bilas menggunakan air hangat. Lulur hitam ini ialah rahasia dari pesona kehalusan kulit perempuan yang juga bermanfaat menjaga elastisitas tubuh sekaligus mencerahkan kulit yang juga mampu dipakai buat masker wajah dengan masker rempah.

Foto Resep Bedak Lotong Khas Bugis yang Benar Spesial Asli. Bahasa orang Bugis lulur bedda lotong (lulur hitam)
Gambar Bedak Lotong Hitam Orang Bugis

Lulur Bedda’ Lotong (Bedak Hitam) ialah lulur tradisional ala Bugis yang sudah terkenal sejak lama di kalangan masyarakat Sulawesi Selatan. Disebut bedak hitam karena terbuat dari apa? ya, dibuat dari ketan hitam dan bahan lainnya yang kegunaan lulur hitam bikin kulit putih dan bikin bening mulus kinclong dambaan pria masa kini.

Sejak dulu kala, masyarakat suku Bugis, Sulawesi Selatan. Khususnya wanita sudah menggunakan Lulur Bedda Lotong asli no palsu dan kw kw an buat merawat kecantikan kulit mereka. Khasiat Lulur Bedda’ Lotong telah tidak diragukan lagi dalam merawat kecantikan kulit dan mampu digunakan segala jenis kulit, baik itu pria atau pun wanita, tua atau muda. Aromanya yang alami juga dapat membuat pikiran menjadi rileks.

Adapun Khasiat dan manfaat dari Lulur Bedda’ Lotong atau bedak lotong, diantaranya ialah :

  • Dapat mengangkat sel kulit mati pada kulit
  • Dapat mengencangkan kulit wajah maupun tubuh
  • Membuat kulit terlihat bersih dan cerah
  • Memutihkan kulit
  • Mengecilkan pori-pori

Demikian review singkat perihal bedak lotong atau bedda lotong alias bedak hitam atau lulur hitam yang warnanya memang hitam namun khasiatnya luar biasa kulit menjadi glowing dan cerah, itulah rahasia kecantikan perempuan Bugis dan lebih bagus lagi hasilnya kalau dipadukan dengan paket lulur rempah. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi bedda lotong orang bugis yang benar buatan sendiri lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis buat konsumsi sendiri maupun buat jualan ide usaha bisnis produk kecantikan bedak, masker dan lulur di toko online maupun toko offline.

RESEP LULUR BEDDA LOTONG

BAHAN :

  • Beras ketan hitam ( beras biasa juga mampu)
  • Jeruk purut
  • Asam jawa
  • Daun pandan ( rajang kecil-kecil)
  • Temulawak ( parut )
  • Wajan buat menggoreng ( sebaiknya wajan yang telah tidak terpakai atau wajan yang terbuat dari tanah liat)

CARA MEMBUAT LULUR BEDDA LOTONG :

  1. Sangrai beras ketan dengan irisan daun pandan sampai hangus dan merata,
  2. Sesudah itu angkat beras yang telah di goreng tadi dan taruh di wadah. Sesudah dingin, campurkan parutan temulawak, perasan jeruk dan asam jawa ke dalam beras tersebut.
  3. Beri air secukupnya sambil diremas-remas. Biarkan semalaman dan Lulur Bedda’ Lotong sudah siap digunakan.

CARA PAKAI/PENGGUNAAN LULUR BEDDA LOTONG :

  1. Oleskan pada seluruh kulit tubuh dan wajah secara merata. Tunggu sampai lulur mengering, kemudian bilas hingga bersih. Tidak perlu menggunakan Sabun.
  2. Rasakan manfaat Lulur Bedda’ Lotong sejak pemakaian pertama.

Bedda Lotong Lulur Asli Makassar Sulawesi Selatan

Lulur hitam yg terbuat dari beras yang di percaya berkhasiat memutihkan dan membersihkan tubuh/ Kandungan aktif : sari beras, kunyit, dll. Lulur ini sungguh alami sehingga mudah rusak dan di gunakan dalam waktu tempo tertentu karena tidak mengandung pengawet sama sekali.

Kegunaan : mencerahkan kulit, mengangkat sel kulit mati, dan menghilangkan bau badan.

Cara pemakaian : usapkan keseluruh tubuh diamkan smp agak kering kemudian basahi sedikit sambil digosok”. Kemudian bilas badan smp bersih. Lebih bagus lagi sehabis. menggunakan lulur ini mandi menggunakan sabun beras Thailand.

Cara penyimpanan:

Simpan di kulkas biar lulur awet karna memakai bahan” alami dan adonan basah tanpa bahan pengawet jadi kalo di taruh di ruangan biasa mampu tahan lama hanya 5-7 hari saja. Kalo di kulkas bsa tahan berbulan”.

Lulur ini biasa dipakai calon” pengantin di sulawesi. Cocok buat semua jenis kulit bahkan buat anak”. Karna tidak ada bahan berbahaya.

0