Makanan kuliner memang menjadi sebuah olahan yang dicari para wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah, dalam hal ini kita ambil contoh makanan khas sunda. Mereka biasanya mencari makanan asli itu buat dikonsumsi langsung atau dijadikan sebagai oleh – oleh buat keluarga dirumah.

Lalu dari itulah, pengetahuan akan kuliner daerah tujuan menjadi amat penting buat diketahui. Pengetahuan akan makanan asli tersebut dapat membantu pengunjung buat menentukan jenis kuliner yang mau dinikmati. Pada kesempatan kali ini makananoleholeh.com akan dibahas tentang berbagai macam makanan khas sunda asli. Pembahasan akan makanan asli sunda akan membantu anda yang akan atau sedang berkunjung ke daerah jawa bagian barat.

Lihat juga makanan khas jawa barat

Jawa Barat atau sunda memang telah terkenal sebagai daerah yang memiliki banyak hidangan kuliner. Hidangan kuliner dari daerah ini memiliki citarasa yang lezat. Rasa lezat dari makanan khas sunda asli akan membuat siapa saja yang pernah memakannya menjadi ketagihan. Oleh sebab itulah, lalu banyak orang yang mencari kuliner asli sunda masa berkunjung ke daerah Jawa Barat.

5 Makanan Khas Sunda Asli dan Penjelasannya

Sunda merupakan sebuah nama daerah yang tidak asing lagi bagi penduduk Indonesia. daerah yang satu ini terletak di sebelah barat Pulau Jawa. dengan kata lain, daerah sunda merupakan sebuah nama lain dari Provinsi Jawa barat.

Di daerah sunda terdapat begitu banyak makanan kuliner. Berbagai jenis hidangan ini terkenal dengan citarasanya yang lezat. Selain lezat, makanan khas sunda asli itu juga memiliki keunikan tersendiri. Keunikan itulah yang menyebabkan kuliner tersebut berbeda dengan daerah lainnya. Oleh sebab itulah, lalu banyak orang yang tertarik buat menikmatinya.

Menikmati makanan sunda memang mampu membuat siapa saja ketagihan. Semua itu dapat terjadi lantaran olahan asli daerah jawa barat memang terkenal enak. Perpaduan bumbu yang tepat membuat makanan menjadi terasa nikmat buat dikonsumsi. Keadaan inilah yang membuat banyak orang tertarik dengan olahan asli sunda.

Pada kesempatan kali ini akan diulas perihal berbagai macam makanan asli sunda atau jawa barat yang terkenal lezat. adanya pembahasan ini akan membantu bagi anda yang mau menikmati kuliner lezat asli dataran sunda. Berikut daftar kuliner asli sunda yang sanggup anda nikmati masa berkunjung ke daerah tersebut.

1. Makanan Nasi Tutug oncom Sunda

Olahan makanan khas sunda asli yang pertama yaitu makanan nasi tutugoncom. Sesuai dengan namanya, makanan ini dibuat dari bahan dasar berupa nasi. Akan tetapi, kuliner jenis ini berbeda dengan nasi pada umumnya. Perbedaan itu terdapat pada cara pengolahan dan rasa dari makanan tersebut. Hal itulah yang menjadi daya tarik dari kuliner khas sunda bernama nasi tutug oncom.

Kuliner khas sunda bernama nasi tutug oncom memang cukup terkenal. makanan asli daerah Jawa Barat ini memiliki banyak penggemar. Mereka menyukai makanan asli dari sunda ini lantaran citarasanya yang berbeda dengan kuliner dari daerah lain. Oleh sebab itulah, lalu makanan nasi tutug oncom menjadi buruan utama masa berkunjung ke tanah sunda.

Pada dasarnya, kuliner nasi tutug oncom memiliki ciri khas tersendiri. makanan tersebut biasanya akan disajikan dengan oncom bakar. Adanya oncom bakar dalam makanan itu membuat rasanya begitu nikmat di lidah. Keadaan inilah yang membuat banyak orang tertarik buat menikmati kuliner asli jawa barat tersebut.

2. Nasi timbel Sunda

Nasi timbel termasuk dalam makanan khas sunda asli yang perlu anda coba. makanan dari tanah sunda yang satu ini telah terkenal di seluruh indonesia. Jenis makanan makanan berupa nasi liwet itu terbuat dari 2 macam campuran beras. Dua macam beras yang digunakan buat membuat sebuah hidangan lezat tersebut yakni beras merah dan beras biasanya. Perpaduan kedua macam beras itu membuat kuliner nasi timbel begitu nikmat di lidah kalau di bali yang terkenal sebagai makanan khas bali yaitu nasi kedawetan.

Ciri khusus dari olahan nasi timbel ada dalam bungkus makanan. Sebuah nasi timbal biasanya menggunakan daun pisang sebagai media pembungkus. Penggunaan jenis daun buah pisang ini membuat rasa nasi timbal menjadi lebih nikmat.

Pada umumnya. makanan nasi timbal akan dihidangkan dengan berbagai macam lauk pauk. Adapun lauk pauk yang biasanya menemani makanan khas ini yakni ayam goreng, ikan asin, sambal dan tempe goreng. Penambahan lauk pauk dalam kuliner asli sunda tersebut membuat makanan terasa lebih lezat.

3. Asinan khas Bogor

Bogor merupakan sebuah nama daerah yang berada di ujung barat dari Pulau Jawa. Lebih tepatnya, daerah ini berada di wilayah Provinsi Jawa Barat. Kota Bogor menjadi salah satu kota penting bagi tanah sunda. Daerah ini menjadi sebuah kota yang cukup ramai. Oleh sebab itulah, lalu banyak orang yang berkunjung ke Kota Bogor. Entah buat berwisata atau urusan lainnya.

Selain terkenal sebagai daerah tujuan wisata, ternyata Kota Bogor memiliki daya tarik lainnya. Daya tarik dari kota yang berada di Provinsi Jawa Barat ini terletak pada makanan kulinernya. Di kota ini terdapat begitu banyak makanan kuliner. Salah satu makanan kuliner dari daerah tersebut yaitu asinan Bogor.

Asinan Bogor menjadi kuliner yang perlu anda coba. Walaupun memiliki nama asinan, akan tetapi jenis makanan yang satu ini tidak berasa asin. Tetapi, kuliner jenis ini akan terasa segara masa dikonsumsi. Biasanya , sebuah asinan bogor akan dijadikan sebagai makanan penutup. Pada kenyataannya , tidak jarang kuliner tersebut dijadikan satu dengan menu makanan utama. Bakal jenisnya, makanan ini terdiri dari berbagai macam. Misalnya saja asinan sayur, asinan campur dan asinan buah.

4. Lotek Sunda

Bagi anda penggemar sayuran tampaknya sanggup mencicipi makanan kuliner bernama lotek. Secara umum, lotek merupakan makanan asli dari sunda yang di dalamnya terdapat berbagai macam sayuran. Banyaknya jenis sayuran ini membuat lotek hampir mirip dengan makanan karedok yang juga berasal dari daerah jawa barat.

Bakal bumbunya, Makanan lotek berupa kacang tanah yang dihaluskan. Kacang tanah itu diberi tambahan air dan cabe. Alhasil kuliner lotek terasa pedas. Dalam penyajian, hidangan tersebut sering ditambah dengan potongan ketupat atau lontong. Selain itu, terdapat pula tambahan kerupuk berukuran kecil sebagai lauknya.

5. Karedok Sunda

Karedok menjadi sebuah menu kuliner yang wajib dicoba pada masa berkunjung ke tanah sunda. makanan ini memiliki kesamaan dengan gado – gado. Hal itu dapat terjadi lantaran dalam makanan karedok terdapat berbagai macam sayur di dalamnya. Kondisi itulah yang membuat makanan gado – gado dan karedok memiliki kesamaan.

Menu hidangan karedok biasanya akan disajikan dengan bumbu kacang. Bumbu kacang ini menjadikan olahan makanan khas sunda asli itu terasa semakin nikmat. Dalam penyajian, sebuah hidangan karedok akan dihidangkan dengan nasi panas. Bakal lauknya, makanan ini akan di temani dengan tahu atau tempe. Supaya rasa nikmat semakin bertambah, sebuah hidangan karedok akan diberi kerupuk renyah dengan rasa yang gurih.

Tags: hidangan masakan dari lidah, makanan asli sunda, oleh oleh khas sunda, asli makanan sunda Tags: Last modified: 20 November 2019

0