Resep Dasar Adonan Pempek Ikan Palembang Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak. Membuat adonan dasar pempek ikan sendiri atau empek-empek iwak ini menjadi hal yang penting, karena dari satu adonan dasar serbaguna pempek ini dapat dibuat beberapa aneka pempek lembut sesuai bentuk dan kreasinya, kecuali pempek kulit yang menggunakan bahan kulit ikan daripada tidak dimanfaatkan. Rasanya yang khas dan amat lezat.

Foto Bahan Adonan Dasar Pempek Khas Palembang
Gambar Adonan Dasar Pempek Serbaguna

Menurut saya resep adonan pempek ini yang paling enak dan mendekati valid dan anti gagal, apalagi dilengkapi dengan komposisi yang pas tinggal Anda melakukan percobaan beberapa kali bakal hasil pempek yang lembut dan empuk selagi digoreng. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi adonan dasar pempek Palembang yang lezat lembut dan empuk sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis bakal konsumsi sendiri maupun bakal jualan ide usaha bisnis satu resep adonan dasar pempek pakai ikan multi fungsi yang saya maksud pada artikel pempek adaan terdahulu. Sedangkan bakal resep tanpa ikan namanya resep pempek dos, telah dibahas tuntas.

RESEP DASAR ADONAN PEMPEK PALEMBANG

BAHAN :

  • 500 gram daging ikan tenggiri, ikan gabus, dll, giling halus, simpan di freezer
  • 10 sdm air es biar adonan tidak lengket
  • 150 gram tepung sagu tani atau tepung kanji/tapioka
  • 2 sdt garam halus
  • 1/2 sdt vetsin

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Pempek Palembang

CARA MEMBUAT ADONAN DASAR PEMPEK KHAS PALEMBANG :

Adonan Pempek Sudah Jadi Siap Pakai
Adonan Dasar Pempek Ikan Jadi Siap Pakai

  1. Keluarkan daging ikan giling dari freezer yang telah digiling sebelumnya, boleh menggunakan giligan tradisonal atau blender.
  2. Masukkan air es, vetsin, dan garam. Aduk sampai lengket
  3. Tambahkan tepung sagu tani atau kanji sedikit demi sedikit sambil diuleni/diuli hingga tidak menempel lagi ditangan.
  4. Uleni/uli adonan dasar sampai rata
  5. Ambil sedikit demi sedikit adonan dasar pempek ini dan siap dibentuk sesuai dengan jenis pempek yang mau dibuat, Ada beberapa pempek yang dapat menggunakan adonan dasar ini, diantaranya, pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek keriting/pempek kerupuk, pempek adaan/pempek bulat, pempek kulit, dll.
0