Makanan yaitu sesuatu yang amat dibutuhkan oleh manusia. Fungsi makanan tentu saja bakal mengisi perut supaya tubuh dapat beraktifitas dengan baik. Namun ketika ini fungsi makanan telah semakin bertambah karena makanan ternyata sanggup juga dijadikan sebagai tujuan wisata.

Banyak sekali orang yang datang ke suatu tempat hanya karena hendak mencicipi makanan atau kuliner yang ada di sana. Kalau anda hendak mencicipi makanan yang lezat dan bercita rasa tinggi lalu anda sanggup datang ke yogyakarta.

Lihat juga Makanan Khas Jakarta

Di sana anda akan menemukan banyak makanan khas yogyakarta yang enak dan juga harganya amat terjangkau. Bagi para pecinta kuliner, jogja yaitu salah satu surga wisata kuliner yang menggoda, dan kali ini makananoleholeh.com akan berbagi 10 makanan khas yogyakarta yang paling istimewa.

Makanan Khas Yogyakarta Apa Saja?

1. Bakmi shibitsu Jogja

Kalau anda berkunjung ke yogyakarta sebaiknya mencicipi kuliner yang sering disebut dengan bakmi shibitsu. Nama makanan ini amat unik dna terkesan seperti makanan khas jepang. Namun bila anda datang ke rumah makan bakmi ini tentu saja tetap akan terasa nuansa jogja dan bahkan tidak ada kesan jepangnya.

Makanan ini terdiri dari mie kuning dan mie bihun yang dimasak dalam satu menu kemudian diberi potongan daging ayam dan seledri. Kalau bakmi goreng biasanya memiliki warna coklat dan manis, bakmi ini lebih terang karena pemberian kecapnya hanya sedikit. Bumbu bakmi ini amat enak sehingga mampu menggoyang lidah penikmatnya.

2. Tiwul Jogja

Makanan khas yogyakarta yang kedua yaitu tiwul. Anda yang pernah ke jogja pasti pernah mendengar atau bahan mencicipi makanan yang satu ini. Tiwul merupakan makanan tradisional khas jogja yang terbuat dari bahan singkong.

Makanan ini amat mengenyangkan dan bila anda menikmati makanan ini akan cepat terasa kenyang karena memang bahannya amat kaya akan karbohidrat. Tiwul terbuat dari singkong yang jemur berlanjut ditumbuk dan dikukus hingga matang. Makanan ini akan amat terasa lezat apalagi dinikmati dengan sayuran, lauk atau bahkan dengan parutan kelapa saja.

3. Lotek teteg Jogja

Lotek merupakan makanan yang telah amat banyak tersebar di seluruh wilayah di jawa namun di jogja yaitu lotek unik dan khas yakni namanya lotek teteg. Lotek ini mirip dengan gado-gado dan ada beberapa perbedaan yang tidak terlalu mencolok.

Dalam satu piring lotek akan ditemukan isian seperti bayam, kacang panjang, timun, daun seledri, yang disiram dengan bumbu kacang. Anda sanggup menikmati makanan ini dengan nasi atau tidak semuanya akan amat tergantung selera anda. Kalau tertarik mencicipi lotek ini lalu anda sanggup datang di lotek teteg yang berada di jl. Argolubang, yogyakarta.

4. Bakmi jawa Jogja

Bakmi jawa juga merupakan salah satu makanan khas yogyakarta yang lezat. Makanan ini begitu terkenal di wilayah jogja karta. Banyak sekali warung kecil atau pedagang kaki lima yang menjual makanan ini.

Bakmi ini amat lezat karena dibuat dengan bumbu yang pas dan juga memiliki kuah yang menyegarkan. Dalam satu porsi bakmi jawa anda akan menemukan mie, daging, kol, telur, dan juga bawang goreng. Banyak sekali masyarakat jogja yang menggemari makanan ini sehingga tidak mengherankan bila warung bakmi jawa amat mudah ditemukan di jogja.

5. Gatot Jogja

Makanan tradisional yang sering di sebut dengan gatot juga merupakan makanan yang wajib bakal dicoba. Makanan ini terbuat dari singkong karena memang sekeluarga dengan tiwul. Makanan ini amat unik karena memiliki cita rasa yang legit dan manis.

Masyarakat jogja banyak yang senang mengkonsumsi makanan ini sebagai cemilan atau bahkan juga sebagai hidangan bakal acara berkumpul seperti gotong royong, arisan atau bahkan kegiatan masyarakat yang umum dilakukan. Makanan ini akan amat mudah ditemukan di wilayah gunung kidul. Kalau anda tertarik lalu sanggup datang ke sana. Makanan ini memiliki aroma yang khas dan warna hitam yang unik sehingga bagi yang belum terbiasa akan merasa aneh saat mencium aromanya.

6. Oseng-oseng mercon bu narti

Kalau anda berkunjung di yogyakarta, sempatkan diri bakal mampir di warung bu narti. Disana ada makanan yang sering disebut dengan oseng-oseng mercon. Makanan ini amat pedas dan cocok bakal anda pecinta kuliner dengan level pedas tinggi.

Warung bu narti ini merupakan pelopor oseng-oseng mercon. Rasa dari orang mercon amat khas dan juga enak karena terbuat dari bahan dasar daging sapi yang dimasak dengan bumbu yang pas dan cabai yang banyak. Makanan ini biasanya juga dihindangkan dengan ati, tetelan, kikil dan makanan lainnya yang berasal dari bahan hewani. Anda akan amat menyukai makanan yang satu ini.

7. Jadah tempe

Jadah tempe menjadi makanan tradisional khas kabupaten sleman yogyakarta. Anda yang berkunjung ke jogja jangan hanya mampir ke kota jogja saja namun juga harus menjajal kuliner dari kabupaten lain seperti sleman ini.

Jadah dan tempe merupakan makanan yang enak karena jadah yang dijual memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang gurih. Jadah yang nikmat akan semakin terasa istimewa bila dinikmati dengan tempe bacem yang manisnya meresap sampai kedalam. Anda sanggup datang ke kaliurang bila hendak menemukan makanan ini sambil menikmati suasana sejuk jogja yang asri.

8. Belalang goreng Jogja

Makanan khas dari yogyakarta yang selanjutnya yaitu belalang goreng. Makanan ini amat terkenal di jogja apalagi bila anda datang ke daerah gunung kidung. Belalang yang besar-besar digoreng dan dijual dalam toples atau bahkan juga dijual secara rencengan.

Makanan ini amat khas karena belalang yang digunakan yaitu belalang kayu yang besar dan rasanya gurih. Kalau anda senang mencicipi makanan yang khas dan unik makanan belalang goreng wajib bakal dicoba. Rasa dari belalang bila telah digoreng akan amat mirip rasa udang goreng. Kandungan protein pada belalang amat tinggi sehingga amat baik dikonsumsi meskipun ada yang mengalami alergi. Kalau anda alergi udang biasanya juga akan alergi dengan belalang. Makanan ini amat enak dan gurih karena dibumbui dengan bumbu yang tepat.

9. Sate klatak Jogja

Sate klathak yaitu sate khas jogja dan memang sanggup ditemukan di wilayah kota jogja. Makanan ini sebenarnya seperti sate biasa namun ada beberapa hal yang membedakan. Sate ini terbuat dari daging kambing yang diberi bumbu rempah kemudian di tusuk dengan tusuk yang terbuat dari jeruji besi.

Tusuk yang digunakan inilah yang membedakan sate klathak dengan sate lainnya. Tujuan dari penggunaan jeruji sepeda sebagai tusuk sate bermaksud supaya daging sanggup empuk karena besi yaitu penghantar panas yang amat baik. Bumbu yang digunakan bakal membuat sate ini hanya garam dan juga ketumbar kemudian akan disajikan dengan nasi, kuah gulai, kecap dan potongan cabe rawit.

10. Tengkleng gajah Jogja

Tengkleng gajah juga amat layak bakal anda coba saat sedang berada di jogja. Makanan ini tidak terbuat dari daging gajah namun dari daging kambing. Hal yang menyebabkan tengkleng ini disebut gajah yaitu porsinya yang amat besar.

Makanan ini terbuat dari daging dan tulang kambing yang besar dan disajikan dengan wajah yang besar. Anda sanggup mencicipi daging yang masih terselip, sumsum atau bagian lainnya yang tersembunyi pada tulang. Anda yang senang makan kuliner dengan cara menikmati yang penuh dengan selera lalu sanggup datang ke warung sari roso mulyo atau warung tengkleng gajah yang terletak di jl. Kaliurang.

Lihat juga Makanan khas daerah di indonesia

Makanan khas yogyakarta ada banyak sekali namun kami hanya memberikan 10 makanan khas yang istimewa, tentunya makanan ini sanggup menjadikan anda merasa puas ketika di berada di jogja. Selain gudeg ada banyak makanan khas jogja lain yang wajib anda cicipi.

Tags: perbedaan makanan medan dan jogja, makanan khas jogja yang penuh dgn sejarah, makanan khas jogyakarta, makan oseng oseng mercon purwokerto, makanankhasyogyakarta, yang menjual gliserol di yogyakartra Last modified: 13 July 2021

0